Rabu, 26 September 2012

Republika Online

Republika Online


Wenger Minta Walcott Sabar

Posted: 26 Sep 2012 11:12 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON - Manajer Arsenal, Arsene Wenger meminta kepada Theo Walcott agar bersikap lebih sabar. Walcott menginginkan agar ia diturunkan sebagai striker, bukan pemain sayap.

Walcott tidak ingin menepuk dada. Paling tidak, Wenger telah melihat sendiri kesungguhan Walcott dalam sejumlah laga. Walcott menyumbang dua gol ketika Arsenal melumat Coventry City dengan 6-1 pada pertandingan putaran ketiga Piala Liga, di Emirates, Rabu (26/9).

Selama beberapa tahun belakangan ini, Wenger mendaulat Walcott agar menempati posisi sebagai pemain sayap. Ketika ia didatangkan dari Southampton pada 2006, pemain berusia 23 tahun itu dijanjikan posisi sebagai striker.

Durasi kontrak Walcott di kubu Emirates sisa enam bulan. Walcott lantas menolak kontrak baru berdurasi lima tahun dan tawaran gaji senilai 75 ribu poundsterling.

Wenger tidak ingin terkena "amnesia". Pelatih asal Prancis senantiasa ingat bahwa ia pernah melontarkan janji untuk menurunkan Walcott sebagai striker.

Musim kompetisi ini, Walcott baru tampil dalam empat laga membela Arsenal. Memang, Wenger tidak begitu ingin terkena amnesia dengan krisis gelar yang menerpa Arsenal.

Di bawah Wenger, The Gunners tidak pernah lagi meraih gelar Piala Liga Inggris. Arsenal hanya dua kali lolos ke final, yakni pada 2007 dan 2011.

"Saya tidak menentang usulan dia, karena kami sedang menghadapi kompetisi besar di depan mata. Kami punya formula berbeda dan penampilan tim selama ini oke saja," kata Wenger sebagaimana dikutip dari SkySports.

"Waktunya akan tiba, karena itu saya minta dia agar lebih bersabar. Ia memang tampil sebagai striker yang tajam. Penampilannya sebagai pemain depan terlihat luar biasa," katanya juga. "Kami ingin ia tetap berada di sini, saya senantiasa mengulangi perkataan itu. Kami semua profesional, dan senantiasa ingin agar selalu berkata dan bertindak profesional," kata Wenger.

Divonis Tiga Tahun Penjara, Miranda Banding

Posted: 26 Sep 2012 11:11 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Vonis tiga tahun penjara telah dijatuhkan hakim Pengadilan Tipikor terhadap terdakwa kasus suap Miranda Swaray Goeltom. Mantan Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) yang terbukti menyuap sejumlah anggota Komisi IX DPR periode 1999-2004 terkait pemilihannya itu, juga didenda Rp 100 juta.

Atas vonis tersebut, Miranda mengatakan akan langsung mengajukan banding. "Saya kaget, saya tidak menyangka. Saya tidak berbuat apa-apa, Tuhan tahu saya tidak berbuat apa-apa karena itu saya akan naik banding," kata Miranda dalam sidang, di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (27/9). Sedangkan JPU yang dipimpin oleh jaksa Supardi mengatakan pikiri-pikir.

Miranda oleh JPU didakwa melanggar pasal 5 huruf (1) huruf b Undang-undag No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo pasal 55 ayat (1) KUHP.

Ia didakwa memberikan 480 TC senilai Rp 24 miliar kepada sejumlah anggota Komisi IX DPR yang diberikan oleh pegawai Nunun Nurbaeti, Arie Malangjudo kepada perwakilan fraksi-fraksi yaitu Udju Djuhaerie (Fraksi TNI/Polri), Endin Aj Soefihara (fraksi PPP), Hamka Yandhu (fraksi Golkar), dan Dhudie Makmun Murod (fraksi PDI-Perjuangan) pada Juni 2004.

Cek pelawat dengan nilai per lembar Rp 50 juta tersebut dibagikan oleh Nunun Nurbaeti melalui anak buahnya Arie Malangjudo kepada fraksi TNI/Polri melalui anggota DPR Udju Djuhaerie sebesar Rp 2 miliar, fraksi PPP melalui sebesar Rp 1,25 miliar, fraksi Partai Golkar melalui Hamka Yandhu sebesar Rp 7,8 miliar dan fraksi PDI-P melalui Dhudie Makmun Murod sebesar Rp 9,8 miliar.

Pemberian tersebut diberikan berdasarkan pertemuan di rumah Nunun yang mempertemukan Miranda dengan Endin, Hamka dan Paskah Suzetta dengan maksud agar fraksi Golkar mendukung Miranda dalam 'fit and proper test' calon DGSBI, saat itu Nunun mendengar ada yang mengucapkan

kepada Miranda bahwa hal tersebut 'bukan proyek thank you', maksudnya untuk memberi imbalan kepada anggota DPR yang meilih Miranda. Nunun sendiri sudah diputus bersalah dengan vonis penjara 2,5 tahun dan anggota Komisi IX saat itu juga telah dihukum penjara dengan antara 1-2,5 tahun.

Cek perjalanan Bank Internasional Indonesia (BII) tersebut diketahui dikeluarkan untuk Bank Artha Graha (BAG) atas permintaan PT First Mujur Plantation and Industry (FMPI) untuk pembelian kebun sawit seluas 5.000 hektare dari seorang pengusaha bernama Ferry Yen atau Suhardi Suparman.

Ferry mendapat cek senilai Rp 24 miliar tersebut sebagai pembayaran pembelian lahan sawit dari Direktur Utama PT FMPI Hidayat Lukman alias Tedy Uban tapi pada Februari 2004 Ferry membatalkan transaksi pembelian tersebut dan akan membayar uang yang sudah dibayarkan secara mencicil.

Sayangnya sebelum kasus ini terkuak pada 2008, Ferry telah meninggal pada 2007 sehingga sumber dana cek pelawat itu pun tidak diketahui karena Nunun juga membantah bahwa ia memerintahkan Arie untuk memberikan cek terseut kepada para anggota DPR.

Hidayat Lukman yang sedang sakit dan dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth Singapura dalam pernyataan tertulis yang sudah disumpah pada sidang itu mengungkapkan bahwa ia tidak mengenai Miranda, tidak mengetahui hubungan Ferry dengan Nunun atau Miranda.

Republika Online

Republika Online


Oktober, Toyota Produksi Limo Berbasis BBG

Posted: 26 Sep 2012 10:42 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika tidak ada aral melintang, pada Oktober mendatang PT Toyota Astra Motor (TAM) akan mulai memproduksi dan memasok sedan Limo berbasis bahan bakar gas (BBG) untuk taksi

"Kami memulai dengan Toyota Limo untuk taksi. Mulai Oktober 'valve seating' (dudukan katup) sudah diganti, sehingga Limo baru siap menggunakan BBG," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto pada ANTARA, di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) ke-20, di Jakarta, Kamis (27/9).

Valve seating tersebut, Joko menjelaskan, akan diganti materialnya agar tidak mudah aus ketika mobil menggunakan BBG. Produksi Limo tersebut dimulai Oktober, untuk mengantisipasi penerapan penggunaan BBG untuk transportasi publik terutama di DKI Jakarta, yang rencananya mulai diterapkan Oktober tahun ini.

"Peraturan Daerah DKI Jakarta rencananya menerapkan wajib penggunaan BBG untuk transportasi publik Oktober ini," katanya.

Setiap tahun, lanjut dia, permintaan Toyota Limo untuk taksi mencapai sekitar 12 ribu -13 ribu, namun kemampuan pasok TAM hanya sekitar 8.000 sampai 9.000 unit. "Itu terkait pasokan Limo dari Thailand yang saat ini makin berkurang, karena Thailand sedang mendorong penjualan mobil di negerinya dengan memberikan insentif, pascabanjir yang melanda negeri itu," ujar Joko.

Ia menegaskan industri otomotif termasuk Toyota siap mendukung program pemerintah mendorong penggunaan BBG bagi kendaraan roda empat baik untuk pribadi maupun transportasi publik. "Penggunaaan BBG untuk mobil itu teknologi lama, industri otomotif siap untuk melakukan hal itu. Yang penting infrastruktur stasiun pengisian BBG-nya juga siap," kata Joko.

Amien Rais: Mahasiswa Contohlah Mahatir dan Ahmadinejad

Posted: 26 Sep 2012 10:41 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA-- Mantan ketua MPR RI Amien Rais meminta mahasiswa untuk lebih berjiwa pemberani. Amien berharap mahasiswa Indonesia bisa mencontoh tokoh-tokoh bangsa yang berani.

"Lihatlah Bung Karno, Bung Hatta, Mahatir Mohammad dan Mahmoud Ahmadinejad mereka tokoh-tokoh bangsa yang berani," ujar Amien dalam Kuliah Umum mahasiswa baru program studi Teknik Lingklungan FTSP Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Kamis (27/9).

Mahasiswa juga harus memupuk nasionalismenya demi kemerdekaan Indonesia yang sudah diraih. Walaupun kemerdekaan telah diraih dan kedaulatan telah didapatkan, saat ini, Indonesia tetap masih dijajah bangsa lain. Meski formatnya yang berbeda namun menghasilkan masalah yang sama yaitu hilangnya kedaulatan ekonomi. 

"Ini dibuktikan dari bangsa ini yang tetap tergantung dan menggantungkan diri pada kekuatan asing," katanya.

Masalah tersebut tidak hanya dapat membuat melemahnya kekuatan ekonomi bangsa Indonesia. "Namun secara tidak langsung mempengaruhi melemahnya kedaulatan politik, diplomatik, pertahanan, dan militer Indonesia," tukasnya.

Republika Online

Republika Online


Dongkrak Daya Ingat? Yuk 'Sruput' Teh Hijau

Posted: 26 Sep 2012 04:03 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, CHONQING--Satu lagi khasiat teh hijau yang diungkap dalam studi terbaru dan menambah khazanah manfaat minuman itu dalam dunia kesehatan. Memang, teh hijau sudah dikenal lama mulai dari memuluskan kulit, mengandung antioksidan tinggi dan penolak racun hingga mengatasi gangguan jantung.

Lantas apa temuan terbaru itu? Berdasar penelitian di Cina, teh hijau ternyata bermanfaat pula menambah daya ingat. "Muncul temuan bahwa senyawa kimia yang terkandung dalam teh hijau dapat memengaruhi mekanisme sel-sel di otak," kata ketua tim periset, Yun Bai, guru besar dari Third Military Medical University, Chonqing, Cina, seperti dikutip oleh Daily Mail. Senyawa itu, menurut Bin, adalah epigallocatechin gallate (EGCG).

ECGC ini ternyata mampu menstimulus regenerasi sel-sel syaraf yang berujung pada peningkatkan fungsi kognitif. Dalam studi mereka, peneliti menggunakan dua kelompok tikus percobaan. Satu kelompok diberi ekstrak teh hijau sementara kelompok lain diberi ekstrak teh palsu.

Tikus-tikus dalam kedua kelompok tadi dilepas dan dilatih atau dipandu mencari jalan keluar dari labirin. Lalu tujuh hari kemudian mereka dilepas dan dibiarkan mencari sendiri jalan keluar dari labirin. Hasilnya, kelompok tikus yang diberik ekstrak teh hijau asli mampu menemukan jalan keluar mereka sendiri.

"EGCG bisa membantu menambah kemampuan belajar dan daya dengan mempertajam kemampuan mengenali obyek dan daya ingat spesial," ujar Bin.

Indonesia Berkebunlah! (2-habis)

Posted: 26 Sep 2012 03:51 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Semakin banyak warga perkotaan yang bertanam, akan memberi dampak positif bagi lingkungan. Itulah yang diyakini Sigit. Selain itu, juga memberi manfaat bagi banyak segi.

"Dengan diajak berkebun, warga kota akan memiliki ruang publik baru," kata dia. Mengelola kebun secara bersama, katanya, akan mempererat persatuan warga. Kebun dikelola bersama dan hasilnya pun dinikmati bersama.

"Mereka mendapatkan sayur langsung dari kebunnya, tanpa perlu menggunakan transportasi yang akan menimbulkan banyak jejak karbon di bumi kita," katanya.

Menurut Sigit, beberapa kegiatan di komunitas Jakarta, kini sidah berjalan. Ia menceritakan kegiatan yang dilakukan warga Pesanggrahan Mas dan di kawasan Kelapa Gading. Kehadiran penggiat Indonesia Berkebun di dua wilayah ini, hanya pada saat memberi pembekalan saja. "Selanjutnya, mereka jalan sendiri. Sudah beberapa kali mereka melakukan panen raya," katanya.

Kendala di Jakarta, katanya, adalah menemukan lahan yang luas untuk dijadikan kebun bersama. Selain itu, tak semua pemilik lahan menganggur memberi izin bagi kegiatan bertanam karena beragam alasan.

Beda dengan di kota lain. Ia mencontohkan Solo. Pemda Solo pada saat Joko Widodo masih menjadi walikota aktif, katanya, turut aktif membantu mencarikan lahan bagi kegiatan Solo Berkebun. "Mereka memiliki 12 hektare lahan yang dikelola secara mandiri untuk bertani oleh komunitas setempat," katanya. Begitu juga di Surabaya dan Pontianak.

Menurut Sigit, banyak manfaat bertanam. Selain menyediakan pangan yang sehat, juga turut melestarikan lingkungan.

Bertanam, katanya, bukan pekerjaan yang rumit dan butuh keahlian khusus. Siapapun, katanya, bisa menekuninya asal ada kemauan. Ia mencontohkan, banyak anggota Indonesia Berkebun yang kemudian memutuskan untuk bertani sebagai bentuk pasive income mereka. "Hasilnya lumayan," katanya.

Bagi mereka yang ingin mempelajari cara berkebun, melalui Akademi Berkebun para aktivis Indonesia Berkebun akan memberikan bimbingan. Tak hanya itu, benih pun bisa diperoleh dengan cuma-cuma. "Mereka bisa bertanam dengan media apa saja, di lahan yang sangat terbatas sekalipun," katanya.

Hingga kini, jumlah anggota Indonesia Berkebun berjumlah ribuan, tersebar di berbagai kota di Indonesia. Akun Twitter mereka diikuti oleh sekitar 10.435 orang. Sebanyak 25 organisasi nirlaba yang sama-sama menyerukan semangan ber-urban farming kini berafiliasi dengan mereka.

Tak heran, aktivitas mereka diapresiasi banyak pihak. Tahun lalu, mereka diganjar apresiasi Web Heroes dari Google untuk partisipasinya memanfaatkan Internet bagi kemaslahatan bersama.

KOMPASentertainment

KOMPASentertainment


Jupe Simpan Batik Berbenang Emas

Posted: 26 Sep 2012 08:50 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Julia Perez alias Jupe mengaku memiliki beberapa busana batik yang unik. Salah satunya, pakaian batik berbenang emas.

"Batik mahal aku punya seharga puluhan juta. Itu bagus banget, (motifnya) ada jalan ceritanya, ada benang emasnya. Belinya di Solo," cerita artis peran ini dalam wawancara di Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Jupe mengaku merawat dan menyimpan busana tersebut dengan hati-hati. "Ya, disimpan di box, selalu dry clean. Jaganya harus hati-hati," ucap Jupe, yang ingin bisa membeli pakaian batik sebernilai itu lagi.

Penyanyi "Moon River" Tutup Usia

Posted: 26 Sep 2012 08:19 PM PDT

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Amerika Serikat kembali kehilangan musisi terbaiknya. Andy Williams, penyanyi legendaris dengan single hits-nya "Moon River" meninggal dunia pada Selasa (25/9/2012) di usia 84 tahun.

Penyanyi dengan suara berat merayu yang juga mempopulerkan lagu seperti  "(Where Do I Begin) Love Story," "Butterfly" dan lagu-lagu ikonik lainnya, menghembuskan napas terakhir di rumahnya di Branson, Missouri.

Williams, yang dikenal karena rintihan lembut, mata cerah dan kedip giginya, meninggal setelah berusaha melawan kanker kandung kemih yang dideritanya sejak setahun lalu, kata teman-teman keluarganya seperti dikutip The Los Angeles Times.
    
Penyanyi, yang terkenal sebagai artis rekaman pencetak hit, pemenang Emmy, host TV dan penyanyi panggung, menghabiskan sebagian besar hidupnya di usia senja di Branson. Di kota inilah ia secara teratur tampil di Andy Williams  Moon River Theater miliknya, satu panggung seni senilai 12 juta dollar yang ia buka pada Mei 1992.
    
Awal tahun ini, seorang juru bicaranya mengatakan bahwa ia memiliki "semangat  yang baik dan semakin kuat setiap hari" setelah pengobatan kankernya.
    
Pria bersuara berat dan merdu ini bahkan membuat rencana untuk kembali ke panggung pada September. Tahun ini adalah tahun ke-75 bagi karier Williams dalam bisnis pertunjukan.
    
Lahir di Wall Lake, Iowa pada 3 Desember 1927, Williams menjadi terkenal dari awal Midwest sederhana di awal tahun 1950-an.
    
Setelah berpisah dengan tiga abangnya, Williams mengarungi sebagai penyanyi solo dan menjadi terkenal dengan "Canadian Sunset," "Butterfly" dan lain-lain.
    
Williams paling dikenal untuk lagunya "Moon River" pada  Academy Awards tahun 1962, di mana ia memenangkan untuk Best Original Song.    
    
Meskipun lagu itu, sepotong dari film Breakfast at Tiffany pada tahun 1961  yang ditulis oleh Johnny Mercer dan disusun oleh Henry Mancini, pada awalnya dilakukan oleh Audrey Hepburn, tetapi kemudian menjadi lagu khas bagi Williams.
    

Penyanyi ini merekamnya untuk album terlaris dan ditampilkan di acara televisi yang sukses The Andy Williams Show, yang berlangsung 1962-1971.
    
Lagu populer  tahun terakhirnya termasuk "Can't Get Used to Losing You,"  "Charade," "Music to Watch Girls By" dan "(Where Do I Begin)  Love Story."
    
Williams menerima dua nominasi Emmy, sedangkan acara yang dia selenggarakan mengumpulkan tiga Emmy. 

Utusan Online - Luar Negara

Utusan Online - Luar Negara


Barat mengunakan nuklear untuk menakut-nakutkan

Posted: 26 Sep 2012 12:27 PM PDT

[unable to retrieve full-text content]WASHINGTON 27 Sept. - Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad semalam menuduh kuasa nuklear Barat `cuba menakut-nakutkan?, dalam ucapannya pada Perhimpunan Agung Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) yang diboikot...

Ekstradisi Abu Hamza ke AS dihentikan

Posted: 26 Sep 2012 12:27 PM PDT

[unable to retrieve full-text content]LONDON 27 Sept. - Hakim Mahkamah Tinggi Britain semalam menghentikan ekstradisi Abu Hamza ke Amerika Syarikat (AS) setelah ulama Islam itu mengemukakan rayuan pada saat-saat akhir. Hakim mengeluarkan `injunksi...

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Tim Calgub Kalbar tuntut Pilkada ulang

Posted: 26 Sep 2012 05:18 PM PDT

Pontianak (ANTARA News) - Tim Pemenangan Calon Gubernur Kalimantan Barat Morkes-Burhan menuntut Pilkada ulang karena salah satu peserta yaitu Armyn Ali Anyang, masih berstatus TNI aktif.

Ketua Tim Adang Gunawan di Pontianak, Kamis mengatakan, Armyn diketahui masih aktif seiring terbitnya Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI No. Kep/639/IX/2012 tanggal 24 September 2012 tentang mutasi jabatan 85 Perwira TNI di lingkungan TNI.

"Salah satunya ada nama Armyn Ali Anyang yang dimutasikan sebagai Pati Mabes TNI AD. Ini membuktikan bahwa ternyata Armyn sampai tanggal 24 September masih status TNI aktif," ujar dia.

Sedangkan berdasarkan UU tentang TNI, melarang prajurit berpolitik praktis, serta tidak boleh dipilih dan memilih.

Ia menambahkan, keputusan itu maka Pilkada Kalbar cacat hukum dan harus diulang. Ia melanjutkan, dengan kondisi itu, siapapun yang menang, termasuk Morkes-Burhan adalah sia-sia.

Sedangkan mengenai klaim salah satu kandidat telah menang, ia menilai itu hak mereka. Namun, lanjut dia, yang berhak mengklaim siapa yang menang adalah menunggu hasil pleno KPUD Provinsi Kalbar.

Ada empat calon yang maju di Pilgub Kalbar 2012. Secara berurutan, Cornelis - Christiandy Sanjaya, Armyn Ali Anyang - Fathan AR, Morkes Effendi - Burhanuddin AR, Abang Tambul Husin - Barnabas Simin.

Tim Cornelis - Christiandy menyatakan mereka menang 52,13 persen dengan sumber hasil rapat pleno KPU se-Kalbar. Sedangkan posisi kedua, Morkes - Effendi dengan 591.081 suara, Armyn - Fathan 361.744 suara, Tambul - Barnabas 172.016 suara.

Ketua KPU Provinsi Kalbar, AR Muzammil saat pengumuman nama calon peserta Pilgub Kalbar menyatakan, telah mempertanyakan mengenai status Armyn Ali Anyang yang berpangkat Mayjen TNI. Surat diajukan KPU Provinsi ke Panglima TNI dan dibalas secara resmi.

Intinya, Armyn Ali Anyang memang telah mengajukan permohonan untuk pensiun dini.

"Dan permohonan itu disetujui dan sedang diproses," ujar Muzammil mengutip jawaban Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono.

KPU mengacu UU Nomor 32 tahun 2004 bahwa partai politik atau gabungan partai politik pada saat mendaftarkan pasangan calon, wajib menyerahkan surat pernyataan mengundurkan diri bagi calon yang berasal dari PNS, TNI, dan anggota Kepolisian RI.

Sementara mengenai keputusan pensiun itu sendiri sudah diluar ranah dan kewenangan KPU.

(T011/M019)

Pasar kerajinan XT-Square Yogyakarta diharapkan beroperasi akhir tahun

Posted: 26 Sep 2012 05:11 PM PDT

Pada saat libur panjang seperti akhir tahun, jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta biasanya mengalami peningkatan. Ini akan menjadi momentum yang baik,"

Berita Terkait

Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Yogyakarta menegaskan operasional pasar seni dan kerajinan Yogyakarta XT-Square hanya akan dilakukan saat sudah ada landasan hukum yang jelas.

"Peraturan Daerah mengenai BUMD yang akan mengelola sudah ada, tetapi mengenai pelepasan aset dan penyertaan modalnya belum ada kesepakatan. Karenanya, XT-Square belum bisa dioperasionalkan," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, Pemerintah Kota Yogyakarta akan terus berkoordinasi dengan DPRD setempat agar pembahasan tersebut bisa dilakukan lebih cepat karena sudah banyak masyarakat yang menunggu dioperasionalkannya pasar seni dan kerajinan itu.

Ia berharap, operasional XT-Square bisa dilakukan pada akhir tahun karena adanya momentum libur panjang. "Pada saat libur panjang seperti akhir tahun, jumlah wisatawan yang datang ke Yogyakarta biasanya mengalami peningkatan. Ini akan menjadi momentum yang baik," katanya.

Saat ini, lanjut Haryadi, jajaran manajemen XT-Square sudah terbentuk, sehingga saat DPRD Kota Yogyakarta memiliki keputusan terkait pelepasan aset dan penyertaan modal, maka manajemen harus segera bekerja.

"Kalau sudah ada dasar hukum yang jelas, maka manajemen bisa bekerja meskipun nantinya belum semua toko bisa buka secara maksimal," katanya.

Pembahasan mengenai pelapasan aset dan penyertaan modal untuk BUMD Jogjatama Vishesha yang akan mengelola XT-Square terhenti karena adanya perbedaan pendapat di lembaga legislatif.

Perusahaan Daerah Jogjatama Vishesha rencananya akan menerima modal sebesar Rp3 miliar untuk operasional XT-Square selain menerima aset berupa tanah dan bangunan senilai Rp116 miliar.

Di antaranya anggota dewan terjadi perbedaan pendapat, yaitu setuju atau tidak setuju dengan pelepasan aset dan pemberian modal yang cukup banyak tersebut.

Sementara itu, mengenai rencana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan DIY untuk memeriksa lanjutan proyek XT-Square, Haryadi mengatakan mempersilahkannya.

"Secara resmi, belum ada surat dari BPK terkait hal itu. Tetapi, silahkan saja jika akan melakukan pemeriksaan. Kami sudah menjalankan tata kelola pemerintahan dengan baik," katanya.

Pada April, Kejaksaan Negeri Kota Yogyakarta sempat melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang terkait pembangunan XT-Square karena adanya dugaan penyimpangan dana sebesar Rp2,4 miliar akibat kelebihan pembayaran.

(E013/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Kucing Peliharaan Selamatkan Nyawa Majikan

Posted: 26 Sep 2012 07:02 AM PDT

OHIO - Siapa menduga bahwa seekor kucing dapat menyelamatkan nyawa majikannya? Namun hal ini dialami oleh pasangan suami istri Rod dan Michelle Ramsey dari Johnsville, Ohio, Amerika Serikat (AS).

Pasangan suami istri itu mengatakan bahwa kucing peliharaan mereka, Tiger, berhasil menyelamatkan hidup mereka menyusul insiden kebocoran tabung gas yang berisi karbon monoksida yang beracun.

Rod dan Michelle ini mengaku sudah sepekan terakhir keduanya susah tidur akibat menderita sakit kepala yang tidak biasa terjadi. Namun ketika keduanya mencoba memejamkan mata Tiger tidak mengizinkannya. Kucing itu justru mengganggu Michelle seolah berusaha membawanya keluar rumah.

"Tiger ada dirumah pada saat itu. Ia bersuara sangat keras dan mulai bertingkah gila, memaksaku untuk membawanya bermain keluar rumah," ujar Michelle seperti diberitakan Jurnal the Mansfield (Ohio) dan dikutip United Press International (UPI), Rabu (26/9/2012).

Michelle yang mulai tidak tahan dengan tingkah Tiger memilih untuk menelepon dokter hewan, menceritakan perilaku kucing peliharaannya. Namun ketika mendengar penjelasan Michelle, sang dokter hewan langsung meminta mereka untuk memeriksa apakah telah terjadi kebocoran gas.

"Dokter itu meminta kami untuk segera keluar rumah," imbuh Michelle.

Tanpa banyak waktu Michelle langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran memeriksa kondisi rumah mereka.

"Kami pikir kami keracunan makanan akibat spaghetti yang kami makan pekan lalu. Namun ternyata kami keracunan gas karena kebocoran tabung. Petugas medis saja bingung menyaksikan kami masih bertahan hidup," ungkap Michelle.

Untuk memeriksa kondisi kesehatan mereka, pasangan ini mendapat perawatan di The Ohio State University Medical Center.

"Semua kucing memang menarik perhatian namun Tiger lebih dari yang lain," tambah Michelle.(rhs)

Presiden Argentina Usung Sengketa Falkland di PBB

Posted: 26 Sep 2012 05:02 AM PDT

WASHINGTON - Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner mengusung kisruh kepemilikan Kepulauan Falkland dalam pidatonya di hadapan sidang Majelis Umum PBB. Fernandez menyebut sengketa Falklands yang melibatkan Argentina dan Inggris adalah isu global.

"Tahun 2013 mendatang, tepat 180 tahun Inggris secara ilegal merebut Kepulauan Malvinas. Kami tegaskan ini bukan hanya masalah bilateral antara Inggris dan Argentina namun ini telah menjadi isu global," tegas Fernandez seperti dikutip Telegraph, Rabu (26/9/2012).

"Ada banyak resolusi yang mendesak Inggris untuk duduk bersama, menyelesaikan persoalan ini dengan Argentina. Namun mereka (Inggris) selalu menolak padahal kami hanya menginginkan agar Resolusi PBB tersebut dijalankan," imbuhnya.

Sebelumnya di hadapan Komite Dekolonisasi PBB pada Juni lalu, Presiden Fernandez telah mengajukan seruan yang sama, mendesak Inggris untuk membahas masa depan kepulauan tersebut secara bersama-sama. Namun Perdana Menteri Inggris David Cameron bersikeras tidak akan pernah ada negosiasi terkait sengketa ini.

Inggris telah berulang kali menolak ajakan Argentina untuk membahas kedaulatan kepulauan yang menjadi sengketa tersebut. Bagi Inggris, Falkland adalah bagian dari teritorinya yang dikelola secara independen dan bertanggung jawab atas masa depan mereka sendiri.

Otoritas Falkland telah mengumumkan akan melakukan referendum terkait dengan status politik wilayah tersebut pada awal 2013 mendatang.

Referendum itu nantinya diharapkan dapat mengakhiri sengketa kedaulatan dengan Argentina mengingat sebagian besar warga Falkland memilih bergabung dengan Inggris.

Sengketa Pulau Falkland yang terjadi antara Inggris dan Argentina diketahui sudah berlangsung sejak 1982 silam. Argentina menyebut pulau tersebut dengan nama Malvinas dan mengklaim pulau itu adalah warisan dari koloni Spanyol. Peperangan pun sempat terjadi antara kedua negara tersebut pada 1982. Perang menyebabkan 900 orang tewas dan 11 ribu pasukan Argentina ditahan.(rhs)

Berita Harian: Dunia

Berita Harian: Dunia


Iran buat Israel bengang

Posted: 25 Sep 2012 01:18 PM PDT

Duta keluar dewan PBB selepas Tel Aviv digelar negara palsu

New York: Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad menyifatkan Israel sebagai negara palsu yang dilindungi Amerika Syarikat menyebabkan duta Israel ke Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB) keluar dari dewan badan dunia itu kelmarin ketika ahlinya membincangkan tema kepatuhan kepada undang-undang.

Ahmadinejad juga menuduh Amerika Syarikat dan beberapa kerajaan lain menyalahguna kebebasan bersuara dan gagal mengecam fitnah terhadap kepercayaan orang lain dan nabi, merujuk kepada pengedaran video murahan dihasilkan di Amerika menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW.

Mereka yang tidak mengendahkan ucapan penuh kebencian beliau hari ini perlu bertanggungjawab atas tindakannya esok" - Ron Prosor, Duta Israel

Delegasi Amerika tidak meninggalkan mesyuarat seperti yang dilakukan sebelum ini apabila Iran menyerang Israel secara langsung.

Kutuk pencerobohan

Pemimpin Iran itu yang mendesak kemusnahan Israel turut mengutuk pencerobohan rejim Zionis itu di wilayah Palestin dan penggunaan kuasa veto oleh Amerika dalam Majlis Keselamatan untuk menyokong sekutunya.

Beliau menggesa semua negara meletakkan tanggungjawab ke atas penceroboh dan menuntut wilayah yang diceroboh dipulangkan kepada pemilik yang sebenar.
Ahmadinejad menyalahkan kuasa veto Amerika, China, Russia, Britain dan Perancis atas kegagalan Majlis Keselamatan memastikan keamanan di dunia, dan menggesa perubahan dalam peraturan supaya memihak kepada negara yang mahukan keadilan.

Ketika Ahmadinejad memberi ucapan kepada pemimpin dan menteri lebih 100 negara, Duta Israel, Ron Prosor, keluar daripada dewan Perhimpunan Agung itu.

"Ahmadinejad menunjukkan sekali lagi beliau bukan saja mengancam masa depan penduduk Yahudi, beliau mahu memadamkan masa lalu kami. Tiga ribu tahun sejarah Yahudi menunjukkan dengan jelas bahaya membiarkan fanatik seperti Presiden Iran, terutama ketika beliau semakin hampir memiliki senjata nuklear.

"Mereka yang tidak mengendahkan ucapan penuh kebencian beliau hari ini perlu bertanggungjawab atas tindakannya esok," kata Prosor dalam satu kenyataan.
Prosor menganggap membenarkan Ahmadinejad berucap umpama melantik 'kaki bakar sebagai ketua bomba.'

Anggap Iran ancaman

Israel melihat Iran sebagai ancaman tetapi Tehran menegaskan program nuklearnya bertujuan untuk keamanan dan cuma untuk menghasilkan tenaga nuklear.

Namun, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu percaya Tehran semakin dekat menghasilkan senjata nuklear dan mendesak Amerika menyatakan faktor membolehkan tindakan ketenteraan dilancarkan terhadap negara Teluk itu.

Bagaimanapun, Presiden Barack Obama enggan menetapkan sebarang garisan merah.
Ahmadinejad tidak menamakan Israel atau Amerika dalam ucapannya ketika berkata: "Kita menyaksikan sebahagian anggota Majlis Keselamatan yang ada kuasa veto memilih untuk berdiam diri berhubung peledak nuklear rejim palsu tetapi pada masa sama menghalang kemajuan saintifik negara lain." - AP

3 blogger kena penjara

Posted: 25 Sep 2012 01:17 PM PDT

HO CHIN MINH: Tiga blogger Vietnam dihukum penjara kelmarin kerana melakukan propaganda antikerajaan tetapi ia mencetuskan desakan dari Amerika Syarikat dan Kesatuan Eropah (EU) supaya mereka dibebaskan.

Selepas perbicaraan berlangsung beberapa jam, Nguyen Van Hai atau Dieu Cay, dihukum penjara 12 tahun manakala Ta Phong Tan, kena 10 tahun penjara.

Seorang blogger lagi, Phan Thanh Hai, yang mengaku bersalah dihukum empat tahun penjara selepas berjanji tidak mengulangi jenayah atau berhubung dengan mereka yang antikerajaan.
"Jenayah mereka amat serius dengan niat jelas menentang negara," kata presiden mahkamah di Bandaraya Ho Chin Minh, Nguyen Phi Long. - AFP

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


MK: Penyelidikan Kepala Daerah Tak Perlu Izin Presiden

Posted: 26 Sep 2012 01:06 PM PDT

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian permohonan uji materi atas Undang-Undang No.12/2008 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 36 ayat (1), ayat (2), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5). Dengan demikian, Aparat penegak hukum terutama Kejaksaan dan Polisi Republik Indonesia (Polri) tidak lagi harus meminta persetujuan tertulis dari Presiden untuk melakukan proses hukum penyelidikan dan penyidikan terhadap kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang terlibat perkara dugaan korupsi.

"Mahkamah menyatakan mengabulkan sebagian permohonan pemohon," kata Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (26/9/2012).

MK berpendapat, persetujuan tertulis dari Presiden yang disyaratkan dalam proses penyelidikan kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah sebagaimana diatur dalam Pasal 36 ayat (1) UU Pemda akan menghambat proses penyelidikan. Sebab, Presiden diberi waktu 60 hari untuk mengeluarkan persetujuan tersebut.

Dalam tenggang waktu itu, kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang diduga melakukan tindak pidana berpeluang melakukan upaya penghapusan jejak tindak kejahatan, atau penghilangan alat bukti. Bahkan penyelidikan yang dirahasiakan dapat diketahui oleh yang bersangkutan.

"Syarat persetujuan tertulis dari Presiden untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan, akan menghambat percepatan proses peradilan dan secara tidak langsung mengintervensi sistem penegakan keadilan," ujar Hakim Konstitusi Akil Mochtar.

Akil menjelaskan, Mahkamah mempertimbangkan pendapat tertulis dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyatakan bahwa persyaratan persetujuan tertulis dari Presiden telah menghambat keseluruhan proses peradilan. Dia mengatakan Pasal 24 ayat (1) UUD 1945 jelas menjamin bahwa sistem peradilan di Indonesia harus bebas dari intervensi.

"Persetujuan tertulis pada tahap penyelidikan dan penyidikan terhadap kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah atau pejabat manapun tidak memiliki rasionalitas hukum yang cukup, dan akan memperlakukan warga negara secara berbeda di hadapan hukum," ucapnya.

Dia menjelaskan, proses penyelidikan dan penyidikan terhadap kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang diduga melakukan tindak pidana, meskipun mungkin mengganggu kinerja kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan daerah, namun tidak menghalangi yang bersangkutan untuk menjalankankan tugasnya. Kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah yang diselidiki dan disidik masih dapat melaksanakan tugas sehari-hari seperti biasa.

Mengenai adagium yang menyatakan bahwa terhadap sesuatu yang berbeda seharusnya diperlakukan berbeda, dan terhadap sesuatu yang sama harus diperlakukan sama, menurut Akil, pejabat negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya terkait jabatan negara yang diembannya memang berbeda dari warga negara lain yang bukan pejabat negara, namun pejabat negara juga merupakan warga negara.

Sebagai subjek hukum, terlepas dari jabatannya, kepala daerah pun harus diperlakukan sama di hadapan hukum.

"Oleh karena itu persetujuan tertulis dari Presiden tidak boleh menjadi hambatan bagi proses penyelidikan dan penyidikan kepala daerah yang bersangkutan karena esensi dari persetujuan tertulis Presiden hanyalah agar Presiden sebagai pimpinan dari para kepala daerah mengetahui bahwa pimpinan dari suatu daerah akan mengalami proses hukum yang membatasi ruang geraknya, sehingga yang bersangkutan tidak dapat menjalankan tugas pemerintahan dengan baik, dan akan berakibat pada terjadinya kekosongan pimpinan daerah. Berdasarkan hal itu Presiden melalui Menteri Dalam Negeri segera dapat mengambil langkah-langkah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," paparnya.

Salah satu kuasa hukum para pemohon, Donal Fariz mengapresiasi keputusan Mahkamah. Menurut Donald, langkah Mahkamah ini merupakan percepatan kinerja aparat penegak hukum terutama Polri dan Kejaksaan dalam pemberantasan korupsi. Sebab, selama ini fakta di lapangan membuktikan karena posisi jaksa dan polisi dibawah Presiden akhirnya muncul kegamangan bagi mereka untuk bertindak melakukan penyelidikan dan penyidikan atas kepala dan/atau wakil kepala daerah.

"Walaupun keputusan MK tidak sempurna, sudah pasti ini menggembirakan bagi upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh penegak hukum khususnya Kepolisian dan Kejaksaan. Kekecewaan kami hanya ketika masih dibutuhkan ijin terhadap penahanan para tersangka kasus korupsi kepala dan/atau wakil kepala daerah. Jadi, proses penyelidikan dan penyidikan bisa dilalui tanpa ijin dari Presiden namun yang dibutuhkan ijin hanya saat penahanan saja," kata Donald.

Pengujian UU Pemda ini dimohonkan sejumlah aktivis anti korupsi yaitu Indonesia Corruption Watch (ICW), Feri Amsari (Dosen FH Andalas), Teten Masduki (Sekjen TII), dan Zainal Arifin Mochtar (Direktur Pukat UGM).

Editor :

Erlangga Djumena

SRI: Pemerintah Kurang Serius Membangun Demokrasi

Posted: 26 Sep 2012 11:48 AM PDT

SRI: Pemerintah Kurang Serius Membangun Demokrasi

Penulis : Aditya Revianur | Kamis, 27 September 2012 | 01:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua bidang politik Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) Rocky Gerung mengungkapkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono - Budiono masih kurang serius membangun demokrasi. Hal tersebut terlihat dari kebijakan pemerintah yang selalu kontradiktif dan berperan ganda.

"Ada kontradiksi pemerintah dalam membangun demokrasi. Di satu sisi membangun soft democracy tapi di sisi lain hard democracy. Ini jelas setengah-setengah dalam membangun demokrasi yang sesungguhnya," ujar Rocky di acara diskusi Rusak Budaya Hancur Negara di Taman Ismail Marzuki Cikini, Jakarta, Rabu (26/9/2012).

Rocky menjelaskan, kebijakan mendua yang dilakukan pemerintah dalam membangun demokrasi dapat terlihat dari penerapan kebijakan di ranah nyata. Di satu sisi, penerapan soft democracy dengan jalan diplomasi untuk menyelesaikan masalah diimbangi dengan langkah hard democracy seperti penambahan anggaran militer atau pembiaran terhadap tindakan yang melawan hukum.

Ia juga melihat bahwa pemerintahan SBY juga turut mendua dalam hal pemberantasan korupsi. Pemberantasan korupsi, lanjutnya, adalah salah satu aspek dalam membangun demokrasi yang sehat tanpa politik transaksional. "Kalau demokrasi dibangun dengan kontradiksi maka hasilnya dapat dipastikan bukan demokrasi. Pembangunan demokrasi harus diikuti oleh pemberantasan korupsi yang sungguh-sungguh," tambahnya.

Ia mengingatkan pemerintahan SBY - Budiono untuk serius membangun demokrasi yang sehat berdasakan upaya soft democracy. Terlebih lagi, kewenangan KPK sebagai institusi pemberantasan korupsi harus dilindungi dan disokong penuh oleh presiden.

Pemerintahan SBY, lanjutnya, harus tegas dalam menentukan sikapnya membangun demokrasi. Penegasan sikap tersebut harus dilakukan dengan kebijakan soft democracy karena Indonesia bukan negara tiran. Keadaan mendua hanya akan menimbulkan kegeraman masyarakat atas kinerja SBY.

Editor :

Erlangga Djumena

Sindikasi celebrity.okezone.com

Sindikasi celebrity.okezone.com


Nata Naritha Akui Perbesar Payudara Demi Popularitas

Posted: 25 Sep 2012 10:13 PM PDT

Rabu, 26 September 2012 12:13 wib
Rama Narada Putra - Okezone

JAKARTA - Bekas kekasih Sammy Simorangkir, penyanyi Nata Naritha dikabarkan telah melakukan implan payudara di Thailand, beberapa waktu lalu.

Sebagai seorang selebriti, Nata mengaku siap melakukan segala hal agar terlihat total di dunia hiburan. Dia mengakui, melakukan hal tersebut demi sebuah film yang akan dibintanginya.

"Aku sih rela melakukan operasi implan payudara, semua itu aku lakukan demi lebih mendalami peran aku di film yang aku mainkan," ungkap Nata saat dihubungi wartawan, Rabu (26/9/2012)

Bahkan, wanita yang dikabarkan dekat dengan Kiki Farrel itu cuek dicap artis yang hanya mencari sensasi dengan implan payudara. Menurutnya, itu harus dilakukannya sebagai artis pendatang baru.

"Sekarang kalau artis pendatang baru seperti aku mah memang butuh banyak sensasi biar orang bisa mengenal kita. Kalau enggak kenal kan maka enggak sayang," akunya.

Nata juga menganggap wajar semua yang dilakukannya di dunia hiburan.

"Aku sih biasa saja, ini merupakan salah satu bagian dari profesionalisme aku sebagai seorang bĂ­ntang. Ini juga tantangan yang menarik buat aku," tandasnya.

(nsa)

LiLo Infeksi Paru-Paru karena Stres Tabrak Lari?

Posted: 25 Sep 2012 09:29 PM PDT

Rabu, 26 September 2012 11:29 wib
Chaerunnisa - Okezone

LOS ANGELES - Lindsay Lohan (LiLo) baru menjalani perawatan di rumah sakit karena menderita infeksi paru-paru. Namun beredar kabar bintang Liz & Dick itu mengidap penyakit tersebut karena stres menabrak seorang pejalan kaki, beberapa waktu lalu.

Seorang teman LiLo mengatakan ketika dia ditangkap karena kasus tabrak lari di New York, itu memperburuk kondisi pneumonianya.

Dengan kata lain akibat stres, dan bukan disebabkan dari ratusan rokok yang dia hisap per bulannya. Demikian laporan TMZ, seperti dikutip dari Hollyscoop.

Seperti dilaporkan sebelumnya, LiLo dilarikan ke rumah sakit pada Minggu 23 September 2012, untuk kondisi yang dikenal sebagai infeksi paru-paru, diagnosis yang sama seperti perokok berat.

"Lindsay dilarikan ke rumah sakit karena infeksi paru-paru, Minggu malam, karena asmanya kambuh," kata ayah LiLo, Michael Lohan.

Menurut Michael, LiLo telah sembuh dari infeksi paru-paru yang dialaminya sebelum berangkat ke Atlanta untuk syuting film Scary Movie 5.

"Jelas dia tidak mendapatkan cukup istirahat, dan itu (serangan asma) datang kembali. Dia menerima antibiotik. Ini lebih utama daripada pencegahan masalah medis. Saat ini, LiLo telah keluar dari rumah sakit dan beristirahat di hotelnya. Lindsay telah dirawat, dan sekarang kondisinya baik-baik saja," tandas sumber.

(nsa)

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Ines Putri Ingin Pemerintah Dukung Pegolf Muda

Posted: 26 Sep 2012 04:04 AM PDT

GOLF memang belum terlalu akrab bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, olahraga ini dianggap hanya terbatas untuk kalangan tertentu saja.
 
Tak heran, proses regenerasinya pun juga sangat lambat dibanding dengan olahraga lainnya. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia Golf, Miss Indonesia 2012 Ines Putri Tjiptadi tentu sangat mengerti benar dengan kondisi yang terjadi.
 
"Kurangnya kita dari negara lain adalah mental dan kesiapan padahal itu bisa didapat dari banyak turnamen yang diikuti misalnya di tingkat lokal, karena kan kalau ikut diluar butuh biaya yang tidak sedikit," ujarnya saat berbincang dengan Okezone usai usai press conference Enjoy Jakarta Ladies Indonesia Open 2012 di Crown Plaza Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (26/09/2012).
 
Menurut gadis yang pernah meraih emas dan perak dalam Pekan Olahraga Nasional di Palembang ini, semua keadaan tersebut seharusnya bisa diatasi dengan mudah. Utamanya adalah dukungan dari berbagai pihak demi prestasi pegolf-pegolf muda tanah air.
 
"Saya rasa perlu bantuan pemerintah juga agar beri support kepada anak mudanya biar dapat kesempatan yang lebih luas lagi, menggalang lebih banyak turnamen, jadi lebih ber-experience," terangnya.
 
"Kalau lewat PON saja tidak bisa, harus annually atau satu bulan sekali, terutama untuk juniornya. Saya rasa harus ada junior turnamen dan amatir karena biar terasah dan setelah itu kita bisa move turnamen di luar Indonesia," imbuh gadis asal Bali ini.
 
Kendati begitu, Ines yang juga pernah berhasil memecahkan rekor MURI karena menjadi juara Gubernur Cup di Bali ini, merasa bangga dengan prestasi pegolf Indonesia terutama golfer wanita yang beberapa waktu lalu mencetak prestasi di arena Internasional.
 
"Sangat membanggakan ya karena tahun lalu kita dapat emas di Sea Games, dan saya rasa mereka sudah siap berkompetisi di dunia internasional," tutupnya. (ina)
(tty)

Ines Putri Senang Kontestan Miss World 2013 Bertemu Jokowi

Posted: 26 Sep 2012 03:15 AM PDT

JAKARTA akan menjadi tempat yang spesial tahun depan. Pasalnya, malam puncak Miss World 2013 akan digelar di kota metropolitan tersebut.
 
Selain mengunjungi beberapa lokasi menarik di Jakarta, para kontestan Miss World 2013 juga direncanakan akan bertemu dengan Joko Widodo sebagai Gubernur yang baru terpilih. Sebagai Miss Indonesia 2012, Ines Putri Tjiptadi Chandra memiliki pendapat tersendiri.
 
"Saya rasa itu bagus sekali yah, apalagi dia Gubernur baru jadi untuk mempromosikan dirinya juga," tuturnya saat berbincang dengan Okezone secara eksklusif usai press conference Enjoy Jakarta Ladies Indonesia Open 2012 di Crown Plaza Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (26/09/2012).
 
Menurut gadis bermata indah ini, kesempatan untuk bertemu dengan Jokowi tentunya akan membawa dampak yang positif. Terlebih dalam menarik para wisatawan untuk datang ke Jakarta yang digadang-gadang sebagai salah satu destinasi wisata belanja.
 
"Saya rasa itu kesempatan yang baik untuk mempromosikan Jakarta terutama Jokowi sendiri sebagai Gubernur, bisa menjelaskan lebih lagi tentang Jakarta kepada kontestan, karena tujuan Miss world kan memang untuk mempromosikan negara yang host-nya itu," tutupnya. (ina)
(tty)

ANTARA - Hiburan

ANTARA - Hiburan


Buku Wartawan Naik Haji dibedah di Mekkah

Posted: 26 Sep 2012 04:48 AM PDT

Kadiv. Pemberitaan Nasional ANTARA Ahmad Kusaeni (FOTO ANTARA)

Saya senang tetek bengek penyelenggaraan haji ditulis di buku ini,"

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Buku "Wartawan Naik Haji: Tersungkur di Gua Hira" karya Wapemred Antara Akhmad Kusaeni, Rabu, diserahkan penulisnya kepada Ketua Daerah Kerja Misi Haji Indonesia Mekkah Achmad Arsyad untuk dibedah para wartawan yang terlibat dalam Media Center Haji.

Turut menyaksikan penyerahan buku terbitan Antara Publishing itu Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat yang berpesan agar buku itu bisa menjadi pegangan dan inspirasi bagi para wartawan peliput haji yang tergabung dalam Media Center Haji (MCH).

Sebanyak 21 wartawan dari berbagai media di Indonesia bertugas pada MCH pada musim haji tahun ini. "Banyak cerita menarik di buku itu," kata Bahrul Hayat.

Arsyad menyatakan senang menerima buku yang ditulis oleh Akhmad Kusaeni yang pada musim haji tahun 2011 menjadi pengarah pada MCH, sementara Arsyad menjabat Daker Mekkah. Buku setebal 200 halaman dan sudah beredar di toko buku Gunung Agung di seluruh Indonesia itu memotret semua kegiatan penyelenggaraan jemaah haji pada 2011, termasuk kegiatan Daker Mekkah.

"Saya senang tetek bengek penyelenggaraan haji ditulis di buku ini," kata Arsyad yang mengaku gembira bisa ketemu lagi dengan penulis buku pada musim haji tahun 2012 ini.

Akhmad Kusaeni mengatakan pengalamannya berhaji sangat mengesankan dan ia mau membagi kisah-kisah spiritualnya itu kepada para calon jemaah haji dan umrah.

"Tanpa pemahaman terhadap sejarah haji dan kontekstualnya dengan masalah kekinian, ibadah haji akan menjadi hampa, sia-sia. Perjalanan haji tidak akan lebih dari perjalanan wisata saja," katanya.

Di buku yang ditulisnya, Kusaeni menceritakan latar belakang dari semua rukun dan proses haji yang belum terjawab secara ringan dan sederhana dalam buku-buku manasik haji. Misalnya saja mengapa harus bermalam di Mina, mengapa harus memakai ihram dan tawaf keliling Kabah, lari-lari kecil ketika Sa`i, mengapa harus ada kewajiban Qurban, dan mengapa Tahalul sebaiknya sampai gundul plontos.

"Jemaah haji yang tanpa penguasaan akan falsafah haji hanya akan menjadi turis tanpa makna," tegas Kusaeni.

Erafzon Saptiyulda, seorang wartawan anggota MCH Daker Jeddah, mengaku sudah khatam membaca buku koleganya itu. Cerita menarik di buku dengan sampul penulis yang mengenakan kafiye dengan latar belakang suasana tawaf di Masjidil Haram itu, menurut Erafzon, antara lain Doa Cepat Dapat Jodoh (hal 47) dan Joki Hajar Aswad (hal 71).

Selain itu yang tidak boleh dilewatkan adalah Pilih Prasmanan atau Mencret (hal 120), Mati Ketawa Ala Jemaah Haji (hal 144), Kamar Barokah Pelepas Hasrat Biologis (hal 164), dan Ditawari Hajar Jahanam di Pasar Seng (174).

"Secara keseluruhan, buku ini layak dibaca karena artikelnya penuh warna dan enak dikunyah," demikian Erafzon Saptiyulda.
(A017/E005)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Dewa Budjana semarakkan Sanur Village Festival

Posted: 26 Sep 2012 03:51 AM PDT

Denpasar (ANTARA News) - Gitaris grup band "Gigi", Dewa Budjana, turut menyemarakkan perhelatan Sanur Village Festival (SVF) VII, Kamis (27/9).

"Dewa Budjana and Friends, rencananya akan tampil pada malam kedua dengan menyuguhkan sajian musik istimewa beserta musisi Bali lainnya," kata Koordinator Umum SVF Ida Bagus Wisnu Diwangkara.

Dewa Budjana baru pertama kali tampil di SVF dan berjanji akan tampil sepenuh hati. "Sebenarnya sudah lama Dewa Budjana ingin pentas di Sanur, tetapi baru kali ini waktunya pas," ujarnya.

Sementara itu Dewa Budjana mengatakan, akan tampil dalam formasi "jazz quartet" dan membawakan irama instrumentalia. Dia didukung Sandy Winarta (drum), Shadu Rasjidi (bass), Bangsaat (suling), dan Ade Irawan (piano).

Selain sebagai gitaris di grup "Gigi", Budjana juga dikenal kerap tampil di berbagai ajang festival jazz dunia. Bersama musisi Pulau Dewata, dia melahirkan beberapa album religi bertajuk "Nyanyian Dharma".

"Saya belum menyusun daftar lagu, yang jelas saya bawakan beberapa komposisi dari lima album solo saya," kata gitaris asal Pulau Dewata itu.

Pembukaan SVF, Rabu malam, berlangsung meriah dengan diisi tarian Udawa Tatwa. Sebelum festival itu resmi dibuka para pengunjung telah memadati area perhelatan seni dan budaya.

Mereka juga memadati puluhan stan peserta dari kegiatan tahunan tersebut, yakni mulai dari area kuliner, permainan, hingga perlengkapan busana.

Pengunjung tidak hanya didominasi oleh masyarakat Kota Denpasar dan sekitarnya, melainkan juga para wisatawan mancanegara.
(IGT/M038)