Selasa, 1 Januari 2013

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Ramos Horta Jadi Utusan PBB

Posted: 01 Jan 2013 04:03 AM PST

NEW YORK - Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) menunjuk mantan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta sebagai utusan khusus PBB untuk Guinea Bissau. Posisi itu akan resmi dipegang oleh Horta pada 31 Januari 2013.

Posisi yang akan diduduki oleh Horta di PBB merupakan posisi yang masih diduduki oleh seorang diplomat Rwanda Joseph Mutaboba. Horta yang kalah dalam Pilpres Timor Leste 2012 siap untuk mengemban tugas berat guna menciptakan perdamaian di Afrika Barat itu. Demikian, seperti diberitakan BBC, Senin (1/1/2013).

Guinea Bissau memiliki sejarah panjang mengenai kudeta terutama sejak memerdekakan diri dari Portugal pada 1974 silam. Sejak merdeka, tidak ada satupun pemimpin di Guinea Bissau yang sanggup menyelesaikan masa jabatannya di kantor pemerintahan.

Militer mengambil alih kendali salah satu negara termiskin di dunia itu pada April lalu. Instabilitas pun terjadi dan Guinea Bissau menjadi salah satu negara yang dipenuhi gembong-gembong narkotik.

Kelompok penyelundup narkotik itu beroperasi dari Amerika Latin hingga Eropa. Salah satu komoditas yang mereka selundupkan adalah kokain.

Dewan Keamanan PBB terus menuntut Guinea Bissau untuk menciptakan ketertiban dan perdamaian. Namun negara tersebut masih dilanda perang saudara. Sejumlah pejabat militer pun ikut terjerat kasus perdagangan narkoba.(AUL)

Taiwan Perbaharui 60 Jet Tempurnya

Posted: 01 Jan 2013 03:02 AM PST

TAIPEI – Pemerintah Taiwan berencana memperbaharui sekira 60 pesawat tempurnya tahun ini. Kebijakan tersebut dijalankan untuk menghadapi ancaman dari China yang kekuatan militernya tiap tahun meningkat.  
Saat ini angkatan udara Taiwan tercatat memiliki sekitar 127 pesawat tempur. Pemerintah Taiwan menargetkan kesemua pesawatnya itu telah diperbaharui pada tahun 2017 mendatang, seperti diberitakan AFP, Senin (31/12/2012).
 
Ke-60 pesawat tempur yang akan diperbaharui itu akan memiliki sistem radar dan aviasi yang paling mutakhir. Pesawat itu juga akan dilengkapi perangkat perang elektronik dan bom curah.
 
Selain memutakhirkan tekonologi yang dimiliki angkatan udaranya, pemerintah Taiwan juga direncanakan membeli sekitar 146 pesawat tempur F-16 yang sebelumnya dipakai oleh Amerika Serikat. Pesawat F-16 itu juga akan dilengkapi dengan teknologi yang terbaru.
 
Pembelian pesawat F-16 itu sempat memperburuk hubungan China dengan Taiwan dan AS. China sampai saat ini masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya, namun upaya China untuk menguasai kembali Taiwan dihalangi oleh AS yabng menjadi sekutu dekat Taiwan.
 
Taiwan memisahkan diri dari China setelah diambil alih oleh Jenderal Chiang Kai Sek dari partai nasionalis China, Kuo Min Tang. Chiang Kai Sek pergi meninggalkan China setelah dikalahkan oleh kelompok komunis yang dipimpin Mao Zedong dalam sebuah perang saudara yang berakhir tahun 1949 silam.
 
(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan