Jumaat, 27 Januari 2012

Republika Online

Republika Online


Surya Saputra Cinta Berat Kuliner Indonesia

Posted: 27 Jan 2012 08:47 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Aktor Surya Saputra mengaku sangat mencintai masakan Indonesia. Bahkan ketika datang tawaran untuk ikut dalam acara kuliner masakan Barat, aktor berkacamata ini pun menolak. 

"Sebenarnya ditawari lagi, tapi saya maaf harus menolak. Karena masakannya ala Western. Saya suka masakan Indonesia karena kaya ragam dan rasanya," ujarnya. 

Tidak aneh, bila akhirnya kecintaan Surya itu membawanya menjadi seorang presenter acara wisata kuliner satu stasiun televisi. Bahkan, kecintaan itu juga membuatnya bertekad untuk mengenalkan kuliner Indonesia pada buah hatinya nanti.

''Ingin mengenalkan makanan tradisional, nggak cuma makanan Barat. Anak-anak sekarang lebih kenal hamburger daripada ketoprak. Mengembalikan kearifan masa lalu," kata dia.

Full content generated by Get Full RSS.

Hati-hati, Pria Berisiko Cepat Alami Penurunan Daya Ingat

Posted: 27 Jan 2012 07:03 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, Dibanding perempuan, ternyata pria berisiko mengalami penurunan daya ingat alias pikun. Menurut sebuah penelitian, risiko mengalami penurunan kognitif ringan (MCI) atau tahap kehilangan memori ringan yang terjadi antara penuaan normal dan demensia itu justru lebih tinggi dialami pria ketimbang kaum wanita.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam edisi online Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology, sebanyak 1.450 orang yang berusia antara 70-89 tahun terlibat dalam riset ini. Mereka juga harus bebas dari demensia pada saat pendaftaran menjalani tes memori setiap 15 bulan selama rata-rata tiga tahun.

Peserta diwawancarai mengenai memori mereka oleh tenaga medis profesional. Pada akhir penelitian, sebanyak 296 orang telah mengalami perkembangan MCI.

Studi itu menemukan bahwa jumlah kasus demensia baru per tahun lebih tinggi pada pria. ''Hasil ini mengejutkan, mengingat bahwa perempuan umumnya memiliki tingkat demensia lebih tinggi daripada pria," kata penulis studi Rosebud Roberts, dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dan anggota American Academy of Neurology.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan