Isnin, 8 Ogos 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


PVMBG Pasang Seismograf Digital Dekat Kawah Marapi

Posted: 08 Aug 2011 12:45 AM PDT

PADANG- Tim peneliti dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang seismograf digital di dekat puncak Gunung Marapi Sumatera Barat mulai hari ini.

"Pemasangan alat seimik digital ini sebagai pembanding dengan dua alat pendeteksi yang telah di pasang sebelumnya. Alat pendeteksi ini dipasang di posisi 2.000 meter dari permukaan laut," kata Kepala Pos Pengamatan Kegunungapian Marapi, Warseno, Senin (8/8/2011).

Pemasangan alat di gunung setinggi 2.891 mdpl ini diperkirakan akan memakan waktu dua pekan. "Tim sebelumnya telah memasang alat penerima sinyal seimik. Nah untuk selanjutnya yang dipasang itu adalah pendeteksi dan pengiriman sinyal," tambahnya.

Warseni menambahkan, alat itu memiliki daya sensor tinggi sehingga bisa mengetahui lebih dini dan detail terkait aktivitas gunung.

"Melihat kondisi gunungnya masih berfluktuatif kemungkinan ada dua yang terjadi ke depan. Pertama aktivitasnya turun dan sekaligus penurunan status. Kedua, aktivitasnya justru meningkat. Tapi kalau dibandingkan dengan sejak mengeluarkan abu vulkanik 3 Agusutus lalu, aktivitas gunung diprediksi cenderung menurun," ujarnya.

Indikasinya, lanjut dia, jika saat meletus pekan lalu gunung memuntahkan abu vulkanik namun saat ini hanya asap putih yang keluar dari kawah.

(ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Mangkir, Dewie Limpo Beralasan Tarawih Keliling

Posted: 08 Aug 2011 12:43 AM PDT

JAKARTA - Saksi kasus dugaan surat palsu Mahkamah Konstitusi (MK) Dewie Yasin Limpo mangkir dari panggilan penyidik Bareskrim Mabes Polri hari ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam mengatakan, Dewie ada agenda tarawih keliling yang sudah terjadwal sehingga tak bisa memenuhi panggilan penyidik.

"Ibu Dewie ada kegiatan yaitu tarawih keliling yang sudah terjadwal sampai nanti tanggal 15 (Agustus)," ujar Anton di kantornya, Senin (8/8/2011).

Anton menjelaskan Dewi akan kembali diperiksa pada Senin 15 Agustus 2011 mendatang. "(Tanggal) 15 Ibu Dewie akan menyanggupi pemeriksaan sebagai saksi. Tadi disampaikan pengacaranya Pak Yasser," tandasnya.

Sementara itu, mengenai pemeriksaan cucu mantan hakim MK Arsyad Sanusi, Rara, Anton mengatakan pemeriksaan hingga saat ini berlangsung.

"Sedang berjalan, (mulai) pukul 09.00 Belum selesai pemeriksaannya. Masih saksi ya terkait masalah kasus itu. Tapi dia masih saksi," tutup mantan Kapolda Jawa Timur ini.  

(ded)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan