Jumaat, 20 Julai 2012

Republika Online

Republika Online


Reaktor Nuklir Kedua Jepang Dioperasikan Kembali

Posted: 20 Jul 2012 11:12 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Setelah reaktor Ohi nomor 3, Kansai Electric Power Co memastikan reaktor nuklir Ohi nomor 4 berdaya its 1.180 dinyalakan kembali Sabtu (22/7). Pengoperasian itu untuk memasok daya sejak krisis terjadi di Fukushima setahun lalu yang mengakibatkan pematian seluruh unit reaktor di penjuru negri.

Langkah itu diambil tiga hari setelah satu unit dianyalakan lagi. Reaktor tersebut bakal beroperasi dengan kapasitas penuh pada 25 atau 28 Juli nanti.

Jepang mengakhiri masa dua bulan tanpa tenaga nuklir sama sekali pada 5 Juli lalu ketika Reaktor Ohi no.3 diaktifkan lagi. Pengoperasian itu ialah kali pertama setelah langkah pematian besar-besaran secara nasional menyusul gempa dan tsunami pada Maret 2011 yang melumpuhkan komples PLTN Fukushima milik Tokyo Electric Power Co.

Setelah itu, Jepang menonaktifkan seluruh reaktornya yang masih bekerja pada Mei lalu, menjadikan negara bergerak tanpa tenaga nuklir, juga yang pertama sejak 1970.

Rahasia Kain Ikrom

Posted: 20 Jul 2012 11:00 PM PDT

Assalaamu alaikum wa rahmatullahi wa barkatuhu

Sahabatku, inilah diantara rahasia pakaian ihrom saat menunaikan ibadah umroh dan haji

  1. Bukti kerelaan taat kepada Allah walau hanya dua helai kain, "ihyaussunnah" mengikutimanasik yang Rasulullah ajarkan, wajib mengenakannya untuk menghancurkan keakuan diri, kaya, berpangkat, apapun siapapun dia menjadi sama. 
  2. Mengingatkan akan kematian, Rasulullah bersabda, "Umatku yang paling cerdas, paling mulia adalah umatku yang paling banyak ingat mati, lalu mempersiapkan dirinya untuk hidup setelah mati". Kesenangan ibadah, kekhusyukan sholat, semangat amal sholeh, kemuliaan akhlak adalah buah hikmah hamba Allah yang selalu ingat mati, subhanAllah.

Kutulis untuk sahabatku pengunjung Republika Online seusai melepas ihromku, Semoga Allah undang kita suatu saat mengenakannya... Aaamiin".

Kain ikhrom wajim dikenakan menjelang pelaksanaan ibadah Haji atau Umrom

Tiada ulasan:

Catat Ulasan