Isnin, 19 November 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


15 kecamatan Sukabumi berpotensi banjir bandang

Posted: 19 Nov 2012 07:02 PM PST

Sukabumi (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi mencatat ada 15 kecamatan yang berpotensi mengalami banjir bandang, karena mayoritas kecamatan itu merupakan daerah yang dilalui oleh aliran sungai.

"Dari pemetaan kami sedikitnya ada 15 kecamatan yang sangat rawan terjadi banjir bandang karena berada dekat dengan aliran sungai kecil dan besar," kata Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Iwan Setiawan kepada ANTARA di Sukabumi, Selasa.

Menurut Iwan, kecamatan tersebut antara lain Ciwaru, Cisolok, Palabuhanratu, Cikakak, Cisaat, Nagrak, Curugkembar, Pabuaran, Ciracap, dan sebagainya.

Namun, katanya, sampai saat ini belum ada laporan terjadinya banjir bandang yang bisa merendam rumah warga setempat.

"Dari hasil evaluasi dan penelitian dengan Badan Geologi, daerah yang paling parah kondisinya dan sangat terancam banjir bandang yakni Kecamatan Curugkembar," katanya.

Di kecamatan tersebut terdapat aliran Sungai Cimandiri dan sudah cukup banyak retakan air yang membuat kubangan-kubangan sangat lebar.

Selain itu, ada 12 titik kubangan yang kapan saja jika jebol bisa terjadi banjir bandang yang sangat besar.

"Saat ini kami dan masyarakat di Kecamatan Curugkembar serta dinas teknis sedang mengangkat sedimentasi dan menutup kubangan-kubangan dari rembesan air sungai dan memperbaiki tanggul penahan air," tambahnya.

Ia mengatakan, pihaknya saat ini juga sudah mengirimkan surat waspada banjir dan longsor ke seluruh kecamatan, mengingat kondisi cuaca dalam sepekan terakhir ini cukup buruk.

Bahkan, 10 kecamatan diterjang longsor yang menyebabkan lima rumah rusak berat.

"Selain mengirim surat imbauan untuk waspada, kami juga saat ini terus melakukan antisipasi terjadinya bencana di daerah yang berpotensi terjadi bencana saat musim hujan seperti ini," katanya.

Untuk para korban longsor khususnya warga Kecamatan Caringin yang rumahnya rusak, katanya, sudah diungsikan dahulu ke tempat yang lebih aman.
(KR-ADR)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

AC/DC "nyerah" dan masuk daftar iTunes

Posted: 19 Nov 2012 07:00 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - Seluruh katalog band rock, AC/DC, termasuk 20 album studio dan live serta tiga kompilasi sudah tersedia di website iTunes untuk pertama kali di seluruh dunia, kata Columbia Records dan Apple pada Senin.

Selama ini, grup asal Australia yang dibentuk oleh dua kakak beradik, Angus dan Malcolm Young pada tahun 1973, menolak untuk menjual musik mereka lewat toko musik daring (online).

"Musik rock and roll mereka menyemangati para penggemar setia dengan musik yang memberontak, juga bergema di telinga penggemar baru yang mengetahui AC/DC setiap harinya," kata Columbia Records dan Apple mengumumkan perjanjian, seperti dikutip oleh Reuters.

"Pasukan penggemar yang tumbuh kini akan merasakan musik intens dari AC/DC yang tidak pernah didengar sebelumnya," tambah mereka.

Album perdana AC/DC, High Voltage di tahun 1976, album klasik Back in Black serta Black Ice dari tahun 2009 adalah beberapa album yang tersedia di iTunes.

Semua musik mereka sudah siap di iTunes dan penggemar bisa mengunduh seluruh album atau lagu satuan.

(dny)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan