Rabu, 20 April 2011

Republika Online

Republika Online


Kanker Tulang Belakang, Bagaimana Gejalanya?

Posted: 20 Apr 2011 03:47 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Kanker tulang belakang sangat jarang ditemui. Kasus kanker tulang belakang yang paling banyak terjadi adalah adalah metastasis, yaitu kanker berasal dari bagian lain dari tubuh dan menyebar ke tulang belakang. Ketika kanker menyebar atau berasal di daerah ini, biasanya mempengaruhi satu atau lebih bagian tulang belakang. Jika seseorang mengembangkan kanker tulang belakang, baik primer atau sekunder, ia akan menunjukkan gejala penyakit yang berbeda.

Kanker tulang primer di tulang belakang jarang terjadi. Kanker pada tulang belakang dapat menyebabkan  hancurnya sel-sel sehat tulang penderita. Tumor kanker tidak hanya merusak tulang tulang belakang tetapi juga merusak sumsum tulang belakang penderitanya. Gejala kanker tulang di tulang belakang termasuk rasa sakit, patah tulang dan mati rasa atau kelemahan.

Rasa sakit

Tanda paling umum dari kanker tulang di tulang belakang adalah nyeri pada leher atau punggung. Rasa sakit akan terus-menerus dan disertai dengan gejala lainnya. Nyeri ini bisa hanya di daerah belakang, bisa juga menyebar ke anggota badan lain. Pengembangannya tergantung hanya pada lokasi pertumbuhan abnormal. Jika kanker menyebabkan sejumlah kecil peradangan dan iritasi, rasa sakit biasanya tetap di belakang. Jika kanker menekan saraf, rasa sakit berdifusi keluar ke "dahan" yang terkait. Tidak peduli sumber rasa sakit, kanker tulang belakang menyebabkan ketidaknyamanan kronis.

Kelemahan

Jika kanker tempat cukup tekanan pada saraf, seseorang akan menderita kelemahan. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh gangguan pada impuls dari tulang belakang. Jika kanker menyebabkan peradangan besar di belakang, otak tidak lagi mampu berkomunikasi dengan baik dengan kaki. Akibatnya, penderita mungkin merasa sulit untuk berjalan, membawa, meraih sesuatu, atau berpegangan.

Kepekaan berkurang

Kanker tulang belakang dapat mempengaruhi sensasi sentuhan. Karena sumsum tulang belakang adalah saraf pusat, peradangan atau tekanan di daerah ini dapat mengakibatkan pengurangan sensasi. Objek mungkin tidak lagi merasa panas atau dingin untuk disentuh.  Serupa dengan ketidakmampuan otak untuk berkomunikasi dengan anggota badan, anggota badan menjadi tidak sepenuhnya berkomunikasi dengan otak.

Inkontinensia

Kanker tulang belakang juga dapat menyebabkan inkontinensia. Gejala ini sangat mirip dengan kelemahan, karena tekanan pada saraf tertentu dalam tulang belakang yang bertanggung jawab untuk mengontrol kinerja kandung kemih dan usus. Jika impuls terganggu, dapat menyebabkan seseorang kehilangan kontrol kandung kemih mereka, usus, atau keduanya.

Kelumpuhan

Seiring perkembangan kanker tulang belakang, seseorang mungkin menderita kelumpuhan. Tergantung pada beratnya kanker, kelumpuhan dapat diisolasi untuk satu anggota badan. Ukuran dan lokasi pertumbuhan menentukan jumlah kelumpuhan, karena kanker bisa sampai ke titik di mana saraf tampaknya putus atau lesi telah terbentuk pada saraf itu sendiri.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Ingin Anak Anda Pe-De? Ini Kiatnya

Posted: 20 Apr 2011 03:24 AM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak ingin memiliki anak yang pe-de alias penuh percaya diri. Anak-anak pe-de pantang menjadi penakut dan umumnya bisa menyelesaikan problema kecil di hadapannya. Ia juga tidak selalu tergantung pada orang tuanya.

Menjadikan anak pe-de tak bisa dilakukan semalam. Anda perlu membangunnya selagi dia balita. Bagaimana kiatnya, berikut kiatnya, seperti yang dirangkum dari situs Babycenter:

# Jangan membanding-bandingkan

Jangan terlalu sering membandingkan anak Anda dengan anak yang lain, apakah itu teman atau lebih-lebih saudara. Sebaliknya, berfokus pada apa yang membuat anak Anda berbeda dan biarkan dia tahu cara khusus untuk mengatasinya.  "Itu saja akan membantu meningkatkan kepercayaan dirinya dan membuatnya lebih nyaman di depan orang lain," jelas Lynne Milliner, ahli psikologi anak di Rumah Sakit Cleveland.

# Jangan memberi "label" anak Anda

Jangan pernah memberi label pada anak, apalagi di depan orang lain, kata psikolog Tina Payne Bryson, PhD. Misalnya, jika anak Anda  bersembunyi di balik kaki Anda dan menolak untuk menyapa rekan Anda, Anda mungkin tergoda untuk mengatakan sesuatu seperti, "Maaf, Om, dia pemalu." Sebaliknya, beritahu anak Anda, "Tak apa-apa sekarang malu, tapi nanti salaman ya?"

# Jadilah model bagi anak

Jadilah contoh keramahan di depan anak Anda, kata Sara Lise Raff, konsultan pendidikan. Misalnya, jika Anda pergi ke lingkungan yang baru bagi anak, tunjukkan cara "masuk" dalam kelompok itu. Misalnya, menyapa salah seorang di antaranya dengan percakapan ringan, "Aku suka boneka barumu, Emily. Siapa namanya?" Anak-anak suka meniru perilaku orang tua mereka, sehingga melihat Anda nyaman dengan orang lain akan menunjukkan dirinya tidak ada yang perlu ditakutkan.

# Jangan terlalu keras menghukumnya

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang orang tuanya mendidik mereka terlalu keras,akan membuat anak menarik diri. "Karena anak-anak pemalu merasa ketidakpastian dan kecemasan dalam situasi sosial tertentu, ketika orangtua memaksa mereka untuk berpartisipasi, itu hanya membuat mereka lebih cemas, sehingga lebih kecil kemungkinannya mereka akan bersedia untuk mencobanya waktu berikutnya," kata pakar parenting, Tina Payne Bryson. Jika anak Anda bersikeras bahwa dia tidak ingin melakukan sesuatu yang terasa menakutkan bagi dia, biarkan dia tahu Anda berada di sana untuk membuatnya merasa aman, tapi jangan memaksanya.

# Tapi, juga jangan terlalu melindungi

Di sisi lain, katanya, penting bahwa Anda memberi kesempatan anak Anda untuk sukses dalam situasi yang baru. "Bantu si kecil mengambil langkah-langkah lembut ke arah pencapaian dan prestasi. Misalnya dengan mengatakan, "Aku tahu itu sulit (atau Anda merasa tidak nyaman), tetapi Aku akan bersamamu. Mari kita coba saja."

# Pujian kecil sangat penting

Biarkan anak Anda tahu betapa bangganya Anda pada kemajuannya. "Setiap kesempatan yang ada, dan terutama ketika anak Anda di sebelah Anda, komentari keterampilan yang baru diperolehnya," kata Barack Levin, penulis The Diaper Chronicles: A Stay-at-Home Dad's Quest for Raising Great Kids.

# Utarakan cinta Anda

Cinta orang tua pada gilirannya akan membantu anak mereka mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri, kata Renee Mosiman, seorang terapis keluarga dan salah satu penulis buku The Smarter Preschooler: Unlocking Your Child's Intellectual Potential. . Mengetahui bahwa Anda sekitarnya untuk mengawasi dan mengulurkan tangan saat diperlukan akan membantu anak Anda merasa nyaman berada di sekitar orang lain. Jadi, sesekali memberi pelukan dan ciuman sah-sah saja.

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan