ANTARA - Berita Terkini

sumber :-

ANTARA - Berita Terkini


Polisi Prancis Tahan Orang Diduga Pemimpin ETA

Posted: 10 Mar 2011 07:04 PM PST

Madrid (ANTARA News/AFP) - Polisi di Prancis pada Kamis (10/3) malam menangkap orang yang diduga pemimpin militer kelompok bersenjata separatis Basque (ETA), Alejandro Zobaran Arriola, demikian laporan radio nasional Spanyol.

Arriola termasuk di antara empat tersangka ETA yang ditahan dalam operasi oleh polisi Prancis di dekat perbatasan Belgia, kata radio itu mengutip sumber-sumber kepolisian antiteror.

Arriola, alias "Xarlas", adalah "pemimpin militer baru ETA", katanya.

Sumber-sumber Prancis yang dekat dengan operasi itu sebelumnya telah memastikan bahwa empat yang diduga anggota ETA telah ditangkap di daerah Pas-de-Calais. Identitas mereka dan pentingnya mereka dalam organisasi itu tidak dapat dipastikan, kata mereka.

Mereka tidak mengungkapkan lokasi tepatnya operasi itu, tapi harian penting Spanyol El Pais mengatakan di laman Internetnya, penangkapan itu terjadi di Willencourt, di barat kota Arras. Surat kabar itu sebelumnya melaporkan tempat tersebut adalah Beaulencourt.

Penangkapan itu terjadi di sebuah rumah tempat senjata api dan dokumen telah disita, kata sumber tersebut, yang menambahkan bahwa operasi itu berlanjut pada Kamis malam hingga Jumat.

ETA telah disalahkan karena kematian 829 orang dalam serangan pemboman dan penembakan empat dasawarsa untuk memaksakan pembentukan tanah air Basque di Spanyol utara dan Prancis baratdaya.

Pemerintah Spanyol yakin serangan mereka terhadap ETA telah melumpuhkan kemampuan operasinya, dengan puluhan penangkapan, termasuk sejumlah pemimpin pentingnya, yang dilakukan bekerjasama dengan pasukan negara lainnya khususnya Prancis.

ETA pada 10 Januari lalu mengumumkan "gencatan senjata umum dan parmanen" untuk dibuktikan oleh masyarakat internasional. Itu adalah pernyataan gencatan senjata permanen sepihak pertama dalam serangan pemboman dan penembakan ETA untuk memperoleh tanah air merdeka dari Spanyol, yang telah merenggut nyawa 829 orang.

Tapi, Perdana Menteri (PM) Spanyol, Jose Luis Rodriguez Zapatero, menolak untuk pengumuman hal itu. Ia hanya mengatakan, tidak ingin kurang dari pembubaran ETA, dan pemerintahnya telah berjanji untuk menburu anggota-anggota ETA.

ETA mengumumkan gencatan senjata pada Maret 2006 dalam kerangka kerja pembicaraan dengan pihak Madrid. Tapi, sembilan bulan kemudian kelompok itu meledakkan bom di area parkir mobil di bandara Madrid, sehingga menewaskan dua orang. Dan, ETA melakukan serangan terakhir di Spanyol pada Agustus 2009.
(Uu.S008/S004)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Inter Milan Fokus ke Tiga Laga

Posted: 10 Mar 2011 06:59 PM PST

Leonardo. (REUTERS/Giorgio Perottino)

"Brescia memiliki banyak pemain bagus dan bukan karena faktor keberuntungan."

Berita Terkait

Rome (ANTARA News/AFP) - Pelatih Inter Milan, Leonardo, menyatakan bahwa timnya tetap berusaha tampil sebaik mungkin dan fokus pada tiga laga yang diikuti mereka, termasuk pada lanjutan pertandingan kompetisi Liga Italia, Jumat malam, di Brescia.

Pertandingan itu dimajukan satu hari untuk memberi kesempatan kepada Inter melakukan persiapan menghadapi pertandingan putaran kedua Liga Champions, merupakan laga leg kedua di Bayern Munich.

Inter, yang kalah di kandang 0-1 pada laga leg pertama di San Siro, akan bergabung dengan AC Milan dan Roma sebagai korban pada laga 16 besar, bila mereka gagal meraih angka pada leg kedua itu.

Mereka juga memimpin Milan lima poin dalam klasemen Liga Italia (Seri A) dan berhadapan dengan Milan pada laga sekota bulan ini dan juga maju ke laga semi final Piala Italia.

Tim yang diasuh Leonardo itu tinggal satu-satunya tim Italia yang bertahan mewakili negaranya dalam kompetisi Eropa dan Leonardo mengatakan ia tetap percaya diri.

"Kami merasa masih memiliki peluang untuk maju terus di kompetisi Liga Champions termasuk di liga. Kami amat yakin dan penuh rasa percaya diri," katanya.

Ia menimpali, "Setiap tim mengawali tujuan mereka dengan keinginan memenangi semua kompetisi dan kami memasuki lapangan dengan pemikiran akan memenangi laga dan kami akan melakukan yang terbaik."

Si penembak gol ulung Samuel Eto`o, yang merayakan ulang tahun ke-30 pada Kamis (10/3), juga merasa yakin gelar Eropa dan Italia akan dapat mereka peroleh seperti sukses menggembirakan musim lalu.

"Segala sesuatunya masih terbuka dan perburuan gelar masih berlangsung ketat. Kami akan berjuang, kami ingin menang dan kami akan mendapatkannya," katanya.

I mengemukakan pula, "Milan klub terkuat saat ini karena mereka berada di puncak, tetapi kami memiliki semua yang kami butuhkan dan akan membuat mereka kesulitan."

"Kami semua berjuang untuk mendapatkan apa yang kami harapkan seperti yang kami peroleh musim lalu," katanya.

Selain itu, ia mengemukakan, "Kami tim bagus dan kami akan pergi ke Munich dengan tujuan untuk menang. Mereka menang di sini pada menit ke-90, jadi mengapa kami tidak dapat menang di sana."

Menghadapi Brescia, Leonardo menyatakan tim "nerazzurri" itu tidak akan dianggap enteng oleh timnya.

"Brescia memiliki banyak pemain bagus dan bukan karena faktor keberuntungan yang membuat mereka memiliki hasil bagus pada laga tandang mereka, seperti ketika melawan Udinese, Roma dan Napoli," katanya.

Ia menimpali, "Di kandang juga mereka menunjukkan permainan bagus, konsisten dan bertanding dengan meyakinkan."

"Semua kenyataan itu menunjukkan betapa sulitnya melawan mereka. Ini merupakan pertandingan sukar di samping pertandingan sukar lainnya, karena pertandingan mudah itu sebenarnya tidak ada," katanya.
(Uu.A008/A011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © 2011

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 ulasan:

Catat Ulasan