Ahad, 12 Mei 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Perguruan Tinggi Punya Ladang Pengabdian

Posted: 12 May 2013 12:42 AM PDT

NEWS KAMPUS

Minggu, 12 Mei 2013 14:42 wib

Bramantyo - Okezone

SOLO - Saat ini Indonesia tercatat memiliki 2.647 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Dengan jumlah dosen sebesar 270 ribu orang dan mahasiswa sebanyak 4.273.000 orang.

"Kumpulan kaum intelektual dalam jumlah yang besar ini merupakan kekuatan yang dahsyat untuk melakukan perubahan sosial di tengah-tengah masyarakat, termasuk dalam melakukan pendidikan politik serta mengawal pelaksanaan penyelengaraan pemilihan umum 2014," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik, saat Meeting Regional Forum Rektor Indonesia, di Universitas Sebelas Maret Surakarta, akhir pekan ini.

Menurut Husni, perguruan tinggi memiliki ladang pengabdian yang sangat luas. Wilayah politik dan demokrasi merupakan salah satu ladang pengabdian yang menunggu sentuhan tangan-tangan dingin perguruan tinggi. Sehingga kesadaran politik masyarakat terus meningkat.

"Kita masih ingat sejak 1999, perguruan tinggi membentuk jaringan pemantau pemilu secara massif di seluruh Indonesia untuk mencegah terjadi kecurangan saat pemungutan dan penghitungan suara," ujar Ketua KPU RI itu.

Kegiatan pemantauan, menurut Husni, cukup efektif mencegah terjadi transaksi dan manipulasi suara di semua tingkatan penyelenggaraan pemilu.

Kegiatan pemantauan dari Forum Rektor Indonesia masih terus berlangsung dari pemilu ke pemilu. Bahkan pada Pemilu 2009 lalu, Forum Rektor masih terlibat melakukan pemantauan bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum.

"Sebagai penjaga etika dan sistem nilai, peran-peran pengawasan dari perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mengawal proses demokrasi tidak tercederai. Ke depan tanggung jawab perguruan tinggi dalam mengawal proses demokrasi makin berat," ujarnya. (ade)

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Dua Tahun di Amerika, Chintya Hermawan Siap Comeback

Posted: 12 May 2013 12:38 AM PDT

Minggu, 12 Mei 2013 14:38 wib
Edi Hidayat - Okezone

JAKARTA - Aktris, foto model, dan bintang iklan Chintya Hermawan pernah membintangi beberapa judul sinetron, di antaranya Metropolis, Beningnya Cinta, Terajana, dan Adi & Ayah. Dia juga membintangi beberapa judul FTV.

Ibu dari Michael Sarkissian ini mengikuti sang suami tinggal di Amerika Serikat selama kurang lebih tujuh tahun bolak balik ke Negeri Paman Sam. Pada 2010 akhirnya memutuskan meninggalkan sementara dunia keartisannya untuk tinggal di Amerika.

Pemilik restoran Lesehan Gurame di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, ini sudah berniat ingin nongol lagi di layar kaca dengan mengambil peran FTV atau film layar lebar. Dia masih enggan menerima tawaran striping karena alasan tak punya banyak waktu.

"Aku kan harus urus keluarga juga," kata wanita kelahiran 11 Juni 1982 ini saat berbincang dengan media di Jakarta, belum lama ini.

Baginya cukup berat berkiprah di dunia akting setelah banyaknya talenta muda yang bermunculan. Cukup kontras saat dirinya berangkat ke Amerika tujuh tahun lalu.

"Aktor dan aktris di Indonesia banyak pendatang baru yang ganteng dan cantik-cantik. Mereka juga aktingnya bagus-bagus. Sekarang banyak sinetron atau FTV yang temanya anak-anak muda, jadinya cocok," katanya.

Chintya justru merasa tertantang setelah mendapat tawaran dari rekannya untuk jadi produser film layar lebar. Kesempatan ini juga bisa ia manfaatkan untuk sekalian terjun jadi pemerannya.

"Ini memang tantangan sangat berat ya, tapi rencana ini belum final," katanya.
Sementara, Chintya kini fokus mengurus bisnis restorannya bersama tantenya. Sama dengan dunia seni peran, persaingan restoran di Jakarta membuatnya harus all out menjaring pelanggan.

"Kita pasti juga punya target market sendiri-sendiri. Seperti waktu aku dan tanteku mau mendirikan, kita kan lihat juga kira-kira apa yang cocok untuk daerah sekitar Rawamangun, tempat restoranku berdiri, jadi jangan takutlah untuk mencoba, karena enggak akan tau seperti apa hasilnya kalo enggak pernah nyoba," ujarnya.

Selain berakting, dan bisnis restoran, artis berbintang Gemini ini juga sedang menekuni dunia menari dan menjadi Sahabat Gerakan Nasional Orangtua Asuh (GNOTA). Sahabat GNOTA terdiri dari para relawan dari berbagai latar belakang profesi untuk membantu dan mendukung program yayasan dengan keahlian mereka.

(tre)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan