Ahad, 30 Jun 2013

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Jokowi: Saya Tak Suka Cuma Duduk dan Menjadi Penonton

Posted: 30 Jun 2013 09:15 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com -
Di pagelaran pawai budaya, Jakarnaval 2013, Minggu (30/6/2013), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berkeliling menunggangi kuda dan menyapa warga, dari Balaikota hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Pemandangan itu jauh berbeda apabila dibandingkan dengan penyelenggaraan Jakarnaval tahun lalu.

Tahun lalu, sang gubernur duduk di tenda yang telah rapi terpasang di depan Balaikota Jakarta. Bersama para pejabat Pemprov DKI lainnya, ia menyaksikan pawai karnaval budaya. Saat ditanyakan kepada Jokowi, mantan Wali Kota Surakarta itu mengaku kalau ia tidak senang hanya duduk manis menyaksikan pertunjukan. Ia ingin turut menjadi sang pemain atau artisnya.

"Kalau saya enggak senang hanya duduk dan menjadi penonton. Saya senang terlibat dalam hal apapun," kata Jokowi, di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (30/6/2013).

Apabila pemimpin dapat terlibat di sebuah acara, menurutnya, dapat memberikan semangat baru bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan menonton pagelaran. Selain itu, apabila pemimpin ikut berpartisipasi dalam pagelaran seperti itu, akan menumbuhkan rasa memiliki dari warga terhadap kota Jakarta.

"Ada perasaan memiliki acara ini dan memiliki kota ini. Kalau saya terlibat, semoga bisa memberikan semangat baru kepada warga. Masak saya cuma duduk manis di tempat," ujar pria pecinta musik cadas tersebut.

Saat berkeliling Jakarnaval, Jokowi menunggangi kuda hasil kawin silang atau blasteran. Terdapat empat kuda yang disediakan sebagai alat transportasi Jokowi. Tiga kuda ditunggangi oleh polisi, sedangkan satu kuda lainnya ditunggangi oleh Jokowi. Kuda-kuda itu didatangkan dari Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur.

Salah seorang perawat kuda dari Pacuan Kuda Pulomas, Iyap (35), menjelaskan berat masing-masing kuda ini mencapai 200 kg. Kedua kuda ini merupakan hasil peranakan silang antara kuda lokal dan kuda dari Australia alias blasteran.

"Ini sudah hasil peranakan silang. Beratnya masing-masing antara 200 sampai 300 kg," kata Iyap.

Editor : Caroline Damanik

Rhoma Irama Makin Optimistis Jadi Capres

Posted: 30 Jun 2013 08:34 AM PDT


MALANG, KOMPAS.com - Raja dangdut Rhoma Irama mengaku semakin optimistis maju menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2014. Menurutnya, dukungan terhadapnya saat ini semakin meluas.

Dukungan yang diklaimnya semakin solid, antara lain melalui Partai Kebangkitan Bangsa yang memang mendorongnya sejak awal.

"Positif 100 persen maju (capres)," ucapnya singkat saat berkunjung ke Universitas Islam Malang (Unisma), Minggu (30/6/2013).

Sejauh ini, lanjut Rhoma, kehadirannya sebagai capres disambut positif di kalangan Nahdlathul Ulama (NU) yang menjadi basis PKB. Dia pun mengklaim bahwa dukungan akar rumput PKB cukup solid sehingga membuatnya makin optimistis.

"Saya optimis," tambahnya singkat.

Sayangnya saat akan ditanya lebih jauh, pengawalnya terus mengawal Rhoma dengan ketat sampai ke dalam mobil. Kedatangan Rhoma dalam acara ini memang terlambat. Dari jadwal semula pukul 15.00 WIB, namun Rhoma baru tiba pukul 17.00 WIB.

Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Helmy Faishal Zaini yang mendampingi Rhoma, turut membenarkan. Menurutnya, PKB terus melakukan sosialisasi di akar rumput NU. Namun, hasil akhirnya akan menunggu hasil pemilu legislatif 2014 mendatang.

Menurutnya, jika perolehan suara PKB mencukupi, PKB berkomitmn mengusung Rhoma Irama sebagai capres. Namun jika perolehan suara PKB tidak mencukupi, maka PKB akan mencari partai lain untuk berkoalisi.

"Yang pasti kami tetap mengusung Rhoma Irama. Meski pun nanti kami harus berkoalisi dengan partai lain," tegasnya.

Tekad PKB telah diwujud dengan terus memperkenalkan Rhoma ke para kyai dan kaum Nahdliyin. Bahkan secara berseloroh Helmy menyebut PKB sebagai Partai Ksatria Bergitar (sebutan Rhoma Irama).

"Sebutan lain PKB adalah Partai Ksatria Bergitar," ucap disambut tepuk tangan hadirin.

Editor : Caroline Damanik

Tiada ulasan:

Catat Ulasan