Selasa, 29 Mac 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


BIN: Jangan Khawatir Penyadapan Disalahgunakan

Posted: 29 Mar 2011 01:04 AM PDT

BOGOR - Sejumlah kalangan menilai Rancangan Undang-Undang Intelijen (RUU Intelijen) yang mengatur tentang penyadapan akan dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tertentu.

Namun, anggapan adanya penyalahgunaan RUU Intelijen tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutanto mengatakan, penyadapan akan dilakukan untuk kepentingan keamanan negara. Penyadapan dilakukan kepada mereka yang dinilai terlibat dalam tindak kejahatan.

"Penyadapan ini kan untuk tindakan yang bisa menganggu keamanan. Tentu akan diarahkan kepada mereka yang diperkirakan terlibat tindakan kejahatan. Masyarakat tidak perlu khawatir karena tidak sembarangan," katanya di sela-sela rapat Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Pagu Indikatif 2012 di Istana Bogor, Selasa (29/3/2011).

Penyadapan yang dilakukan intelijen, sambung Sutanto, berbeda dengan cara kerja kepolisian. Polisi, kata Sutanto melakukan penyadapan setelah terindikasi tindakan kejahatan dan melalui izin hakim. Sementara, intelijen melakukan penyadapan terhadap orang yang diduga melakukan tindakan kejahatan tanpa izin hakim.

Namun data yang diperoleh intelijen akan diserahkan kepada kepolisian untuk kepentingan penyidikan dan pengadilan.

"Intelijen kan mewaspadai giat-giat yang akan terjadi, jadi belum bisa diketahui orang-orangnya. Untuk kepentingan persidangan, nanti data intelijen akan diserahkan ke kepolisian dan tentunya nanti mengikuti cara-cara itu (minta izin hakim). Jadi semuanya terukur dan bila diketahui ada penyimpangan baru kemudian diserahkan ke proses hukum," tambahnya.

Mantan Kapolri itu juga menambahkan UU Intelijen tersebut terukur untuk tindakan dalam rangka keamanan nasional. DPR, lanjut Sutanto, juga tidak akan sembarangan dalam membuat UU. "Sehingga tindakan intelijen dalam rangka keamanan nasional dan itu kan dalam UU sudah ada langkah-langkah. Tentu DPR tidak sembarangan dalam membuat UU," tandasnya.
(ful)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Bagaimana Prospek Perdamaian di Libya?

Posted: 29 Mar 2011 12:58 AM PDT

JAKARTA- Meski secara resmi menyerukan agar konflik di Libya segera diakhiri, Pemerintah belum bisa memprediksi apakah gencatan senjata dan perjanjian perdamaian bisa terlaksana di negara pimpinan Moammar Khadafi itu.
 
Persoalannya tidak sekadar keinginan sebagian rakyat Libya untuk menjungkalkan Khadafi, tapi juga berkelindan dengan pengelolaan ladang minyak yang menyangkut terutama kepentingan negara-negara Eropa.
 
Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, mengatakan sebanyak dua per tiga dari cadangan minyak di Libya masih tersimpan dalam perut bumi. Sebagian besar dari produksi yang ada sekarang diekspor ke Eropa. Namun, kebanyakan operator yang mengeksplorasi bukan dari Eropa melainkan China.
 
"Dan beberapa negara Eropa sendiri itu melihat bahwa daerah-daerah minyak di Libya yang aktif kan perusahaan-perusahaan bukan dari perusahaan-perusahaan dari Eropa kayak Total, British Petroleum, Exxon mobil, (tetapi) perusahaan-perusahaan China,"ujar Purnomo di kantor Presiden, Jakarta, Selasa, (29/3/2011).

Namun, saat ditanya apakah perang sekarang ini memiliki agenda untuk mengurangi dominasi China di Libya, Purnomo mengatakan. "Kalau itu konklusi kalian, bukan saya, saya hanya menyampaikan fakta dan data."

Disinggung tentang peran Amerika Serikat, Purnomo mengatakan, pada dasarnya yang lebih berkepentingan dan berperan dalam operasi di Libya adalah Eropa. Sebab, Amerika masih memiliki beban di Afghanistan, Irak dan Korea Selatan.
 
"Ini kan masalahnya sedikit complicated karena ada kepentingan-kepentingan yang berbeda beda juga dalam koalisi. Dari pihak Amerika sendiri itu pasukannya di luar sudah banyak. Di Afghanistan dia punya 90 ribu, kemudian di Irak dia punya 30 ribu, di Korea Selatan dia punya 20 ribu," katanya.
 
"Jadi kalau dari kacamata pertahanan ,tampaknya yang akan lead dalam koalisi itu bukan dari Amerika karena Amerika sendiri kan juga sekarang Obama harus berbicara dengan DPR-nya mereka. Jadi most likely yang akan aktif adalah dari Eropa," demikian Purnomo menambahkan. (abe)

(hri)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan