KOMPAS.com - Internasional |
Toyota Soluna, Penakluk Lancer Evolution Posted: 24 Dec 2012 03:17 AM PST Jakarta, KompasOtomotif - Subaru Impreza WRX STi atau Mitsubishi Lancer Evolution, jangan sekali-sekali menantang adu kebut Toyota Soluna produksi 2000 milik Windran ini. Tampilannya sih, tidak gahar. Keempat roda menggunakan pelek Enkei 15 inci, plus lips spoiler belakang dengan bodi berkelir merah, tapi tenaga mesinnya sangat dahsyat. 350 PS Untuk mendapatkan tenaga sampai 350PS, Apre mengganti blok mesin standar dengan punya All New Corolla berkapasitas 1,8 liter. Termasuk juga piston dan setang standar ditukar dengan Corolla Trueno bermesin 4AGZE. Throttle body memakai Corolla GTi sedangkan intake mengambil punya Great Corolla. Nah, beberapa komponen penunjang turbo seperti pipa, adaptor serta injektor tambahan dibuat secara kustom. Lainnya seperti intercooler memakai produk Apexi, boost control Gizmo, saringan udara HKS dan pompa bensin Wallbro. "Pompa bensinnya punya karakter unik karena harus dalam kondisi basah. Karena masih memakai tangki standar maka posisi bensin tidak boleh kurang dari setengah biar terendam. Kalau tidak bisa ngadat," beber Ewin yang bekerja di Imigrasi Jakarta Barat ini. Untuk kebutuhan adu kebut, boost dipatok 1,2 bar, sedang pemakaian sehari-hari cukup 0,6 bar. Meski sudah ditingkatkan tenaga, mesin basi bisa "minum" Pertamax. Kondisi itu tidak lepas dari pengaturan "otak" tambahan yang menggunakan piggyback Dastek. "Karena dulunya saya pakai yang versi Q maka harus pakai turbo modul. Sebenarnya fitur tersebut sudah ada di varian Q+," ungkap pria berbadan subur ini. Starlet Turbo Total modifikasi ini menghabiskan dana sekitar Rp 70 jutaan - hampir sama dengan harga mobilnya. Ketika diadu di lintasan drag race 402 meter, mampu menorehkan waktu 13,5 detik. "Itu juga belum maksimal dan saya sempat angkat gas menjelang finis. Karena mendaftar ikut kelas 14 detik (maksimal catatan waktu 14,0 detik) dengan waktu tempuh segitu, ya, breakout," sesal Ewin. Saat lomba, katanya, lawannya (Mitsubishi Evolution) jauh di belakang dan mobil sangat kencang. Mau lihat aksinya saat drag race? Simak video berikut. |
Accelera Auto Contest 2012 Diikuti 140 Peserta Posted: 24 Dec 2012 02:09 AM PST Jakarta, KompasOtomotif - Kontes modifikasi Accelera Auto Contest 2012 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta akhir mingu lalu merupakan tahap akhir. Para modifikator menurunkan jagoannya dan termasuk yang pernah diturunkan di kontes lain. Peserta yang dinlai meraih "King Ekstrem" akan membawa pulang Peugeot 107 sebagai hadiah utama. "Saya benar-benar menyiapkan mobil untuk kontes ini," tegas Ari,modifkator asal Bandung yang memofifikasi Honda Civic FD2 tahun 2010. Event yang memperebutkan 148 kategori ini diikuti oleh 120 peserta dari beberapa kota seperti, Bandung, Tasikmalaya dan Surabaya. Selain kontes modifikasi, juga diselenggarakan lomba Sound Pressure Level (SPL) dan Sound Quality (SQ). Tampil beberapa aliran dengan kategori: ekstrem, elegan, racing dan street racing. "Peserta kali ini punya konsep modifikasi bagus. Sayang, beberapa diantaranya masih kurang memperhatikan tahap akhir. Banyak ditemukan kekurangan dan cenderung jorok," beber Edwin salah satu juri kontes. "Mobilnya keren-keren. Hadiahnya lumayan yang bisa dimenangi kalau punya nyali. Tapi pengunjungnya kurang banyak ya, mungkin karena pas libur akhir tahun dan menjelang natal," kata Afi salah satu pengunjung yang datang bersama dengan teman-teman gaulnya. |
You are subscribed to email updates from KOMPAS.com - Internasional To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Tiada ulasan:
Catat Ulasan