Khamis, 4 Ogos 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Pemerintah China Tutup 5.000 Sektor Usaha

Posted: 04 Aug 2011 12:51 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]Otoritas keamanan China menangkap 2.000 warga dan menutup hampir 5.000 sektor usaha pangan setelah muncul isu akan kontaminasi bahan pangan.

PLN Mulai Garap PLTG Borang 1x60 MW

Posted: 04 Aug 2011 12:49 AM PDT

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Borang dengan kapasitas 1x60 megawatt (mw) yang terletak di desa Merah Mata, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Ini sebagai upaya untuk memperkuat sistem kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Direktur Operasi PLN Indonesia Barat Harry Jaya Pahlawan dalam pemasangan tiang pancang pertama (Ground Breaking), yang menandai dimulainya pembangunan PLTG Borang dilakukan, menyatakan ini sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerja sama sewa beli PLTG antara PLN Pembangkitan Sumatera Bagian Selatan dengan konsorsium PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dan PT Navigat Energy.

"Skema sewa beli PLTG Borang akan berlangsung selama tujuh tahun, sejak mulai beroperasi secara komersial," ungkap Harry dalam keterangan tertulis yang diterima okezone, di Jakarta, Kamis (4/8/2011).

Lebih lanjut ia menjelaskan, setelah kontrak perjanjian berakhir maka kepemilikan dan pengelolaan PLTG Borang akan diserahkan kepada PLN. Pihaknya sendiri memperkirakan, masa konstruksi PLTG ini akan memakan waktu sekira enam bulan yang meliputi proses engineering, procurement dan construction (EPC).

"Jadi diharapkan pada akhir 2011 ini PLTG Borang sudah bisa beroperasi penuh," lanjutnya.

Selain PLTG Borang, PLN Pembangkitan Sumbagsel juga mengembangkan PLTG dengan skema sewa beli, di antaranya PLTG Payoselincah dengan kapasitas 100 mw di Jambi dan PLTG Talang Duku 60 mw di Musi Banyuasin. Dengan demikian, total kapasitas tiga PLTG ini mencapai 220 mw.

Sebagai informasi, dengan beroperasinya PLTG ini, maka PLN dapat mengurangi penggunaan BBM sebesar 117,73 juta liter per tahun atau setara dengan Rp918 Miliar per tahun.

Selain akan bertambah sebesar 220 mw yang berasal dari proyek sewa beli di tiga PLTG tadi, kemampuan pasokan daya di Sumbagsel juga akan membaik dengan bertambahnya pasokan daya sebesar 114 mw dari relokasi PLTG sebesar 14 MW dan PLTU Sebalang I sebesar 100 mw.

Sampai awal 2012 mendatang, di wilayah Sumbagsel diperkirakan akan ada tambahan daya sebesar 334 mw sehingga siap mengantipasi pertumbuhan kebutuhan listrik.
(wdi)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by Used Car Search.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan