Isnin, 31 Disember 2012

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Pakistan Bebaskan Sejumlah Tokoh Taliban

Posted: 01 Jan 2013 03:37 AM PST

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pakistan menyatakan telah membebaskan mantan Menteri Kehakiman Taliban, Mullah Noorudin Turabi serta tiga tahanan Taliban lainnya sepanjang pekan ini.

Pejabat di Afganistan sebelumnya telah melakukan pembicaraan dengan pejabat Pakistan mengupayakan pembebasan sejumlah tahanan dari kelompok Taliban untuk menekan tercapainya kemajuan dalam proses pembicaraan damai.

Langkah serupa pernah diambil oleh Pakistan pada bulan November lalu dengan membebaskan 13 tahanan yang merupakan anggota kelompok Taliban.

Meski demikian Pakistan sejauh ini belum menempatkan mantan orang nomor dua Taliban di Afganistan, Mullah Abdul Ghani Baradar ke dalam daftar nama orang yang akan mereka bebaskan.

Pakistan saat ini masih menahan puluhan anggota Taliban lainnya.

Pasukan NATO dijadwalkan akan segera menarik diri dari Afganistan pada akhir tahun 2014 dan pemerintah di Kabul berharap pembebasan sejumlah tokoh Taliban bisa membantu membawa kelompok militan ini ke dalam proses pembicaraan damai yang formal. 

Dorong Peletakan Senjata

Pejabat Pakistan kepada kantor berita Reuters dan AFP bahwa mereka telah melakukan sejumlah pelepasan tahanan Taliban selain Mullah Noorudin Turabi.

Hal serupa juga disampaikan pejabat Afganistan kepada wartawan BBC di Kabul, Bilal Sarwary.

Pejabat itu mengatakan tiga nama tokoh Taliban lain yang dibebaskan oleh Pakistan adalah:

1. Mullah Abdul, mantan Gubernur era pemerintahan Taliban

2. Mullah Allahdad,mantan wakil Menteri Komunikasi

3. Mullah Azzam, mantan pengawal pemimpin Taliban Mullah Omar

Wartawan BBC, Billal Sarwary mengatakan pemerintah berharap pembebasan Mullah Turabi akan mampu mendorong komandan lapangan Taliban meletakan senjata mereka dan memberikan pemahaman yang sama kepada para pemimpin senior Taliban.

Mullah Turrabi sebelumnya ditangkap di Bandar Udara Karachi tujuh tahun lalu dan saat ini kondisi kesehatannya telah jauh menurun.

Seorang pejabat senior Afganistan mengatakan kepada BBC bahwa Mullah Turabi dibebaskan Pakistan pada hari Kamis (27/12/2012) lalu.

 

Kim Jong-Un: Kurangi Ketegangan dengan Selatan

Posted: 01 Jan 2013 03:01 AM PST

Korea Utara

Kim Jong-Un: Kurangi Ketegangan dengan Selatan

Selasa, 1 Januari 2013 | 11:01 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un, Selasa (1/1/2013), menyerukan untuk mengurangi ketegangan dengan Korea Selatan. Selain itu, Kim Jong-Un juga menyerukan perubahan radikal dalam pengelolaan perekonomian negara.

"Sebuah isu penting untuk mengakhiri pemisahan negara dan mencapai reunifikasi adalah dengan menghilangkan konfrontasi antara Utara dan Selatan," kata Kim dalam pesan tahun barunya.

"Catatan masa lalu terkait hubungan antar-Korea menunjukkan bahwa perselisihan di antara saudara sebangsa tak menghasilkan apapun kecuali peperangan," tambah dia.

Pesan ini keluar hanya beberapa pekan setelah Park Geun-hye terpilih menjadi Presiden Korea Selatan. Pernyatan Kim Jong-Un ini juga muncul hampir bersamaan dengan rencana Dewan Keamanan PBB untuk menghukum Korea Utara pasca-peluncuran roket jarak jauh belum lama ini.

Pidato yang ditayangkan langsung televisi pemerintah Korea Utara ini adalah yang pertama sejak teakhir kali dilakukan bapak bangsa Korea Utara, Kim Il-Sung pada 1994 tak lama sebelum dia meninggal dunia.

Kim Jong-Un, yang mengambil kendali negara setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada 17 Desember 2011 lalu, juga mengatakan bahwa 2013 adalah tahun "penciptaan hebat dan saat melakukan perubahan radikal".

"Mari kita mengubah haluan demi membangun sebuah perekonomian raksasa dengan semangat yang sama seperti kita perlihatkan saat menaklukkan luar angkasa! Ini adalah slogan perjuangan partai dan rakyat yang harus kita laksanakan tahun ini," Kim Jong-Un menegaskan.

 

Tiada ulasan:

Catat Ulasan