Selasa, 15 Mei 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Pemkab Mamuju alokasikan 27 handtraktor untuk petani

Posted: 15 May 2012 07:52 AM PDT

Pemkab Mamuju (grafis)

Berita Terkait

Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, mengalokasikan sebanyak 27 unit handtraktor untuk sejumlah kelompok tani.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mamuju Muliadi di Mamuju, Selasa, mengatakan Pemkab Mamuju menyiapkan anggaran APBD pada tahun 2012 melalui dana alokasi khusus untuk pengadaan handtraktor yang akan dibagikan pada petani di sejumlah Kecamatannya.

Ia mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk pengadaan handtraktor untuk petani berjumlah sekitar 34 unit tersebut, sekitar Rp675 juta.

Menurut dia, setiap handtraktor yang akan dibagikan kepada petani melalui kelompok tani akan menelan anggaran sekitar Rp25 juta per unit.

Ia mengatakan, dengan adanya bantuan handtraktor itu diharapkan petani tidak akan lagi kesulitan dalam menggarap hasil pertaniannya dan produksi pertaniannya akan meningkat setiap tahun.

"Petani di Mamuju selama ini menggunakan cara manual membajak sawah, sehingga pemerintah mengalokasikan anggaran tersebut," katanya.

Ia mengatakan, petani akan semakin terbantu dengan adanya bantuan tersebut, sehingga mereka akan secara cepat dalam menggarap lahan pertaniannya dan produksi tanaman padi mereka akan mengalami peningkatan.

Ia berharap, dengan bantuan itu dapat memacu produksi padi di Mamuju sekitar 127 ribu ton per tahun dengan luas lahan sekitar 23 ribu hektare dapat terus mengalami peningkatan sehingga sektor pertanian semakin berperan dalam memajukan ekonomi daerah.

(KR-MFH/R010)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Siswa tidak lulus diimbau ikut ujian kesetaraan

Posted: 15 May 2012 07:43 AM PDT

Palangka Raya (ANTARA News) - Siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) jenjang SD hingga SMA sederajat diimbau bisa mengikuti ujian paket atau kesetaraan.

"Kami menyarankan agar anak yang gagal menempuh ujian akhir dapat ikut ujian paket sehingga bisa memperoleh ijazah dan melanjutkan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Palangka Raya Ikhwanuddin, Selasa.

Untuk itu, dia meminta kepada pihak sekolah agar lebih berperan aktif menyampaikan informasi pelaksanaan ujian paket terhadap siswa yang tidak lulus karena tidak semua anak mau ikut apalagi masih sedih akibat kegagalannya.

Kendati masih belum ada jadwal pasti penyelenggaraan ujian paket, namun tidak ada salahnya jauh hari sebelumnya guru bisa memberikan pengertian kepada siswa agar dapat memahami.

Ini perlu dilakukan, karena dikhawatirkan banyak pelajar yang tidak lulus, tidak akan mau mengikuti ujian paket lantaran malu dan tidak mengerti, keuntungan yang didapat kalau ikut ujian kesetaraan ini.

"Pemahaman ini yang harus kita berikan kepada anak, bagaimanapun juga ujian paket bisa membantu mereka mendapat ijazah kalau tidak mau mengulang setahun lagi," tuturnya.

Memang tidak dipungkirinya terkadang pelajar bahkan sebagian masyarakat masih memandang remeh dengan adanya ujian paket, namun seiring waktu karena dari tahun ke tahun pemerintah selalu melakukan perbaikan, anggapan miring semakin berkurang.

Apalagi saat ini, ijazah ujian paket yang dikeluarkan, tidak ada perbedaan dengan ijazah sekolah formal pada umumnya.

Dengan ijazah ujian paket, banyak masyarakat yang terbantu karena bisa meneruskan pendidikan dan melamar kerjaan baik instansi swasta maupun pemerintahan.

Ia berharap, bagi pelajar yang tidak lulus pada saat pengumuman nanti, jangan merasa minder untuk ikut ujian paket dan mencari informasi terkait pelaksanaan baik kepada sekolah maupun ke dinas pendidikan setempat.

(KR-TVA/S023)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan