Sabtu, 25 Disember 2010

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Musi Rawas Daerah Endemi Malaria

Posted: 25 Dec 2010 06:45 AM PST

Musi Rawas, 25/12 (ANTARA) - Kabupaten Musi Rawas, Sumatra Selatan (Sumsel), saat ini tercatat sebagai daerah endemis Malaria yang perlu diwaspadai masyarakat daerah tersebut.

"Hingga saat ini Kabupaten Musi Rawas masih tercatat sebagai kawasan endemik malaria, hal ini karena keadaan geografis daerah itu masih banyak hutan dan rawa-rawa," kata Kepala Seksi Surveilans dan Epedemiologi pada Dinas Kesehatan Musi Rawas, Nasrul Bayumi, Sabtu.

Oleh karena daerah ini rawa-rawa dan geografisnya menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk Anopheles penyebar penyakit tersebut. Tidak heran jika dalam setiap tahun penderita penyakit ini selalu tinggi, katanya menambahkan.

Hingga akhir November 2010, dari 277 desa dan kelurahan dalam 21 kecamatan di daerah itu, kata dia tercatat 3.820 warga daerah ini diserang penyakit tersebut. Sementara tahun sebelumnya jumlah hanya 3.641 orang.

Untuk mengatasi penyakit ini pihaknya sudah melakukan berbagai upaya, antara lain melakukan penyemprotan dinding rumah warga yang terkena serangan dan kawasan sekitarnya, membagikan abate dan pembagian kelambu.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga melakukan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), mengubur kaleng bekas dan benda-benda lainnya yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk.

Sedangkan tiga besar penyakit yang diderita masyarakat daerah itu pada tahun ini antara lain penyakit Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan menempati peringkat pertama yakni sebanyak 10.241 orang.

Warga yang terserang ISPA ini kebanyakan balita, anak-anak dan kalangan dewasa, katanya.

Dia mengatakan, tahun lalu jumlah penderita penyakit ini sedikit meningkat dari 9.041 orang, sementara penderita diare tercatat sebanyak 5.827 meningkat tiga kasus dari 2009 yang tercatat sebanyak 5.824 kasus.***3***

(T. KR-NMD/

(T.KR-NMD/C/S019/S019) 25-12-2010 21:50:05

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Misa Natal HKBP Ciketing Lancar

Posted: 25 Dec 2010 06:43 AM PST

Sabtu, 25 Desember 2010 21:43 WIB | Peristiwa | Pendidikan/Agama | Dibaca 156 kali

Bekasi (ANTARA News) - Misa natal di gedung OPP Jalan Khairil Anwar Kota Bekasi yang menjadi tempat ibadah sementara jemaat Huria Kristen Batak Protestan setelah rencana pendirian gereja di Pondok Timur Indah belum memiliki izin berlangsung lancar.

"Ada sekitar ratusan jemaat gereja yang datang pada misa natal, yang dilaksanakan satu kali kebaktian," kata Erikman, seorang pengurus gereja, Sabtu.

Misa natal dimulai pukul 10.00 WIB dengan acara perjamuan kudus dengan meminum anggur serta ceramah natal yang disampaikan pendeta Natan Siburian.

Di lokasi terlihat beberapa aparat mengamankan jalannya acara kebaktian. Sejak lokasi tersebut digunakan sementara sampai izin dipenuhi, setiap minggu selalu dipakai untuk kebaktian.

"Kita merasa senang pelaksanaan ibadat berjalan lancar dan ramai. Sejak dipindah ke OPP tidak ada persoalan lagi," ujarnya.

Ceramah natal disampaikan pendeta Natan dalam bahasa Batak diselingi bahasa Indonesia.

Dalam ceramahnya ia meminta jemaat menjaga kebersamaan dan kerukunan dengan sesama warga lainnya.

"Ciptakan kondisi yang baik dan hiduplah dengan rukun bersama warga," ujarnya sambil meminta jemaat meneladani hikmat pelaksanaan misa natal.

Selain itu, Natan yang juga seorang perwira di Mabes TNI itu meminta agar jemaat menjaga kondisi lingkungan dengan berperilaku hidup sehat.

Ia meningatkan agar jemaat bisa menciptakan Bekasi yang sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan serta kelestarian alam melalui penanaman pohon.

Lokasi peribadatan di OPP merupakan hasil kesepakatan antara Pemkot Bekasi, Pemprov Jawa Barat dan umat beragama terkait penolakan warga sekitar Pondok Timur Indah untuk pendirian tempat ibadah sesuai ketentuan SKB tiga mentri.

Puncak dari aksi penolakan itu terjadilah insiden penusukan dan sembilan orang ditahan di Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu.(*)

M027/S019

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan