Ahad, 8 Januari 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Pengayaan Uranium Iran Akan Dioptimalkan

Posted: 09 Jan 2012 02:57 AM PST

Pengayaan Uranium Iran Akan Dioptimalkan

| Egidius Patnistik | Senin, 9 Januari 2012 | 10:57 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com Sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) bawah tanah Iran akan mencapai kapasitas penuh pada awal Februari, kata harian Iran, Kayhan, yang mengutip pernyataan kepala atom negara itu.

Berita itu kemungkinan akan semakin meningkatkan ketegangan antara Iran dan Barat terkait kegiatan penelitian nuklir secara-cara sembunyi-sembunyi yang dilakukan negara itu. Negara-negara Barat mencurigai Iran tengah mengerjakan proyek-proyek senjata nuklir rahasia, sementara Teheran mengatakan bahwa kebutuhan penelitian nuklir itu demi tujuan energi damai. Perundingan antara Iran dan Barat telah macet selama 12 bulan.

"Pabrik pengayaan nuklir Fordow akan beroperasi dalam waktu dekat ... 20 persen, 3,5 persen, dan empat persen uranium yang diperkaya dapat diproduksi di tempat ini," kata Fereydoun Abbasi Davani, Kepala Organisasi Energi Atom Iran, seperti dilaporkan harian Kayhan, Minggu.

Fordow terletak di perut pegunungan di Iran tengah. Iran telah menghadapi sanksi dari Dewan Keamanan PBB karena penolakannya untuk meninggalkan pengayaan uranium. Amerika Serikat dan Uni Eropa juga menjatuhkan sanksi sepihak terhadap Iran.

Full content generated by Get Full RSS.

Iran Tangkap Mata-mata AS

Posted: 09 Jan 2012 02:24 AM PST

Iran Tangkap Mata-mata AS

| Kistyarini | Senin, 9 Januari 2012 | 10:24 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Menteri Intelijen Iran Heydar Moslehi mengumumkan penangkapan beberapa mata-mata Amerika Serikat yang diduga ditugasi mengganggu pemilihan parlemen Iran mendatang, kata kantor berita resmi IRNA.

"Para tahanan itu dalam kontak dengan luar negeri melalui jaringan dunia maya," kata Moslehi seperti dikutip IRNA pada Minggu (8/1/2012).

"Kami menangkap mereka setelah memperoleh informasi lengkap tentang kegiatan spionase mereka," kata Moslehi tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pengumuman ini datang pada saat ketegangan Teheran dengan Barat terus meningkat setelah negara-negara Barat mengancam sanksi baru terhadap republik Islam itu berkaitan dengan program nuklirnya yang kontroversial.

Iran membalas dengan mengatakan bahwa pihaknya akan memblokade Selat Hormuz yang strategis di mana diperkirakan 40 persen dari minyak dunia berlayar melewati selat ini dalam menanggapi rencana embargo minyak Barat.

Iran akan menyelenggarakan pemilihan parlemen pada 2 Maret.

Full content generated by Get Full RSS.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan