Khamis, 12 April 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Wapres tinjau lokasi gempa di Aceh

Posted: 12 Apr 2012 07:14 PM PDT

Medan (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono bersama sejumlah menteri tiba di Banda Aceh untuk meninjau lokasi yang rusak akibat gempa.

"Agenda di Aceh hanya satu, Pak Wapres akan bertemu dengan Gubernur, serta seluruh pejabat yang bertanggung jawab menangani penanggulangan bencana," kata Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat saat dihubungi dari Medan, Jumat.

Wapres dan rombongan berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat TNI AU Jumat pagi dan langsung menuju Banda Aceh.

Yopie mengatakan, Wapres bersyukur gempa yang terjadi Rabu (11/3) tidak menimbulkan banyak korban serta kerusakan.

Di Medan, Sumatra Utara, Wapres akan meninjau proyek pembangunan Bandar Udara di Kuala Namu yang direncanakan menggantikan Bandara Polonia.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

BMKG : badai tropis berpotensi ganggu Indonesia

Posted: 12 Apr 2012 06:52 PM PDT

BMKG (FOTO ANTARA/M Agung Rajasa)

Berita Terkait

Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada April 2012, sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami gangguan cuaca yang merupakan dampak dari kemunculan badai tropis di sejumlah kawasan.

"Gangguan aktif yang disebabkan munculnya daerah tekanan rendah tersebut berpotensi terjadi di sejumlah wilayah seperti di Samudra Hindia tepatnya sebelah Barat Sumatra, Laut Cina Selatan, Samudra Pasifik yang berada di Utara Papua serta Samudra Hindia yang berlokasi tepat di bagian Selatan Pulau Jawa," kata analis BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru Warih Budi Lestari di Pekanbaru, Jumat.

Dia memprakirakan, hingga akhir April 2012 mendatang bentukan daerah tekanan rendah sebagai penyebab munculnya badai tropis mulai sering aktif terjadi di belahan bumi bagian Selatan dan belahan bumi bagian Utara.

Secara umum, demikain Warih, gangguan tersebut cukup memberi dampak terhadap sebagian wilayan Tanah Air termasuk Riau, dimana pola angin di permukaan laut mengarah ke Barat, sehingga berpeluang memunculkan cuaca buruk di kawasan perairan dan daratan.

Secara umum, katanya, prediksi indeks atau anomali suhu muka laut diprediksi berharga negatif atau menyatakan kondisi La Lina lemah hingga sedang.

Dengan demikian, katanya, kondisi suhu perairan Indonesia akan lebih cenderung hangat dan normal. Namun untuk indeks Dipole Mode (DM), juga diperkirakan dalam beberapa bulan kedepan akan berada pada kondisi normal yang tidak signifikan dalam penambahan atau pengurangan curah hujan, khususnya untuk Indonesia bagian Barat.

"Kondisi ini yang kemudian memberikan dampak pada April 2012, diprediksikan curah hujan di sebagian besar wilayah Tanah Air akan berkisar pada normalnya. Namun bisa mengarah pada curah atas normal bila gangguan mulai terjadi," katanya.

Kondisi demikian menurut Warih, sebaiknya juga diwaspadai oleh masyarakat, khususnya para nelayan yang kerap mencari ikan di tengah laut dengan menggunakan perahu tradisional berukuran kecil.

"Jika muncul cuaca buruk, maka potensi gelombang tinggi akan jauh lebih besar. Untuk itu, tetap siaga guna terhindar dari berbagai hal yang tak diinginkan," katanya. (FZR)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan