Rabu, 9 Mac 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Empat Tahanan Kabur dari Rutan Purwodadi

Posted: 09 Mar 2011 01:01 AM PST

GROBOGAN- Empat tahanan Rutan Purwodadi Rabu dini hari tadi melarikan diri saat suasana sepi. Mereka berhasil kabur dengan cara menjebol ventilasi kamar tahanan.

Keempat tahanan tersebut yakni Sahri dan Khasan yang tersangkut kasus kasus pencurian, Handoko tersangkut kasus penggelapan, sementara Slamet Budianto terlibat kasus uang palsu.

Kepala Rutan Purwodadi Bambang Irawan mengatakan saat dilakukan pemeriksaan sekira pukul 03.00 WIB keempat tersangka terlihat masih berada di dalam kamar.

Namun saat kontrol kedua, sekira pukul 04.00 WIB keempat tahanan tersebut sudah tidak ada di kamar. Mereka kabur dengan menjebol ventilasi yang berada di dalam sel tahanan.

"Kami menduga mereka telah mengamati suasana dan kondsi LP sejak lama sehingga berhasil kabur, namun kami akan tetap mengejar keempat pelaku sampai ketemu," kata Bambang, Rabu (9/3/2011).

Untuk membantu pengejaran, pengelola Rutan telah melaporkan kejadian ini ke Kepolisian. Sejumlah barang bukti seperti besi untuk mencongkel serta beberapa barang bawaan empat tahanan kini diamankan Kepolisian untuk melacak keberadaan mereka.
(Rustaman Nusantara/SUN TV/kem)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Menkum HAM Gagal Basmi Mafia 'Orang Dalam'

Posted: 09 Mar 2011 12:56 AM PST

JAKARTA - Ketua Komisi Hukum DPR Benny K Harman mengatakan, penangkapan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Nusakambangan, Marwan Adli merupakan cermin praktik kotor yang masih menodai institusi penegak hukum.

"Praktik Kalapas di Nusa Kambangan adalah praktik pada umumnya di lapas-lapas di Indonesia," kata Benny saat dihubungi okezone, Rabu (9/3/2011). Menurut dia, kelalaian sistem pengawasan internal di Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) menjadi faktor utama terjadinya praktik kotor di lingkungan internal.

"Kasus ini memperlihatkan lemahnya sistem kontrol yang berlaku dalam tubuh Kementerian Hukum dan HAM," sambungnya.

Ketua DPP Demokrat Bidang Hukum ini menyarankan agar Kementerian Hukum dan HAM termasuk Ditjen Lapas segera melakukan penyelidikan terhadap jaringan narkoba yang diduga melibatkan pejabat lapas lainnya. "Penyelidikan atau investigasi internal itu sangat diperlukan. Semoga penangkapan ini memberi efek jera untuk lapas lain," tutupnya.
(ram)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan