Selasa, 2 April 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Produser Rekaman Elton John hingga Madonna Wafat

Posted: 02 Apr 2013 01:13 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Dunia musik berduka karena Phil Ramone meninggal dunia di New York Presbyterian Hospital di usianya ke-79 tahun.

Pemkot Solo Berpotensi Nunggak Listrik Lagi

Posted: 02 Apr 2013 01:13 AM PDT

SOLO - Langkah PT PLN (Persero) menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL) sebesar 15 persen secara bertahap pada tahun ini berpotensi mengulang insiden tunggakan listrik yang pernah dialami Pemkot Solo, Jawa Tengah, saat pemerintahan di bawah Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Solo Budi Suharto, potensi tunggakan listrik ke PLN disebabkan dalam APBD tahun ini pihaknya tidak memasukan alokasi anggaran kenaikan listrik yang akan diterapkan PLN.

Dalam APBD, Pemkot Solo hanya memasukkan alokasi anggaran sesuai penggunaan listrik sesuai kebutuhan listrik yang telah dialokasikan.

"Ya sekarang dicukup-cukupkan dulu. Nanti kekurangannya akan diusulkan di APBD perubahan. Potensi penambahan anggaran listrik belum diprediksi," papar Budi, kepada para wartawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2013).

Budi menambahkan, biasanya tagihan listrik yang harus di bayarkan Pemkot Solo tiap bulannya ke PLN sebesar Rp2,3 miliar-Rp2,4 miliar. Besarnya jumlah alokasi pembayaran yang tiap bulannya wajib disetorkan, termasuk pembayaran penerangan jalan umum (PJU) dan kantor pemerintahan. Serta biaya listrik di balai kota, rumah dinas wali kota dan wakil wali kota.

"Penggunaan listrik paling banyak terletak di penerangan jalan dan instansi pemerintahan. Dengan estimasi kenaikan TDL sebesar 4,3 persen per semester, anggaran listrik pemkot dipastikan tidak cukup membayar tagihan selama setahun," ujarnya.

Pemkot mengaku tidak bisa berbuat apa-apa lantaran kebijakan berasal dari pemerintah pusat yang sudah menaikkan TDL per 1 April merupakan kenaikan TDL tahap kedua sebesar 4,3 persen. Sebelumnya, tambah Budi, pada Januari. TDL juga mengalami kenaikan dengan persentase yang sama.

Menurutnya, upaya penghematan listrik di tiap SKPD harus benar-benar direalisasikan. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan barang elektronik yang dirasa tidak perlu.

"Sudah diimbau agar tidak menyalakan lampu hingga sore hari. Penghematan juga dilakukan dengan mengontrol meteran air," paparnya. (wdi)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan