Ahad, 6 Mei 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Kalsel bakal jadi tuan rumah Porwanas 2013

Posted: 06 May 2012 07:11 PM PDT

Banjarmasin (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) cabang Kalimantan Selatan kembali bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2013.

Pasalnya, Porwanas 2013, yang seyogyanya PWI Jawa Timur (Jatim) sebagai tuan rumah, mengundurkan diri selaku pelaksana pesta akbar olahraga bagi wartawan tersebut, demikian dilaporkan, Senin.

Ketua PWI Kalimantan Selatan (Kalsel), Fathurrahman, mengungkapkan, alasan Jatim mengundurkan diri sebagai tuan rumah Porwanas 2013, karena pada tahun tersebut berbarengan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah provinsi setempat.

"Oleh karena konsentrasi menyukseskan pesta demokrasi penduduk Jatim, untuk memilih kepada daerahnya, maka Pengurus PWI Jatim menyatakan, mundur sebagai tuan rumah Porwanas 2013," ungkapnya mengutip keterangan Pengurus Pusat PWI.

Pengurus Pusat PWI menyatakan mundurnya PWI Jatim sebagai tuan rumah Porwanas saat resepsi peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Ulang Tahun ke-66 PWI Tingkat Prov Kalsel, di Banjarmasin, Jumat malam (4/5) lalu.

"Mendengar informasi serta tawaran dari Pengurus Pusat PWI tersebut, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin dan H Abdussamad Sulaiman HN, seorang tokoh masyarakat dan pengusaha di provinsi itu, merespon positif," ungkapnya.

Seiring dengan tawaran dan akan kembali sebagai tuan rumah Porwanas, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Kalsel H Gusti Rusdi Effendi AR, berharap, semua elemen masyarakat di provinsinya turut menyukseskan Porwanas 2013 tersebut.

"Untuk itu pula, mulai sekarang kita sudah mengecek dan mempersiapan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan Porwanas agar pesta akbar olahraga wartawan bagi anggota PWI se Indonesia tersebut sukses." ujar Pemimpin Umum Banjarmasin Post Group itu.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, semua anggota PWI Kalsel harus turut menyukseskan Porwanas tersebut, baik sebagai peserta maupun selaku tuan rumah, demikian Gt Rusdi.

Sebelumnya atau Tahun 2002, PWI Kalsel sebagai tuan rumah Porwanas dan dianggap sukses, sehingga PWI Riau dan Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan studi banding, guna kesuksesan mereka selaku tuan rumah pelaksanaan pesta akbar olahraga wartawan tersebut.

Porwanas PWI Tahun 2005 selaku tuan rumah Provnisi Riau dan Tahun 2007 Kaltim, 2010 Sumatera Selatan, dan 2013 rencananya Jatim, namun mengundurkan diri sebagai pelaksana.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Universitas Bengkulu terima 50 mahasiswa kedokteran

Posted: 06 May 2012 07:04 PM PDT

Bengkulu (ANTARA News) - Universitas Bengkulu (Unib) Provinsi Bengkulu akan menerima mahasiswa fakultas kedokteran sebanyak 50 orang, baik melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi maupun jalur mandiri pada tahun ajaran 2012.

Ke-50 mahasiswa baru pada Fakultas Kedokteran tersebut, 20 orang melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan sisanya melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Universitas bengkulu (SPMU), kata Rektor Univeritas Bengkulu Prof dr Zainal Muktamar, di Bengkulu, Senin.

Ia menjelaskan, program studi kedokteran di Universitas Bengkulu masih relatif baru dan berada dalam pengampuan Universitas Indonesia.

Mahasiswa yang dipilih berasal dari mahasiswa umum yang diseleksi secara mandiri dan diseleksi secara nasional serta mahasiswa yang dikirim oleh kabupaten/kota dengan memberikan beasiswa kepada siswa-siswa terbaiknya untuk mengikuti seleksi kedokteran unib.

Khusus untuk jalur nasional mengalami peningkatan dari menerima sepuluh orang pada 2011 naik menjadi 20 orang pada tahun ajaran 2012 melalui seleksi SNMPTN.

Dari jumlah itu lima orang calon mahasiswa melalui jalur undangan dan 15 melalui jalur ujian tulis.

Ia mengatakan, peningkatan penerimaan mahasiswa tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan daya jangkau mahasiswa yang masuk ke Unib, meskipun meningkat tetapi Unib masih mempertahankan mahasiswa dari Bengkulu yang berprestasi agar bisa kuliah di fakultas kedokteran.

Humas Universitas Bengkulu Suharyanto mengatakan, pendaftar kedokteran tersebut terbanyak berasal dari Kota Bengkulu, bagi calon mahasiswa yang diutus dari kabupaten/kota unib akan memilih satu dari empat calon yang diajukan menggunakan metode 3N+1.

Pendaftaran ujian tulis jalur SNMPTN mulai dibuka pada 10-31 Mei 2012 dan pelaksanaan ujiannya dimulai pada 12-13 Juni 2012 serta hasilnya akan diumumkan pada 7 Juli 2012, sedangkan jalur SPMU akan dilakukan setelah SNMPTN selesai.

Program studi (Prodi) Kedokteran Unib yang dibuka sejak 2009 dan diperkirakan akan mewisuda angkatan pertama pada 2013, nantinya bisa membantu mengatasi kendala kekurangan tenaga dokter di daerah itu, ujarnya.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan