Isnin, 23 Mei 2011

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Obama Telusuri Moyangnya di Irlandia

Posted: 23 May 2011 08:55 PM PDT

Orang bisa memiliki nama seperti Barack Hussein Obama dan tetap memiliki asal-usul Irlandia."

Berita Terkait

Video

Jakarta (ANTARA News) - Desa kecil di satu pulau mungil mendadak tenar pada hari Senin (23/5), karena kunjungan  Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama.

Pasangan itu tiba dengan helikopter dan kemudian berada di dalam rombongan berkendaraan antipeluru untuk mengunjungi Moneygall di Offaly Country, bagian tengah Irlandia.

Desa tersebut mulai berbenah diri sejak beberapa bulan lalu, ketika Obama pada bulan Maret mengumumkan bahwa ia akan berkunjung ke Irlandia pada Mei.

Pemilik pabrik cat menyumbangkan produk mereka untuk membantu warga kota kecil itu menyegarkan pemandangan  bangunan-bangunan di sepanjang jalan lintas utama.

Pasangan Kepala Negara dan Ibu Negara AS tersebut disambut oleh sebanyak 3.000 orang, demikian laporan wartawan kantor berita Xinhua, Yvonne Kennedy.

Di tengah terpaan angin keras dan guyuran hujan lebat, pasangan orang nomor satu di Amerika itu berjabat tangan, mengusap bayi, dan berpose untuk diambil gambar mereka sementara puluhan petugas keamanan rahasia menyaksikan.

Mereka bercakap-cakap dengan masyarakat setempat selama hampir setengah jam sebelum memasuki rumah yang kini berdiri di lokasi yang dulu menjadi tempat tinggal nenek-moyang Obama untuk menghindari guyuran hujan.

Sebelum tiba saatnya menjadi sorotan media internasional, Moneygall hanyalah desa kecil yang tak banyak dikenal di perbatasan Tipperary dan kabupaten Offaly, dengan hanya satu sekolah, lima toko dan dua kedai minum.

Selama kampanye presiden Obama 2008, ahli genealogi menemukan desa tersebut adalah tempat tinggal leluhur Obama, kakek dari kakeknya dari pihak ibu, seorang pembuat sepatu yang bernama Falmouth Keraney.

Kunjungan Obama ke desa nenek-moyangnya menjadi sorotan dari kunjungan singkat selama kurang dari 12 jam ke Irlandia.

Obama termasuk di antara beberapa presiden AS yang memiliki leluhur Irlandia, termasuk John F. Kennedy, Ronald Reagan, Bill Clinton dan keluarga Bush. Kunjungannya ke desa tersebut tampaknya akan membuat senang pendatang Irlandia di negerinya, dan membantu upayanya untuk terpilih lagi pada 2012.

Kendati dikenal sebagai presiden pertama Amerika Afrika, Obama tak dibesarkan oleh ayahnya, yang berasal dari Kenya. Kebanyakan hidupnya sangat dipengaruhi oleh neneknya dari pihak ibu, yang berakar dari Kaukasia, Madelyn Lee Payne Dunham dan Stanley Armour Dunham (cucu Kearney) --yang telah membesarkan di sejak ia berusia 10 tahun.

"Obama memperlihatkan perubahan konsep tentang memiliki asal-usul Irlandia," kata wartawan Mark Little. "Ia adalah diaspora baru. Orang bisa memiliki nama seperti Barack Hussein Obama dan tetap memiliki asal-usul Irlandia."
(C003/A011)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kolombia Sita 12 Ton Kokain Tujuan Mexico

Posted: 23 May 2011 07:10 PM PDT

ilustrasi (istimewa)

Berita Terkait

Bogota (ANTARA News) - Angkatan Laut Kolombia menyita 12 ton kokain, Senin (23/5), di satu kapal peti kemas di pelabuhan Cartegena, dengan tujuan Veracruz, Mexico, kata pihak berwenang.

Anjing pelacak menemukan narkotika tersebut, yang disembunyikan di beberapa kontainer yang berisi sirup pasta, kata Laksamana Roberto Garcia, pemimpin operasi Angkatan Laut Kolombia.

Ia mengatakan kepada wartawan kokain itu berasal dari wilayah Valle del Cauca di bagian barat-daya Kolombia, tempat mantan anggota paramiliter sayap-kanan telah membentuk gerombolan yang telah mengambil-alih perdagangan narkotika yang dikelola oleh kartel tangguh.

Polisi anti-narkotika menyatakan penyitaan di Cartagena tersebut --dengan perkiraan nilai 360 juta dolar AS-- adalah salah satu penyitaan terbesar di Kolombia dalam beberapa tahun belakangan. Pada 2008, 10,5 ton kokain ditemukan di pelabuhan Barranquila, yang berdekatan di Karibia.

Negara Andea itu adalah produsen terbesar kokain di dunia, yang terutama diselundupkan ke pasar AS melalui negara lain Amerika Latin, seperti Mexico, tempat kartel brutal menguasai jalur penyelundupan, demikian laporan Reuters, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Selasa.

Selama satu dasawarsa belakangan, Amerika Serikat telah mengalirkan lima miliar dolar AS kepada Kolombia guna memerangi penyelundup narkotika melalui program pemusnahan tanaman serta peralatan militer.

Produksi kokain Kolombia turun 19,5 persen tahun lalu --jadi 279 ton-- akibat hujan lebat, pemusnahan tanaman dan operasi militer, demikian perkiraan resmi.

Tapi kokain teruts mengalih ke utara dalam jumlah besar di sektor perdagangan yang bernilai miliaran dolar AS yang mendanai gerilyawan sayap-kiri di Kolombia dan kelompok mantan anggota paramiliter yang terus meningkat.

Uang kontan terus mengalir ke selatan.

Seorang pria Mexico ditangkap di bandar udara Bogota, Kolombia, setelah tiba dari Mexico dengan membawa uang 2,8 juta dolar AS di dalam kopernya, kata polisi bea-cukai Kolombia, Senin. Mereka menduga uang kontan tersebut adalah pembayaran buat narkotika Kolombia yang dikirim ke kartel Sinaloa.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan