Rabu, 25 Julai 2012

KOMPASentertainment

KOMPASentertainment


ADA Band Jadi Tokoh Komik untuk "Single" Mereka

Posted: 25 Jul 2012 08:36 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Selalu saja ada cara untuk terus memasarkan lagu rekaman di tengah redupnya penjualan album fisik dan surutnya ring back tones (RBT). ADA Band misalnya, grup yang beranggotakan Donnie Sibarani (vokal), Suriandika Satjadibrata atau Dika (bas), Marshal Surya Rachman (gitar), dan Adhy Pratama (drum) ini menyiasati penjualan album mereka dengan meluncurkan komik berseri.

"Kami baru pulang tur Jawa Tengah sambil promo single ketiga 'Tak Akan Bisa'. Selain itu kami juga luncurkan komik. Memang tadinya kami suka baca komik, terus ketemu komikus dari Yogyakarta," cerita Dika kepada Kompas.com di sela acara buka puasa bersama perusahaan label rekaman Universal Music Indonesia di kawasan Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2012).

Diceritakan Dika, komik Ada Band pada setiap volume yang dirilisnya akan diberi judul sesuai single yang tengah mereka promosikan dari album Empati. "Sebetulnya komik itu bentuk dari penjualan album yang caranya macam-macam. Ini nanti per single Ada Band di album Empati. Terus komik itu ada hubungannya sama single 'Maunya Kamu', jadi jalan ceritanya sesuai isi lagunya. Untuk yang kali ini ceritanya seorang cewek yang suka semaunya, jadi ya maunya kamu lah," kisah Dika.

Para personel Ada Band sendiri akan menjadi tokoh komik setebal 16 halaman tersebut. Jalan ceritanya terasa segar dengan ilustrasi gambar yang mengundang tawa. "Selain ada konyolnya, masing-masing personel diceritakan punya kekuatan superhero. Donnie punya kekuatan baca pikiran, Marshal bisa hilang tapi enggak bisa muncul lagi, saya juga bisa hilang dengan lari cepat kayak The Flash, terus Adhy, dia tidak punya kekuatan super, tapi dia bisa meyakinkan orang kalau dia punya kekuatan super," cerita Dika.

Selain bertujuan mendongkrak penjualan fisik album Empati, di satu sisi ADA Band juga punya misi. "Ya, mengkomikkan Indonesia. Selama ini banyak komikus kita yang justru di-hire di luar Indonesia. Selain itu sekarang banyak macam-macam media (internet) yang membajak, jadi enggak terkontrol. Industri musik memang lagi evolusi, termasuk menjual album sekaligus memancing minat baca," jelas Dika.

Untuk sementara, komik ADA Band masih menjadi bonus yang diselipkan di salah satu majalah remaja sebelum nanti dipasarkan secara luas di toko buku. "Sementara ini masih promosi di satu majalah dan akan dirilis 26 Juli (2012) ini, tapi nanti akan dijual di satu tempat," kata Dika.

ADA Band Tinggalkan Piano

Posted: 25 Jul 2012 08:36 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tentu Anda masih ingat lagu "Manja" milik ADA Band, yang populer pada 2002. Intro musik lagu tersebut kental permainan keyboard. Namun, untuk album mutakhir mereka, Empati (2012), grup yang kini beranggota Donnie Sibarani (vokal), Suriandika Satjadibrata atau Dika (bas), Marshal Surya Rachman (gitar), dan Adhy Pratama (drum) itu meninggalkan permainan piano yang telah menjadi bagian penting dari musik mereka.

"Album Empati ini sudah enggak ada sound piano, jadi lebih dominan di bunyi gitar," jelas Dika dalam wawancara di sela acara buka puasa bersama label rekaman Universal Music Indonesia di Poste Kitchen+Bar, The East Building Lobby Level, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (25/7/2012).

Dengan meninggalkan bunyi piano, ADA Band menitikberatkan variasi musik mereka pada permainan gitar rhythm oleh Marshal. "Jadi, artinya, dari segi rhythm lebih berwarna lagi," jelas Dika lagi.

Musik ADA Band pun menjadi kaya dengan berbagai genre pada 12 lagu yang ada dalam album tersebut. "Seperti di single 'Maunya Kamu', ada unsur reggae, R&B, sampai rock, ada semua," terang Dika.

Selain itu, Adhi, yang semula menempati posisi additional player untuk drum akhirnya dijadikan personel tetap ADA Band. "Terakhir kan waktu kami manggung di Kompas.com Music Corner (2010), yang di Roof Top, Plaza Semanggi (Jakarta), Adhi masih jadi additional. Nah, sekarang dia sudah jadi member tetap ADA Band. Dia diangkat pas peluncuran album Empati akhir 2011 kemarin," terang Dika lagi.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan