Khamis, 10 Februari 2011

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Aktivitas Pabrik Dihentikan, Puluhan Buruh Kesurupan

Posted: 10 Feb 2011 10:48 PM PST

PURWAKARTA - Puluhan buruh PT Citra Abadi Sejati di Jalan Raya Bungursari No.263 Purwakarta, Jawa Barat, kesurupan massal. Peristiwa ini pun sempat membuat seisi pabrik garment ini panik dan menghentikan aktivitasnya.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun di lokasi pabrik, Jumat (11/2/2011), kesurupan massal ini berawal dari dua orang karyawan di line 2 yang mendadak berbicara kacau dan disertai kejang-kejang. Beberapa temannya sempat berusaha menolong korban agar cepat siuman.

Kepanikan semakin menjadi lantaran kesurupan juga merembet ke line yang lain. Pihak manajemen pabrik akhirnya memutuskan untuk mengevakuasinya ke musalah yang terletak di sekitar areal pabrik.

Salah seorang buruh, Devi (20), mengungkapkan sempat melihat rekan kerjanya teriak-teriak tak karuan. Dirinya juga dihantui ketakutan, khawatir apa yang menimpa temannya itu dialami pula oleh dirinya.

"Saya dan sejumlah karyawan lainnya disuruh pulang dan nanti masuk kembali setelah semua korban diobati," ujar Devi.

Rupanya pihak manajemen tidak ingin kesurupan massal ini terpublikasi. Sejumlah sekuriti langsung menutup pintu gerbang karena khawatir puluhan wartawan yang sudah berkerumun masuk ke dalam pabrik.

Bahkan, terlihat seorang korban yang dibawa menggunakan sepeda motor balik kanan kembali ke dalam pabrik untuk menghindari kamera para kuli tinta.(Asep Supiandi/Koran SI/kem)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Kemenbudpar Turunkan Tim Investigasi ke Solo

Posted: 10 Feb 2011 10:42 PM PST

SOLO - Tim dari Direktorat Museum Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menginvestigasi dugaan hilangnya sejumlah wayang peninggalan Raja Pakubuwono X di Museum Radya Pustaka, Solo.

Tim yang terdiri dari empat orang tiba sekira pukul 10.30 WIB dan memeriksa sejumlah wayang palsu yang dipajang di museum tersebut.

Investigasi ini sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat, termasuk dalang kondang Ki Manteb Soedharsono, terkait indikasi wayang peninggalan raja yasli yang telah ditukar dengan yang palsu.

Menurut ketua tim, Ediningsih, saat ini pihaknya fokus melakukan inventarisasi apakah wayang kulit di museum ini asli atau tidak.

"Saat ini kami hanya memeriksa wayang, tapi kalau sudah selesai akan dilanjutkan ke jenis koleksi lain," tutur Ediningsih, Jumat (11/2/2011) seraya menambahkan, ada koleksi lain seperti batu, keramik, dan lainnya yang juga akan diperiksa.

Investigasi, lanjut dia, akan berlangsung selama 4 hari. Kemudian hasilnya akan diumumkan kepada publik.

Kasus ini terungkap saat Ki Manteb mendatangi museum pada Selasa, 8 Februari lalu. Kasus ini sudah dilaporkan ke Polresta Solo oleh Komite Museum Radya Pustaka.

Menurut Ki Mateb, sembilan dari 10 wayang wayang tokoh putri purwa Mahabarata sudah ditukar. Hanya satu yang kemungkinan asli. Itu pun Ki Manteb belum meyakini keaslian wayang yang menggambarkan tokoh Kunthi tersebut.

Selain sembilan wayang kulit tersebut yang diduga palsu di antaranya Arjuna, Anoman, Werkudara, dan Gunawan Sudarsono juga bukan berasal dari karaton. Sementara itu untuk koleksi wayang gedhog atau wayang periode panji sudah tidak lengkap. Terdapat 14 sampai 15 wayang gedhog yang tidak di samping wayang di museum tersebut.
(Septyantoro Aji Nugroho/SUN TV/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan