Sabtu, 19 Mei 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


"Sistem Pemerintahan Kami Tidak Bekerja Baik"

Posted: 18 May 2012 09:26 PM PDT

JAKARTA - Masalah dana kampanye yang mewarnai Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) tahun ini, ternyata menyisakan banyak masalah. Ini tidak lepas dari peran lembaga pemerintah yang selama beberapa tahun turut campur dalam pemilu.


Menurut Profesor Ilmu Politik University of Kansas, Bourdett A Loomis yang diwawancara oleh Okezone di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Jumat (18/5/2012), salah satu yang menjadi masalah ada aliran dana kampanye, khususnya dari kelompok Super Pac. Tentunya ada banyak pertentangan mengenai pemilu kali ini.


Apa yang bisa dicontoh dari Indonesia mengenai penggunaan kampanye di AS?


Saya kira, semua ide tentang demokrasi adalah eksperimen bagaimana rakyat memilih presidennya. Seperti halnya Super Pac (penyandang dana besar). Saya kira pelajaran untuk Indonesia adalah, dari tiap pemilu yang dilakukan coba untuk membuatnya sepositif mungkin dan pilih calon yang bagus. Saya tahu itu tidak mudah. 


Salah satunya menjaga kebebasan pers. Pers yang bebas adalah salah satu contoh demokrasi yang bagus karena dapat melaporkan segala bentuk pelanggaran yang ada.


Ada banyak model demokrasi yang lebih baik yang bisa dicontoh. Saya kira demokrasi saat ini tengah naik daun. Namun ditiap negara yang mengiplementasikan demokrasi tetap masih ada pasang surutnya. Itulah yang saya harapkan dari dunia, meningkatnya demokrasi meskipun tidak sempurna.


Mengenai dana Super Pac, apa yang menjadi dasar Mahkamah Agung AS mengambil keputusan tentang ini?


Prinsip dasar dari Amerika adalah amandemen pertama dari Undang-Undang Dasar AS, yang mengatur kebebasan berpendapat. Tentunya hal itu termasuk kebebasan berpendapat tentang apapun. 


Pada dasarnya Mahkamah Agung menyatakan, kita bisa menggunakan dana sebesar apapun untuk politik bila menggunakan dalam bentuk kepentingan minimun. Saya tidak yakin atas keputusan yang dikeluarkan Mahkamah Agung.

Mereka menilai, semakin banyak uang dikeluarkan maka akan banyak pula kebebasan berpendapat.


Hal ini adalah sebuah kesalahan besar. Setiap dana yang tidak jelas asalnya, tidak akan menimbulkan dialog yang konstruktif. Saya melihat Mahkamah Agung mengeluarkan keputusan yang memicu ketidakjujuran. Di beberapa hal, telah memasuki ranah politik lebih dalam selama beberapa tahun terakhir.


Ini mendemonstrasikan demokrasi dimana sebuah lembaga berkembang memang membuat perbedaan. Saya bisa katakan, sistem pemerintahan kami tidak bekerja dengan baik. Saat ini banyak sekali pertentangan yang terjadi dan institusi kami tidak bekerja dengan baik. Itu sebuah masalah.


Apa yang bisa yang membuat Obama menang dalam pemilu tahun ini?


Saya kira Obama mungkin menang, tetapi tidak pasti. Bila ekonomi tidak bekerja dengan baik, tentu akan menyulitkannya. Ada banyak isu lain, tetapi bila ekonomi bekerja dengan baik tentunya Obama akan menang. Saat ini tidak banyak yang bisa dilakukan Obama untuk merubah pola dari ekonomi.

(faj)

Uang dapat Membeli Kebebasan Berpendapat

Posted: 18 May 2012 08:09 PM PDT

JAKARTA - Pemilu Presiden Amerika Serikat (AS) 2012 sangat memerhatikan kampanye. Tak terheindarkan, biaya kampanye ini sangatlah mahal. Para kandidat berupaya segala macam cara agar mampu mengumpulkan dana kampanye dalam skala besar.


Kampanye tahun ini, menurut Profesor Ilmu Politik University of Kansas, Bourdett A Loomis, dana yang dikeluarkan para kandidat jauh lebih mahal dari kampanye sebelumnya. Berikut wawancara khusus Profesor Loomis dengan Okezone, Jumat (18/5/2012).


Bagaimana dengan dana kampanye saat ini, bukankah akan sangat mahal dikeluarkan oleh para kandidat?


Ya. Kampanya sangat mahal. Makanya banyak strategi kampanye terus bertambah. Kedua kandidat saat ini tidak mengambil dana kampanye dari publik, mereka justru mendapatkannya dari malam dana yang mereka adakan. Saya kira, angka kasar dari kampanye tahun ini bisa mencapai USD2 milyar. 


Pada kampanye tahun ini, memang dianggap sebagai yang paling termahal, tetapi juga sekira seperempat atau seperlima dari USD2 milyar itu dihasilkan oleh kelompok donatur yang bisa mendapatkan uang dalam jumlah besar. Kelompok itu berdedikasi untuk mengalahkan Obama atau mengalahkan Romney. Amat sulit untuk mengikuti alur uang itu.


Bisa jadi, dalam waktu 5 bulan ke depan akan banyak mengalir banyak uang yang bisa saja membuat kampanye negatif terhadap Obama. Jadi, yang pantas dilihat ke depan bukanlah mengenai Romney, melainkan Obama.


Apakah ini termasuk kelompok Super Pac?


Iya. Ada beberapa banyak bentuk kelompok. Tetapi sebagian besar adalah Super Pac. Pada dasarnya memang sulit. Bisa saja dana ini diberikan melalui dana relawan kepada Super Pac. Tetapi sosok yang memberikan dana tersebut, kita tidak bisa melacaknya. Nantinya, kelompok Super Pac ini yang mengumumkan jumlah dana yang ada.


Ini kontras dengan dana reguler individu yang diberikan warga. Maksimalnya, dana reguler ini hanya mencapai USD5.000 dan siapa pemberi dananya pun jelas. 


Pada dasarnya kami memiliki organisasi yang bisa melacak asal dana kampanye dan pengeluarannya. Tetapi ada kelompok Super Pac dan organisasi lain yang mengeluarkan banyak uang (untuk seorang kandidat). Mereka ini bisa dilacak asal dananya setelah kampanye selesai.


Umumnya, mereka ini adalah orang kaya yang bisa saja menuliskan cek sebesar USD2 juta. Dimana dana reguler hanya diperbolehkan hingga USD5.000, sementara mereka bisa memberikan uang tanpa batas.


Apa dasar dari Super Pac ini?


Beberapa tahun lalu, Mahkamah Agung memutuskan uang sama dengan kebebasan berpendapat. Jika, Anda ingin menghabiskan untuk seorang politisi, pemilu ataupun isu anda bisa mengeluarkan dana semampu kalian. Intinya, Anda memiliki dana USD2 juta tentunya memiliki kebebasan berpendapat lebih besar daripada pihak yang memiliki dana USD5.000.


Jadi, apa yang dilakukan George Clooney (mengumpulkan dana) adalah Super Pac?


Bukan, itu hanya malam pengumpulan dana biasa. George Clooney hanya menggunakan pengaruhnya untuk membantu Obama. Mungkin saja beberapa tamu dari malam dana Clooney, bisa menulis cek untuk Super Pac yang ditujukan untuk Obama.


Tetapi dana yang dikumpulkan oleh malam pengumpulan dana akan dilacak oleh pemerintah?


Tentunya. Mereka akan jelas mendapatkan laporan mengenai informasi dari penyumbang dana. Semua itu akan dilaporkan pada akhir bulan Juni.

(faj)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan