Selasa, 7 Mei 2013

Republika Online

Republika Online


Cat Berpendar Dalam Gelap, Ayo Buat Sendiri!

Posted: 07 May 2013 07:36 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Berkreasi dengan warna adalah salah satu aktivitas yang tak cuma menyenangkan, tetapi mengasah kreativitas. Aktivitas mewarnai dan menggambar dengan beragam media, mulai cat air, cat minyak, krayon, hingga pensil warna bukan hanya didominasi anak-anak. Orang dewasa pun gemar mengeksplorasi warna.

Kini waktunya bermain-main lebih dari warna biasa. Mari membuat sesuatu dengan warna yang mengilap dan berpendar terutama saat gelap.

Bila membeli cat jenis ini harganya bisa mahal. Tertarik membuat sendiri cat yang berpendar? Yuk ikuti petunjuk sederhana berikut ini.

1. Belilah bubuk fosfor yang bisa berpendar di saat gelap. Bubuk fosfor tersedia dalam beberapa tingkatan mulai dari level 0 yang berarti berkualitas paling baik hingga level 7, paling kurang berpendar.

Perbedaannya jelas pada tingkat pendar yang dihasilkan dan juga soal harga. Dalam setiap level terdapat pula perbedaan ukuran butiran yang merentang dari 8 mikron hingga 60 ribu mikron. Partikel lebih besar berarti lebih terang, tapi sekaligus membuat cat lebih berbutir sehingga terlihat berkilau.

Bila anda berencana menggunakan cat larut dengan air, maka Anda butuh tipe coated glow powder (bubuk untuk pelapis berpendar) yang juga dikenal sebagai pigmen pelapis berfosfor. Lalu untuk cat warna yang menggunakan minyak, Anda bisa menggunakan bubuk berpendar yang tak menggumpal.

2. Siapkan cat warna yang Anda inginkan

3. Ketika memilih warna, carilah yang cat yang bersih, tebal tdan tidak mengandung filter UV. Cat yang larut dalam minyak cenderung mengandung gas beraroma yang buruk bagi kesehatan dan berbahaya bagi anak-anak. Cat yang menggunakan air sebagai pelarut cocok bila Anda ingin melibatkan anak-anak dan mengerjakan proyek ini dalam ruangan. Pertimbangkan untuk membeli cat yang didesain khusus tahan lama dengan pigmen berfosfor.

4. Tambahkan bubuk fosfor dengan takaran 20 persen dari jumlah cat yang hendak anda gunakan.

5. Aduk rata dan selesai! Bergantung pada kombinasi bubuk dan cat, maka resep campuran warna anda mungkin atau mungkin tidak bertahan lama. Jadi buatlah campuran yang segera Anda gunakan dalam satu jam

6. Aplikasikan ke benda atau lukisan yang Anda Inginkan.


Berikut contoh lukisan dinding yang menggunakan cat berfosfor. Ia akan berpendar dalam gelap saat lampu dimatikan.

Mei Spesial? Intip Paket Lezat dari Millenium Hotel Sirih

Posted: 07 May 2013 04:43 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Khusus Anda para petualang dan pecinta kuliner, Millennium Hotel Sirih Jakarta menghadirkan berbagai menu makanan spesial di bulan Mei 2013. Paket menu makanan lezat ini sayang untuk Anda lewatkan.

Café Sirih menawarkan menu internasional, Asia, Cina, hingga hidangan tradisional Indonesia. Salah satu sajian spesial adalah lambs chops yang berupa daging iga kambing bakar yang diberi bumbu pesto dan dipanggang ala Italia.

Menu itu muncul di meja Anda bersama mashed potato, sayuran, salad segar cantik, dan daun balsamic yang memberikan aroma asap yang menggoda. Untuk menyantap seporsi lamb chops, Anda perlu merogoh Rp85.000++.

 
Kemudian ada Matsu, restoran Jepang yang terletak di lantai 2 Millennium Hotel Sirih Jakarta. Restoran tersebut mempunyai promo menu katsu donburi yang menyajikan paduan nasi putih dengan potongan daging ayam atau sapi yang renyah, jamur shitake, dan bawang bombay yang dimasak bersama telur dan kaldu.

Seperti menu tradisional Jepang, si katsu akan ditemani sup miso, salad, acar, lobak, dan potongan buah segar. Paket menu ini bisa Anda nikmati dengan harga Rp97.000++ untuk daging ayam dan Rp126.000++ untuk pilihan daging sapi.

 
Bagi Anda yang tak ingin menu berat dan sekedar ingin nongkrong coba juga kelezatan oreo cheesecake yang lembut dan menggoda. Cheesecake ini diolah tanpa proses pemanggangan di Art & Bakery Corner.

Anda bisa menikmatinya satu potong seharga Rp35.000++. Selepas menyantap, tak ada salahnya Anda mencoba kesegaran apple berry punch seharga Rp55.000++ yang dibuat dari perpaduan apel dan stroberi.

Tunggu apa lagi?

Tiada ulasan:

Catat Ulasan