Khamis, 29 Mac 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


China & Rusia Siap Gelar Latihan Perang di Laut Jepang

Posted: 29 Mar 2012 07:11 AM PDT

BEIJING - China mengumumkan rencana latihan perangnya bersama Rusia yang akan digelar pada April mendatang di Laut Jepang dan Laut Kuning.

Juru bicara militer China, Yang Yujun mengatakaan bahwa lokasi latihan perang tersebut akan diputuskan oleh pejabat militer China Jendral Chen Bingde, dan militer Rusia. Latihan perang antara Negeri Panda dan Negeri Beruang Merah itu ditujukan untuk memperkuat hubungan kerja sama Sino-Rusia yang sudah terjalin sekian lama.

"Latihan perang itu juga dirancang sedemikian khusus untuk memperkuat hubungan China dan Rusia dalam hal menghadapi tantangan serta menjaga perdamaian dan keamanan wilayah Asia Pasifik," ujar Yang, seperti dikutip Xinhua, Kamis (29/3/2012).

Sejak 2005 silam, China dan Rusia sudah sering menggelar latihan militer gabungan, salah satu latihan perang itu menjadi program dari Shanghai Cooperation Organization.

Shanghai Cooperation Organization adalah organisasi antar bangsa di kawasan Asia yang beranggotakan Rusia, China, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan. Organisasi ini bergerak dalam bidang kerja sama perbatasan, ekonomi, dan kebudayaan.

Hingga saat ini, India, Iran, Mongolia, dan Pakistan menjadi negara pengamat dari Shanghai Cooperation Organization. Proposal Amerika Serikat (AS) untuk bergabung dalam organisasi tersebut ditolak karena wilayah AS sangat jauh dari Asia.(AUL)

Serangga Dijadikan Pewarna Kopi

Posted: 29 Mar 2012 06:03 AM PDT

- Sebuah situs vegetarian mengklaim bahwa kopi terkenal dari Amerika Serikat (AS) yakni Starbucks, menggunakan serangga sebagai bahan campuran yang dipakai pada produk mereka. 

Produk yang diduga mengandung serangga itu adalah Strawberries & Creme Frappuccino.


Situs thisdishisvegetarian.com menampilkan daftar bahan untuk membuat saus stroberi dan krim frappuccino yang biasa digunakan untuk salah satu produk minuman Starbucks tersebut. 


Daftar tersebut ternyata didapat dari seorang pegawai Starbucks. Ternyata saus dan krimnya mengandung ekstrak cochineal yakni pewarna makanan yang terbuat dari serangga bawah tanah yang berasal dari Amerika Latin.


"Kami sangat kecewa mendengar kabar bahwa Strawberries & Creme Frappuccino serta Strawberry Smoothies tidak terbuat dari bahan-bahan sayuran asli," ujar pihak situs seperti dikutip UPI, Kamis (29/3/2012).  


Sementara itu juru bicara Starbucks di Seattle Jim Olson langsung menjelaskan klaim yang dikeluarkan oleh website tersebut.


"Bahan dasar untuk saus stroberi dan krim frappuccino kami memang mengandung ekstrak cochineal yakni pewarna alami yang umum digunakan dalam industri makanan. Tapi tujuan kami sebenarnya adalah untuk menjauhkan bahan-bahan pewarna buatan," kata Jim Olson. 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan