Rabu, 12 September 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Para Biksu Minta Hartati Tidak Ditahan

Posted: 11 Sep 2012 10:27 PM PDT

JAKARTA- Sejumlah Biksu yang tergabung dalam Dewan Sangha Perwakilan Umat Buddha Indonesia kembali meminta Komisi Pemberantasan Korupsi tidak menahan tersangka Siti Hartati Tjakra Murdaya.

Mereka menilai penahanan itu tidak perlu dilakukan mengingat bos PT Hardaya Inti Plantation jatuh sakit, kejang-kejang dan dalam perawatan di Rumah Sakit Medistra.

"Kami memohon kearifan belas kasih dari pimpinan KPK dan penyidik KPK dalam menyelidiki kasus Buol ini untuk tidak menahan Ibu Hartati Murdaya," kata Koordinator Dewan Sangha Walubi, Biksu Tadisa Paramitha di KPK, Jakarta, Rabu (12/9/2012).

Menurut Tadisa, Hartati telah melakukan begitu banyak kebajikan. Dia mengatakan kebajikan Hartati, antara lain, membantu orang-orang kurang mampu, pengobatan massal, dan juga melakukan kebajikan dalam ritual Waisak, di Candi Agung Borobudur.

"Hartati juga melakukan banyak kegiatan sosial seperti membersihkan Taman Makam Pahlawan, yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia," terang Tadisa.

Namun, kata Tadisa, jika Hartati ditahan, para biksu Sangha dan umat Buddha Indonesia pasti prihatin dan sedih. "Hartati adalah tokoh agama," kata dia.

Hartati diduga telah menyuap Bupati Buol, Amran Batalipu, Rp 3 miliar melalui dua anak buahnya, Gondo Sudjono dan Yani Anshori. Hartati pun terancam hukuman lima tahun penjara.
(crl)

Kisah Pria Ternate Beranak 7 Minta Vasektomi

Posted: 11 Sep 2012 10:19 PM PDT

TERNATE - Banyak anak, banyak rejeki. Itulah yang ada dibenak Bahar (47), warga Ternate, Maluku Utara. Dulu pria yang berprofesi sebagai pedagang itu belum mengenal program Keluarga Berencana yang digalakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).
 
"Anak saya ada tujuh, sekarang saya mau divasektomi," kata Bahar saat akan menjalani vasektomi di Ternate, Maluku Utara, Rabu (12/9/2012).
 
Bahar mengatakan, niat untuk melakukan vasektomi muncul dari diri sendiri dan bukan karena paksaan. "Niat saya muncul dari dalam diri, saya niat melakukan vasektomi, saya ingin sehat," kata Bahar.
 
Bahar hanyalah satu dari sekian banyak pria di Ternate yang melakukan vasektomi.
Kepala BKKBD Kota Ternate Bachtiar Teng mengatakan, ada ratusan pria yang ingin melakukan vasektomi. Tapi, BKKBD Ternate mengatakan, masih ada kendala untuk melakukan vasektomi. "Dokter yang bisa melakukan vasektomi di Ternate hanya dua orang," kata Bachtiar.
 
Kendati demikian, Bachtiar mengatakan kesadaran warga Ternate untuk melakukan vasektomi maupun Tubektomi sudah cukup tinggi. "Vasektomi mencapai ratusan orang, sedangkan Tubektomi bisa lebih tinggi lagi, tapi sayang kalau tubektomi itu agak susah karena harus rumah sakit yang melakukannya, " katanya.
 
Dikatakan Bachtiar, motivasi pria melakukan vasektomi beragam. "Ada juga yang kasihan sama istri, karena tiap tiga bulan harus suntik KB, maka suaminya yang berinisiatif melakukan vasektomi," kata Bachtiar.
 
Bahkan, kata Bachtiar, ada yang diomelin istrinya dan disuruh untuk melakukan vasektomi. "Istrinya ngomel, anaknya sudah banyak, penghasilan pas-pasan, makanya dianjurkan vasektomi," kata Bachtiar.

(ful)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan