Jumaat, 26 April 2013

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Menkumham: petugas pemasyarakatan harus berintegritas tinggi

Posted: 26 Apr 2013 07:46 PM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Amir Syamsuddin mengatakan petugas pemasyarakatan harus berintegritas tinggi dan senantiasa menjaga sikap profesional dan menjunjung tinggi nilai moral.

"Kita lakukan pembaharuan lewat reformasi birokrasi pemasyarakatan untuk membentuk profil dan perilaku petugas pemasyarakatan yang berintegritas tinggi," kata Amir dalam upacara memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-49 di Jakarta, Sabtu.

Amir mengatakan tantangan di masa depan akan semakin kompleks dan beragam. Tingginya tingkat hunian di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan akan sangat berpengaruh pada layanan pemasyarakatan.

Kondisi rutan dan lapas seperti itu, lanjutnya, menjadi faktor pendorong penyalahgunaan narkoba di lingkungan pemasyarakatan. Padahal, pemerintah menetapkan lingkungan pemasyarakatan merupakan yang bersih dari tindakan seperti itu.

"Karena itu tantangan harus disikapi secara cepat dan bijak dalam merumuskan penyelesaiannya," katanya.

Selain berintegritas tinggi dan menjunjung nilai moral seperti jujur, setia dan komitmen, Amir juga mengatakan petugas pemasyarakatan haruslah produktif dan bertanggung jawab.

Petugas pemasyarakatan juga harus memiliki kemampuan dalam memberikan pelayanan prima dalam pelaksanaan fungsi dan wewenang sebagai abdi negara maupun abdi masyarakat.

Dalam upacara peringatan yang bertema "Membangun Pemasyarakatan Bersih dan Melayani" itu, Amir juga memberikan penghargaan kepada 59 UPT Pemasyarakatan yang telah mengoptimalkan layanan pemasyarakatan berbasis teknologi informasi.

Penghargaan juga diberikan kepada 93 petugas pemasyarakatan yang berprestasi dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Penghargaan lain juga diberikan kepada dr. Nurlan Silitonga atas dedikasi, semangat dan pengabdian mengantarkan program penanggulangan HIV/AIDS di lapas/rutan terbaik di Asia dan diakui oleh PBB.

Kecelakaan pesawat di Brazil, satu tewas dan tujuh cedera

Posted: 26 Apr 2013 07:23 PM PDT

Rio de Janeiro (ANTARA News) - Satu pesawat kecil jatuh pada Jumat (26/4) di Belem, Brazil Utara, menewaskan satu orang dan melukai tujuh orang lagi, kata pemerintah setempat.

Pesawat bermesin tunggal Cessna 210L yang dalam penerbangan dari Chaves, Pulau Marajo, menuju Belem di Negara Bagian Para, jatuh di satu jalan di tengah kota ketika sedang bersiap mendarat di Bandar Udara Brigadeiro Protasio di Belem.

Kecelakaan itu membuat bagian depan pesawat rusak parah, sehingga melukai semua delapan penumpang termasuk pilot, yang dibawa ke rumah sakit yang berdekatan, demikian laporan Xinhua.

Namun, seorang penumpang, perempuan yang berusia 20-an tahun, meninggal setibanya di rumah sakit, kata pemerintah.

Penyebab kecelakaan tersebut masih diselidiki.

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Tiada ulasan:

Catat Ulasan