Sabtu, 13 Julai 2013

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Puluhan Rumah di Sinabang Aceh Terbakar

Posted: 13 Jul 2013 01:00 AM PDT

NUSANTARA

Sabtu, 13 Juli 2013 15:00 wib

Salman Mardira - Okezone

BANDA ACEH - Kebakaran hebat melanda Kota Sinabang, Ibu Kota Kabupaten Pulau Simeulu, Aceh. Sedikitnya 62 rumah warga di Dusun Sukadamai, Sinabang, Kecamatan Simeulu Timur, hangus diamuk si jago merah.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa dini hari tadi, namun kerugiaan ditaksir miliaran rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Simeulu, Alwi Alhas, mengatakan, sebanyak 182 orang yang kehilangan tempat dalam kebakaran itu kini tinggal di tenda pengungsian.

"Kami sudah mendirikan lima tenda," katanya saat dihubungi Okezone, Sabtu (13/7/2013).

Rumah-rumah yang terbakar itu berada saling berdekatan, masing-masing di Jalan Cut Nyak Dhien dan Jalan Teungku di Ujong.

Menurut saksi mata, tutur Alwi, api mulanya muncul dari amper meter listrik rumah seorang warga. Api dengan cepat membesar melumat isi rumah dan menjalar ke bangunan lain.

"Hanya sebagian kecil yang berhasil diselamatkan," ujarnya.

BPBD mengerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran dan portabel untuk memadamkan api. Mobil mengambil air dari laut kemudian menyiramnya ke kobaran api.

Dia menambahkan selain berupaya memadamkan, petugas juga terus memutus jilatan api dengan merubuhkan empat rumah. Api baru berhasil dijinakkan dua jam kemudian. Beberapa warga, termasuk petugas mengalami luka ringan saat membantu memadamkan api.

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran, namun dugaan sementara sumber api berasal dari arus pendek listrik.
(ton)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Biaya Makan Napi per Orang Hanya Rp8.500

Posted: 13 Jul 2013 12:11 AM PDT

POLHUKAM

Sabtu, 13 Juli 2013 14:11 wib

Angkasa Yudhistira - Okezone

JAKARTA - Dalam menjalankan pengelolaan sistem manajemen lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (Rutan) di Indonesia, bukanlah perkara yang mudah. Masih banyak manajemen lembaga yang belum optimal menjadi permasalahan yang harus dibenahi.
 
"Me-manage lembaga ini adalah me-manage bismillahirrohmanirrohim. Harus banyak berdoa," ujar mantan Sekretaris Jendral Kementrian Hukum dan HAM Hasanuddin Massaile, dalam diskusi Polemik Sindo dengan tema Gelap Mata di Tanjung Gusta, di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7/2013).
 
Persoalan yang dihadapi dalam manajemen LP, salah satunya mengenai alokasi anggaran makan narapidana sehari-hari. Saat ini, sambungnya, pemerintah baru dapat mengalokasikan biaya makan sebesar Rp8.500 per orang. "Berbeda dengan di negara maju, di mana untuk makan saja anggarannya lebih besar," ujarnya.
 
Selain persoalan makanan, Hasanuddin mengungkapkan, masih ada persoalan lain yang diduga menjadi pemicu tragedi pembakaran LP Tanjung Gusta, yaitu persoalan ketersediaan air dan listrik, over capacity, dan kesejahteraan narapidana.
 
Kesejahteraan yang dimaksudnya, sebagai pembekalan bagi narapidana saat bebas dari penjara.
 
Hasanudin pun sependapat dengan psikolog forensik Reza Indragiri Amriel yang mengatakan terjadinya insiden LP Tanjung Gusta tidak terlepas adanya budaya penjara (prison culture) yang masih mengedepankan kekerasan didalamnya. Sehingga, fungsi penjara sebagai lembaga yang berfungsi untuk memanusiakan penghuninya tidak berjalan.
(lam)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Tiada ulasan:

Catat Ulasan