ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Nyepi 1933 Saka di Bali Aman

Posted: 05 Mar 2011 06:49 PM PST

Suasana lengang saat umat Hindu di Bali merayakan Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1933 pada Sabtu (5/3). (FOTO ANTARA/Masuki M. Astro)

"Ada beberapa perkecualian yang dalam penggunaan lampu."

Berita Terkait

Video

Sempidi, Bali (ANTARA News) - Pelaksanaan Hari Suci Nyepi 1933 Saka oleh seluruh umah Hindu Dharma di Bali yang berlangsung selama 24 jam sejak Sabtu (5/3) pukul 06.00 hingga Minggu pukul 06.00 Wita, dilaporkan berlangsung aman dan khidmat.

Di Banjar Dangin, Desa Sempidi, Kabupaten Badung, tampak aktivitas warga mulai terjadi sejak Minggu dinihari, antara lain dibukanya kembali Pasar Sempidi oleh para pedagang, dan pembeli pun mulai berdatangan.

"Nyepi sudah selesai dan semuanya aman, jadi bisa berdagang lagi. Saya dan istri berjualan makanan di sini, pelanggannya pedagang dan pembeli di pasar ini," kata I Made Dana, salah seorang pedagang yang dijumpai pada Minggu dinihari.

Dia mengaku berangkat dari rumahnya di sekitar Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung yang berjarak sekitar dua kilometer dari Pasar Sempidi itu. Lampu-lampu penerangan di Pasar Sempidi itu mulai dinyalakan setelah masa penyepian selesai.

Sebelumnya, para pecalang (petugas keamanan adat) berpatroli mengamankan banjar itu pada malam harinya. "Kami juga mengingatkan warga yang masih menyalakan lampu agar mematikan lampu itu, kecuali ada yang sakit atau bayi yang memerlukan susu. Ada beberapa perkecualian yang dalam penggunaan lampu," kata Agung, salah seorang prajuru adat di banjar itu.

Di banjar yang terletak persis di tepi Jalan Raya Sempidi yang menghubungkan Kota Denpasar dengan Tabanan, terdapat ratusan rumah. Kegelapan menyeluruh terjadi pada malam Nyepi dan seluruh warga berdiam diri di dalam rumah masing-masing.

Jika pada hari biasa suara kendaraan aneka jenis tiada henti menghiasi malam di jalan utama Gilimanuk-Denpasar itu, maka kesunyian total terjadi pada malam Nyepi kecuali ketukan air hujan rintik-rintik di atap-atap rumah.

Kalaupun terdengar suara mesin kendaraan bermotor berlalu di jalan itu, maka hampir bisa dipastikan itu adalah suara kendaraan yang berlalu untuk keperluan sangat khusus.

"Misalnya, membawa orang sakit ke Rumah Sakit Daerah Badung di dekat sini. Kalau untuk keperluan kemanusiaan seperti itu pasti diutamakan," katanya.

Beberapa tahun lalu, kata Agung, dilakukan pertukaran pecalang antarbanjar di Desa Sempidi. "Sekarang tidak lagi berdasarkan kesepakatan seluruh pengurus banjar. Dulu pecalang kami menjaga banjar sebelah, begitu juga banjar sebelah menjaga banjar kami," katanya.

Walau tiada lagi "program" pertukaran pecalang itu, katanya, kondisi keamanan di tiap banjar sangat kondusif selama pelaksanaan Hari Suci Nyepi 1933 Saka ini. "Mudah-mudahan terus seperti ini," katanya.
(T.A037/P004/P003)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Van Gaal Terancam Setelah Bayern Alami Kekalahan Ketiga

Posted: 05 Mar 2011 06:44 PM PST

(REUTERS/Stringer)

Berita Terkait

Berlin, Jerman (ANTARA News/AFP) - Posisi Louis van Gaal sebagai pelatih klub sepakbola Bayern Munich berada di ujung tanduk, Sabtu, setelah tim raksasa Jerman itu mengalami kekalahan 1-3 dari Hanover, kekalahan yang juga mengancam posisi mereka pada Liga Champions musim mendatang.

Kekalahan ketiga berturut-turut tersebut membuat Bayern berada di urutan keempat dalam Bundesliga, terpaut tujuh poin dari tim urutan kedua yang otomatis mendapat tempat dalam Liga Champions dan total 19 poin di bawah pemimpin klasemen Borussia Dortmund.

Van Gaal sudah mengindikasikan bahwa kekalahan dari Hanover, yang sekarang berada di posisi ketiga, bisa membuatnya kehilangan pekerjaan.

Ditanya mengenai masa depannya di klub tersebut setelah pertandingan, ia mengatakan: "Saya tidak berada dalam posisi untuk menjawab pertanyaan tersebut."

"Saya selalu mendapat dukungan dari para pimpinan. Mereka yang memutuskan apakah akan menarik dukungan, bukan saya."

Lebih menyedihkan lagi, Bayern terpaksa memainkan 18 menit terakhir dengan 10 pemain setelah pemain belakang asal Brazil Breno mendapat kartu merah.

Tim tuan rumah memimpin pada menit ke-16, ketika penyerang asal Norwegia Mohammed Abdellaoue menyarangkan bola setelah menerima umpan sempurna dari Konstantin Rausch menyusul serangan di lini kiri dan mengarahkan bola melewati Thomas Kraft.

Bayern tampak kurang percaya diri dan hampir tidak pernah mengancam gawang Hanover pada babak pertama, dan tendangan bebas Arjen Robben yang dengan mudah dijinakkan menggenapi nasib mereka.

Apapun yang diucapkan van Gaal saat jeda pertandingan agaknya tidak berpengaruh besar saat tim juara bertahan itu tertinggal dua gol pada menit ke-51.

Rausch kembali menjadi arsitek ketertinggalan Bayern, dia mengarahkan tembakannya ke arah gawang Bayern yang sedikit dibelokkan oleh kepala Gomez.

Melalui kerjasama bintang mereka, Robben dan pemain tengah asal Prancis Franck Ribery, Bayern membobol gawang. Setelah terjadi kemelut dimulut gawang, pemain asal Prancis itu mengangkat tendangan menyilang melewati pertahanan yang disundul masuk oleh Robben.

Namun, pemain tengah Sergio Pinto memastikan nasib Bayern dengan tembakan sejauh lebih dari 27 meter pada menit ke-62 yang gagal ditangkap Kraft dan menggelinding masuk ke gawang.

Sebelum pertandingan melawan Hanover, tim raksasa Jerman itu mengalami pukulan yang menghancurkan mimpi mereka untuk mengulang musim lalu dan meraih dua trofi.

Pertama, mereka menderita kekalahan memalukan setelah kalah 1-3 di kandang sendiri oleh pemimpin klasemen Borussia Dortmund, lalu empat hari kemudian, mereka tersingkir dari Piala Jerman akibat kekalahan 0-1 di semifinal oleh Schalke.

Sekarang harapan mereka pada musim ini adalah berusaha menyelamatkan tempat kedua pada liga dan posisi dalam Liga Champions tempat mereka unggul 1-0 atas Inter Milan.

Langkah besar

Sementara Dortmund mengambil langkah besar menuju mahkota Bundesliga pertama mereka sejak 2002 dengan kemenangan 1-0 atas Cologne pada Jumat malam.

Bayer Leverkusen memperkecil jarak 15-poin dari Dortmund saat mereka menjamu VfL Wolfsburg, menjadi 12 dengan kemenangan 3-0.

Pada bagian bawah klasemen, VfB Stuttgart, yang satu tingkat di atas posisi terbawah saat mengawali akhir pekan, mengalahkan sepuluh pemain Schalke 1-0.

Tim terbawah Borussia Moenchengladbach membuka harapan dengan kemenangan 2-0 atas tim papan tengah Hoffenheim.

Pertarungan untuk menghindari degradasi antara Eintracht Frankfurt dan Kaiserslautern, yang sempat tertunda setelah terjadi kekerasan penonton, berakhir 0-0.

Sementara itu, empat gol dari penyerang Jerman Christian Eigler cukup untuk me mastikan ketiga poin bagi Nuremberg dalam pertarungan tim papan tengah dengan St. Pauli, yang belum cukup jauh dari posisi aman dari zona degradasi.
(Uu.F005/A008)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Komen