Selasa, 7 Mei 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Alasan Sejumlah Negara Gagal Terapkan Redenominasi

Posted: 07 May 2013 12:55 AM PDT

JAKARTA - Chief Economist PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Destry Damayanti mengatakan, ada negara yang sukses menerapkan redoneminasi dan ada pula yang gagal ketika menerapkan sedenominasi. Negara yang sukses melakukan redenominasi adalah Turki.

Turki melakukan redenominasi dengan tujuan membuat efisiensi catatan pembukuan negara dan perusahaan. Serta dalam rangka persiapan memasuki keanggotan Uni Eropa, walaupun ternyata sampai saat ini belum disahkan.

"Redenominasi kan dilakukan saat kondisi makro ekonomi negara dalam keadaan stabil dan ekonomi tumbuh dengan inflasi yang terkendali," kata Destry saat seminar di Universitas Perbanas, Jakarta, Selasa (7/5/2013).

Destry melanjutkan bahwa adapun beberapa negara yang gagal melakukan redenominasi, antara lain Rusia, Argentina, Zimbabwe dan Korea Utara. Negara-negara tersebut gagal dikarenakan saat ingin menerapkan redenominasi dan uang baru tidak tersedia saat warga negara ingin menukarkan uang.

Tidak hanya itu, kegagalan penerapan redenominasi juga terjadi karena kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat tentang redenominasi itu, perekonomian tak stabil, inflasi tidak terkendali, pemerintah tidak dapat mengatur stabilitas harga kebutuhan pokok dan ketersediaan barang, nilai pertukaran valuta asing dalam keadaan tidak stabil, dan kurang tepatnya dalam memilih waktu dalam penerapan redenominasi.

"Keberhasilan redenominasi ditentukan pula oleh keberadaan sistem pengawasan harga dan ketersediaan barang yang efektif untuk mencegaj prilaku spekulan yang sengaja mencari keuntungan dengan menahan pasokan barang dan menaikkan harga barang," tutupnya. (wdi)

Toyota Butuh 4 Tahun Merancang All New Vios

Posted: 07 May 2013 12:54 AM PDT

JAKARTA- Toyota Vios masuk ke Indonesia pertama kali pada 2003. Dalam kurun waktu 10 tahun eksistensi di pasar sedan nasional, Vios sudah mengalami sejumlah penyegaran. Full model change Toyota Vios terakhir kali diperkenalkan pada 2007.

 
Menurut Takeshi Matsuda, Chief Engineering Toyota Vios, buat All New Vios ini memang model terbaru yang mendapat desain khusus. Artinya Vios hadir sebagai sedan yang prestis dan dinamis bagi para penggunanya.
 
Sedangkan untuk pengembangannya sendiri, All New vios butuh waktu selama empat tahun. Perancangan desain All New Vios sudah dimulai sejak November 2009 lalu.
 
"Saya mulai masuk dalam project ini sejak November 2009. Memang persiapan dasar sudah dilakukan dan waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan All New Vios butuh empat tahun," ungkap Takeshi Matsuda, saat peluncuran All New Vios di Jakarta, Kamis (7/5/2013).
 
Toyota All New Vios sendiri dibanderol sebesar Rp242,5 juta untuk tipe E Manual. Rp252 juta untuk tipe E otomatis, Rp259,9 juta untuk tipe G Manual, dan Rp272,5 juta untuk tipe G automatic.
 
Sedangkan soal pilihan warna, All New Vios tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Red Mica Metallic, Quartz Brown Metallic, dan Silky Beige Metallic.
(zwr)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan