Selasa, 26 Mac 2013

KOMPASentertainment

KOMPASentertainment


Estelle Linden Tolak Bedah Plastik

Posted: 07 Jan 2013 12:54 PM PST

JAKARTA, KOMPAS.com -- Estelle Linden bersyukur dengan anugerah tubuh dan wajah yang sempurna. Pesinetron blasteran Jawa-Belanda ini tak pernah sedikit pun berniat menjalani bedah plastik.
 
Meski berkecimpung dalam dunia hiburan, Estelle merasa tak perlu selalu tampil cantik. Dara kelahiran Yogyakarta, 17 tahun silam, ini mengaku ingin tampil apa adanya.
 
"Aku enggak harus selalu cantik sampai harus melakukan operasi plastik. Udah dikasih wajah dan body, harus mensyukuri," kata Estelle kepada tabloidnova.com.
 
Lagi pula, Estelle sangat menyadari efek jika operasi itu tak berhasil. Alih-alih ingin tampil cantik, malah nyawa melayang.
 
"Menurut aku itu bahaya. Karena kita bisa aja meninggal, contohnya Michael Jackson. Mending kita menerima pemberian Tuhan," tutur Estelle bijak. (Isna)

100 Hari Tak Pulang, Ramon Y Tungka Bingung Soal Pakaian Dalam

Posted: 07 Jan 2013 11:56 AM PST

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA

Dirut Kompas TV, Bimo Setiawan, dan pembawa acara Ramon Y Tungka (kanan) dalam jumpa pers "100 Hari Keliling Indonesia" di Nutz Culture, Senayan City, Jakarta, Senin (7/1/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com -- Untuk berkeliling Indonesia selama 100 hari, pembawa acara yang juga artis peran Ramon Y Tungka mengaku masih bingung harus membawa berapa banyak busana, termasuk pakaian dalam.

"Berapa celana dalam yang bakal disiapin nih, berapa deterjen yang disiapin buat nyuci selama keliling Indonesia 100 hari," kata Ramon bercanda dalam jumpa pers program terbaru Kompas TV, 100 Hari Keliling Indonesia, di Nutz Culture Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (7/1/2013).

Meski Ramon bercanda, apa yang dilontarkannya itu masuk akal, karena ia tak akan sempat kembali dulu ke kediamannya di Jakarta untuk menaruh pakaian kotor dan mengambil busana bersih.

"Selama 100 hari enggak pulang, saya bawa barang sebanyak mungkin. Biasanya, sebulan balik Jakarta lagi," jelas Ramon.

Sementara soal pakaian ia masih bingung, lain halnya mengenai kesiapan fisiknya. "Kalau fisik, dari sebulan kemarin sudah jogging, seminggu dua kali renang, naikin kelas sertifikat level diving, kembali baca-baca ilmu survival, kembali mainin beberapa peralatan survive," ujar Ramon.

Republika Online

Republika Online


Ini Cara Minum Teh Pada Upacara Tradisional Jepang

Posted: 26 Mar 2013 01:33 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Upacara minum teh ala Jepang (chanoyu) punya banyak aturan. Misalnya saat menerima teh dari tuan rumah, Anda tidak boleh langsung meminumnya.

Mengutip Suwarni dari Japan Foundation, Selasa, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menikmati teh hijau yang baru saja dibuat tuan rumah.

Dalam chanoyu, teh disajikan dalam cawan yang biasanya memiliki motif di salah satu sisinya.

Saat menerima cawan, tamu harus mengangkatnya dengan ketinggian sejajar mata. Lalu, turunkan hingga sejajar dada dan putar dua kali cawan ke arah kanan agar gambar di cawan menghadap ke luar, bukan ke arah mulut Anda.

Suwarni, pengajar chanoyu di Japan Foundation Jakarta, mengatakan gerakan itu juga harus diterapkan untuk cawan-cawan tidak bermotif.

Teh hijau dalam cawan tersebut harus dihabiskan sebagai tanda hormat.  "Agar tehnya tandas tidak bersisa, ditegukan terakhir lebih baik diseruput, sedot sampai habis," kata Suwarni di Japan Foundation, Selasa (26/3).

Setelah selesai minum teh, tamu dapat memperhatikan detil cawan, mulai dari motif hingga nama pembuat yang biasanya ada di bagian bawah cawan. "Setiap cawan itu berbeda-beda, kita belum tentu bisa bertemu dengan cawan yang sama. Selain itu, cawan juga sangat berharga, jadi melihatnya pun harus berhati-hati," katanya.

Operasi Usus Buntu dan Kesuburan, Ternyata Ada Hubungannya

Posted: 26 Mar 2013 01:11 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Selama ini, ahli fertilitas meyakini operasi usus buntu (apendektomi) merupakan salah satu faktor risiko dari kemandulan. Sebuah studi di Inggris belum lama ini muncul menyanggah pendapat tersebut. Seperti dikutip Reuters, para peneliti yang terlibat dalam studi teranyar itu menemukan apendektomi tidak menghilangkan kesempatan perempuan mendapatkan keturunan. Malah, peneliti di Inggris memantau lebih banyak perempuan yang tetap bisa hamil kendati telah diangkat usus buntunya ketimbang mereka yang belum pernah mengalami operasi serupa. 

Sementara itu, di Amerika Serikat, satu dari 14 orang berisiko mengalami radang usus buntu pada titik yang sama dalam hidup mereka. Kasusnya lebih sering terjadi pada generasi muda dengan usia sekitar 10 sampai 30 tahun. "Operasi usus buntu dianggap menjadi salah satu pemicu kemandulan lantaran jaringan bekas pembedahannya mungkin saja terlepas dan menempel di saluran indung telur atau membuat sel telur tersangkut dalam perjalanan ke rahim," papar dokter yang tak terlibat dalam penelitian ini, dr Alan B Copperman, selaku ketua Divisi Reproduksi Endokrinologi, Mount Sinai Medical Center, New York. 

Sejalan dengan pemikiran tersebut, salah seorang peneliti, dr Sami Shimi, mendapati pasienpasien apendektomi banyak yang khawatir akan menjadi mandul. Ahli bedah dari University Dundee, Skotlandia, itu kemudian mempelajari jurnal pendukung pemikiran tersebut. "Ternyata, risetnya sangat lemah." 

Shimi lalu melakukan studi dengan skala yang lebih besar. Dia menggunakan bank data sejumlah pasien. "Begitu kami cermati, kenyataannya bertolak belakang dengan anggapan yang diyakini secara luas." 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih luas, Shimi mengintip rekam medis terbesar di dunia, yakni General Practice Research Database, Inggris. Dari situ terlihat lebih dari 76 ribu perempuan yang mengalami operasi usus buntu, 39 persen di antaranya bisa mengandung. Sementara, perempuan yang tidak operasi hanya 28 persen meng alami kehamilan. Kabar ini pernah dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility. "Kami masih akan terus melanjutkan penelitian agar bisa meng ungkap lebih jauh kaitan antara kesuburan dan apendektomi," papar Shimi.

ANTARA - Mancanegara

ANTARA - Mancanegara


Kematian pemuda secara misterius picu protes di Kashmir-India

Posted: 26 Mar 2013 09:06 PM PDT

Srinagar, Khasmir-India (ANTARA News) - Kematian seorang pemuda secara misterius pada Selasa, memicu protes besar dan bentrokan di Kashmir yang dikuasai India, demikian disampaikan sejumlah pejabat.

Mayat Bilal Ahmad Dar (37) dari Desa Monghal di Kabupaten Anantnag ditemukan di sawah di dekat desanya. Anggota keluarganya menduga ia diciduk oleh polisi pada Senin malam dan kemudian dibunuh di dalam tahanan.

"Bilal meninggalkan rumahnya untuk menemui teman-temannya pada pukul 16.00 pada Senin dan tidak pulang sampai pukul 20.00. Kami berusaha menghubungi dia melalui telepon genggam tapi telepon tersebut dimatikan," kata Abbas Hussain, saudara lelaki Dar.

Hussain mengatakan Selasa pagi, ketika mereka mendekati kantor polisi, mereka diberitahu Dar "tidak ditangkap oleh mereka".

Anggota keluarganya juga menduga ada tanda kekerasan di mayat Dar.

Namun polisi membantah tuduhan yang disampaikan oleh keluarganya dan mengatakan Dar "tidak ditangkap".

"Polisi telah menemukan mayat Bilal Ahmad Dar dari Monghal di dekat rel kereta yang melalui desa itu," kata juru bicara polisi, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

"Menurut penyelidikan awal, tak ada tanda kekerasan yang ditemukan pada mayatnya," katanya menambahkan.

Kematian Dar memicu protes di Anantnag. Sekumpulan pemuda yang marah meneriakkan slogan pro-kebebasan dan mengupayakan keadilan bagi "pembunuhan di dalam tahanan".

Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan pemrotes dan pada saat yang sama mengambil mayat Dar dari rumah sakit. Menurut laporan, polisi yang marah bertindak kasar terhadap warga di dalam rumah sakit.

Juru bicara polisi mengatakan lima polisi dan seorang pejabat senior administrasi cedera dalam bentrokan tersebut.

Penerjemah : Chaidar Abdullah

Liga Arab kumpulkan 1 miliar dolar untuk Yerusalem Timur

Posted: 26 Mar 2013 07:37 PM PDT

Doha (ANTARA News) - Liga Arab pada Selasa menyetujui usul Qatar untuk menggalang dana 1 miliar dolar AS (Rp9,7 triliun) bagi Yerusalem Timur Arab, yang diinginkan Palestina menjadi ibu kota negara independen di bawah kesepakatan perdamaian dengan Israel.

Emir Qatar, Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani, mengatakan negaranya akan memberikan 250 juta dolar (Rp2,4 triliun), demikian menurut laporan Reuters.

Dia mengemukakan hal itu dalam pidato pembukaan pada konferensi tingkat tinggi Liga Arab di Doha yang memusatkan pembahasan pada masalah krisis di Suriah dan macetnya upaya-upaya perdamaian Israel-Palestina.

"Pertemuan tingkat tinggi... menyerukan dibentuknya dana untuk membantu Yerusalem senilai 1 miliar dolar AS guna mendanai proyek-proyek dan program yang akan menjaga karakter Arab dan Islam kota tersebut dan memperkuat keteguhan warganya," demikian rancangan resolusi pertemuan yang dikutip Reuters.

Menurut rancangan resolusi, Bank Pembangunan Islam yang berpusat di Jeddah, Arab Saudi, akan mengatur dana tersebut.

Presiden Palestina Mahmud Abbas menyambut baik penggalangan dana untuk membantu menjaga karakter Arab di Yerusalem itu dan mengimbau negara-negara Arab memberikan kontribusi.

"Pendudukan Israel berjalan secara sistematis dan cepat di Yerusalem Timur Yahudi, mengubah penampilan dan mencabut para penduduk dari akarnya, menyerang Masjid Al Aqsa dan situs-situs suci Muslim dan Kristiani," kata Abbas dalam pidatonya di konferensi tingkat tinggi.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Yigal Palmor, menyebut prakarsa itu sebagai "simbol memalukan" bagi Qatar.

"Keberatan terhadap 'Yahudisasi Yerusalem' adalah hal yang tak masuk akal dan bisa disamakan dengan keberatan terhadap kodrat Katolik Vatikan atau Islamisasi Mekkah, ini merupakan hal yang tidak terpikirkan," kata Palmor.

Nasib Yerusalem telah menjadi salah satu butir paling mengganjal dalam perundingan-perundingan damai Timur Tengah masa lalu.

Dengan mengutip hubungan alkitab Yahudi dengan kota suci tersebut, Israel mencaplok setengah bagian Yerusalem Arab dan sekitarnya pada tahun 1980. Tindakan itu ditentang oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Otoritas Palestina, yang mengelola beberapa bagian Tepi Barat yang diduduki Israel, saat ini berada dalam krisis keuangan yang parah. 

Sekira 200.000 warga Israel tinggal di Yerusalem bagian Arab yang dicaplok Israel, termasuk 1.000 orang yang berada di sekitar Kota Tua Arab. 

Penerjemah : Tia Mutiasari

Utusan Online - Luar Negara

Utusan Online - Luar Negara


Kewarganegaraan dipersoal, senator Rusia berundur

Posted: 26 Mar 2013 10:36 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]MOSCOW 27 Mac - Seorang senator Rusia semalam menyerahkan surat peletakan jawatannya selepas didesak kumpulan pembangkang utama antirasuah negara ini yang mendakwa pemimpin itu mempunyai harta di luar...

Dua gempa bumi sederhana melanda selatan Mexico

Posted: 26 Mar 2013 09:59 AM PDT

[unable to retrieve full-text content]MEXICO CITY 27 Mac - Dua gempa bumi sederhana melanda selatan Mexico semalam, mengakibatkan pengosongan beberapa buah bangunan di ibu negara ini. Namun, tiada kecederaan dan kematian dilaporkan dalam...

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Justin Bieber kesandung masalah lagi

Posted: 26 Mar 2013 07:19 PM PDT

Los Angeles (ANTARA News) - Bintang pop Justin Bieber terlibat adu mulut dengan salah satu tetangganya setelah kembali dari Eropa ke rumahnya di wilayah Los Angeles.

Petugas dipanggil ke rumah pemuda berumur 19 tahun itu di Calabasas, California, pada Selasa, karena tetangganya mengadu telah diancam dan dianiaya oleh Bieber, kata Juru Bicara Kepolisian Los Angeles, Steve Whitmore seperti dikutip Reuters.

Menurut Whitmore, polisi sedang menyelidiki laporan tentang tuduhan ancaman yang ditujukan kepada Bieber namun belum ada tuntutan yang diajukan terhadap artis asal Kanada tersebut.

Namun dia tidak bersedia memberikan keterangan yang lebih rinci karena penyelidikannya masih berjalan.

Di bawah hukum California, yang dimaksud dengan penganiayaan fisik adalah termasuk menyentuh dan meludahi.

Tuduhan penganiayaan itu disampaikan setelah pelantun "Boyfriend" itu terbang pulang semalaman dari Polandia dan sempat mengejutkan para fotogrefer dan petugas bandara dengan melepas bajunya saat berjalan di tengah udara dingin menuju jet pribadinya.


Sumber yang dekat dengan sang bintang mengatakan, perseteruan di Calabasas terjadi saat seorang tetangga mendatangi Bieber dan mengeluh tentang pesta-pesta yang diselenggarakan ketika Bieber pergi.

Dalam peristiwa itu terjadi adu mulut tetapi tidak sampai pada kekerasan fisik, kata sumber itu mengutip pengawal Bieber.

Laman selebriti TMZ.com menyebut perseteruan dipicu oleh ulah Bieber mengendarai mobil Ferrari barunya, hilir mudik dengan kecepatan tinggi di jalanan saat dini hari. Tapi orang dekat Bieber membantahnya.

Penerjemah : Maria D. Andriana

Kontainer Pendingin Maersk Menemukan Penggunaan Baru dalam Menyimpan Artefak Arkeologi

Posted: 26 Mar 2013 07:11 PM PDT

TINGLEV, Denmark, 22 Maret 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Kontainer pendingin berteknologi tinggi dari Maersk Container Industry menemukan sebuah eksplorasi baru dan non-konvensional: konservasi artefak arkeologis yang rapuh.

     Kontainer pendingin Star Cool MCI berlayar ke L├╝beck, Jerman, dimana sebuah struktur kayu kuno dan unik ditemukan ketika berlangsungnya konstruksi. Penggalian penyelamatan pada situs warisan dunia UNESCO tersebut menyingkap sebuah gudang penyimpanan bawah tanah yang terbuat dari kayu dari tahun 1180. Di antara banyak hasil panen yang tersimpan di gudang tersebut terdiri dari bunga hop dan bahan sereal  yang disinyalir sebagai bahan baku bir abad pertengahan khas Jerman.

     Namun, konservasi gudang bawah tanah ini sangat sulit. Artefak semacam ini mudah membusuk dan hancur, jika selama proses relokasi, artefak tersebut terpapar suhu dan kelembaban beragam yang ekstrim.

Untuk melihat Rilis Berita Multimedia, silakan klik:

     "Star Cool dipilih karena presisi pengendalian suhunya yang luar biasa. Presisi semacam itu adalah hal yang wajib, jika Anda ingin melindungi aset kebudayaan yang sangat sensitif, seperti struktur organik basah," kata konservator Maruchi Yoshida perwakilan dari Fraunhofer-Institute untuk Fisik Bangunan dan Leibniz-Gemeinschaft, yang bertugas untuk mengelola proyek kontainer pendingin, ARCHe.

     Umumnya, kontainer pendingin Maersk, yang sering disebut dengan teknologi CA dan AV+, digunakan sebagai transportasi kargo sensitif seperti pisang, sayuran, ikan, dan daging ke seluruh dunia. Kini, uji coba ARCHe diproyeksikan akan membuka perspektif bisnis baru.

     "Kami melihat rencana bisnis terhadap perusahaan yang dalam waktu singkat dapat memberikan layanan dan fasilitas kontainer pendingin paska penemuan tiba-tiba situs arkeologis baru ini," kata Maruchi Yoshida. "Sebuah perusahaan yang dapat memberi manfaat, baik bagi pengembang perkotaan maupun sektor pemeliharaan warisan budaya, tapi terlepas dari semua itu, dapat memberi kontribusi signifikan bagi suatu masyarakat yang memiliki warisan budaya."

Fakta: Dengan kantor pusat di Denmark, Maersk Container Industry (MCI) merupakan unit bisnis terpisah pada A.P. Moller - Maersk Group, kontainer pendingin dan manufaktur untuk pasar global. Pada tahun 2012, pemasukan MCI mencapai USD 1,1 miliar (2011: USD 1,2 miliar); keuntungan USD 60 juta (2011: USD 69 juta). Pada tahun 2012, laba atas modal yang diinvestasikan (ROIC), tidak termasuk laba tunggal, meraih hasil tertingi dalam Maersk Group yaitu sebesar 27,7% (2011: 33,1%). Dengan pabrik terbaru di Chili, MCI akan segera memiliki lebih dari 8000 keryawan di Cina, Chili, dan Denmark.

Sumber: Maersk Container Industry   

Berita Harian: Dunia

Berita Harian: Dunia


Hala roket ke AS

Posted: 26 Mar 2013 09:14 AM PDT

Seoul: Tentera Korea Utara meletakkan unit roket strategiknya dalam persediaan berperang semalam dan memperbaharui ancaman untuk menyerang sasaran Amerika Syarikat di tanah besar, Hawaii dan Guam, selain Korea Selatan.

Tindakan itu dibuat ketika Korea Selatan menyambut ulang tahun ketiga tragedi kapal tentera lautnya, Cheonan, karam disebabkan apa yang ditegaskan Seoul sebagai kapal selam Korea Utara.

"Semua pasukan artileri termasuk unit roket strategik dan unit artileri jarak jauh diletakkan dalam kedudukan tempur kelas A," kata Pemerintah Tertinggi Tentera Rakyat Korea Utara dalam satu kenyataan.

Unit itu akan bersedia untuk menyerang semua pangkalan Amerika di rantau Asia Pasifik termasuk tanah besar Amerika, Hawaii dan Guam serta Korea Selatan.

China bimbang

Retorik dari Korea Utara yang mengancam Amerika dengan perang nuklear dan melakukan latihan serangan pesawat kawalan jauh ke atas Korea Selatan serta reaksi tegas Washington menimbulkan kebimbangan China, sekutu kuat Pyongyang, yang berkata keadaan itu sensitif.

Pyongyang berkata, sekatan Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu (PBB), dipersetujui selepas Korea Utara melancarkan ujian nuklear ketiganya Februari lalu, sebahagian daripada rancangan diketuai Washington untuk menumbangkan kepemimpinannya.
Arahan berkenaan dikeluarkan dalam kenyataan dari pemerintah agung tentera Korea Utara.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan berkata, ia tidak melihat sebarang petanda tindakan ketenteraan oleh Korea Utara dan kebanyakan penganalisis tentera berkata, Pyongyang tidak akan mengambil risiko mencipta konflik dengan Amerika Syarikat yang tidak akan dimenanginya.

Tentera Korea Selatan dan Amerika Syarikat melakukan latihan sehingga akhir April ini, yang ditegaskan bersifat pertahanan. Korea Utara menuduh Washington melakukan persiapan perang dengan penggunaan pengebom B-52 yang terbang di semenanjung Korea sebagai sebahagian latihan dan ia memansuhkan perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea pada tahun 1950 hingga 1953.

Pegawai berkata, Jepun dan Australia merancang menyekat Bank Perdagangan Asing Korea Utara sebagai sebahagian usaha diketuai Amerika menyasarkan dana Pyongyang untuk program nuklearnya.
AFP/REUTERS

Jepun kaji sistem undi

Posted: 26 Mar 2013 09:09 AM PDT

Tokyo: Kerajaan Jepun semalam berjanji akan mengkaji sistem pengundian negara itu selepas mahkamah memutuskan beberapa keputusan pilihan raya umum tidak mengikut perlembagaan dan tidak sah.

Selama dua hari sesi keterangan, hakim di barat Jepun berkata jurang besar dalam bilangan pengundi di kawasan berbeza bermakna nilai setiap undian terlalu banyak berbeza.

Di sebalik arahan yang menjejaskan tiga kerusi itu, keputusan pilihan raya umum Disember lalu yang meletakkan Perdana Menteri, Shinzo Abe, kembali berkuasa tidak akan ditarik balik.

Keputusan digantung

Keputusan digantung serta-merta sehingga mahkamah agung mengeluarkan arahan mengenainya, acara yang dijadualkan mengambil masa sehingga akhir tahun ini.

"Kami menerima keputusan mahkamah dan akan mengambil langkah sesuai selepas meneliti perkara berkenaan," kata Ketua Setiausaha Kabinet, Yoshihide Suga, pada sidang media di sini, semalam.

Arahan itu adalah yang terbaru dalam siri kemenangan bagi kumpulan yang mengandungi peguam dan sarjana Perlembagaan yang mendakwa tidak bermotifkan politik.
Sesi keterangan terdahulu mengisytiharkan pilihan raya berada dalam keadaan tidak mematuhi Perlembagaan tetapi membenarkan keputusan. Keputusan kelmarin di Hiroshima adalah yang pertama keputusan diisytiharkan tidak sah.

Beri tekanan moral

Pemerhati berkata, cabaran perundangan bertujuan memberi tekanan moral kepada ahli politik semua parti untuk mengubah sistem pengundian yang lebih memihak kepada mereka yang tinggal di kawasan luar bandar.

Aktivis mahu sempadan kawasan dilukis semula untuk lebih mencerminkan pengagihan penduduk terkini, yang berubah secara dramatik sejak beberapa dekad lalu apabila Jepun menjadi negara maju.

Pengulas berkata, kecenderungan untuk mendapatkan persetujuan sebulat suara bermakna keadaan mungkin diperbetulkan sebelum ia kembali ke titik yang menyaksikan mahkamah agung menarik balik keputusan pilihan raya.
AFP

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Nikahi Nenek 61 Tahun, Bocah 8 Tahun Jadi Suami yang Baik

Posted: 26 Mar 2013 01:03 PM PDT

TSHWANE - Masih ingat dengan Sanele Masilela, bocah delapan tahun yang menikahi perempuan berusia 61 tahun (Helen Shabangu). Pernikahan kedua mempelai itu sudah berjalan selama dua pekan, Masilela pun terlihat mencoba menjadi suami yang baik.

Dalam foto barunya, Masilela terlihat sedang makan bersama istri barunya yang usianya 53 tahun lebih tua daripadanya. Bocah kecil itu mengaku, sejak menikah dirinya selalu mencoba untuk bertingkah layaknya seorang pria yang sudah memiliki istri.

"Hari ini sangatlah menyenangkan, dan saya tahu seperti yang sudah saya pikirkan sebelumnya. Teman-teman saya berpikir, sangat lucu karena saya saat ini sudah menikah. Tapi saat ini saya merasa seperti layaknya seorang suami," ujar Sanele Masilela, seperti dikutip Daily Mail, Rabu (27/3/2013).

Meski sudah mengadakan resepsi pernikahan, pernikahan Masilela dan Shabangu hanyalah berupa ritual. Kedua mempelai itu tidak hidup bersama, namun Shabangu sering mengajak suami kecilnya untuk makan malam bersamanya.

Masilela saat ini, sudah kembali bersekolah dan bergabung dengan teman-temannya. Namun Masilela tetap mengakui bahwa pernikahannya dengan Shabangu adalah suatu hal yang sangat penting baginya, sama halnya dengan sekolah.

Pada dasarnya, pernikahan kedua warga Afrika itu merupakan amanat dari kakek Masilela. Menurutnya, Masilela harus menikah sebelum kakeknya meninggal dunia. Oleh karena itulah, Masilela memilih Helen Shabangu. dengan menikahi Shabangu, mereka yakin bahwa arwah kakeknya akan bahagia.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(AUL)

Cumi-Cumi Berisi Bom Ditemukan di China

Posted: 26 Mar 2013 01:02 PM PDT

JIAOLING – Seorang pedagang ikan terkejut saat sedang memotong seekor cumi-cumi untuk pelanggannya. Di dalam perut hewan bertentakel itu ternyata ada sebuah bom yang masih aktif.

Peristiwa itu terjadi di sebuah pasar di Kota Jiaoling, China. Sang pedagang menduga cumi-cumi itu mengira bom tersebut sebagai makanan kesukaannya lalu melahapnya.

"Cumi-cumi jenis ini biasanya hidup di wilayah pantai dan memakan udang dan ikan kecil. Dia mungkin mengira bom itu sebagai makanan kegemarannya," ujar sang pedagang seperti dikutip The Telegraph, Rabu (27/3/2013).

Sang pedagang langsung menghubungi polisi dan menceritakan penemuannya itu. Mereka pun langsung membawa bom tersebut dan meledakkannya di tempat yang aman.

Pihak kepolisian menyatakan, bom itu berasal dari sebuah pesawat tempur kuno. Benda peledak tersebut adalah bom model lama dan permukaan luarnya sudah dipenuhi oleh karat.

Pada tahun 2007, sebuah bom waktu dari abad ke-19 ditemukan berada di dalam perut seekor paus.

Berita Selengkapnya Klik di Sini

(faj)

detikcom

detikcom


Bupati Pakpak Bharat Bantu Korban Puting Beliung

Posted: 26 Mar 2013 12:39 PM PDT

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

Opel Blazer Terbalik di KM 4 Tol Cikampek

Posted: 26 Mar 2013 11:56 AM PDT

Cari Penawaran Terbaik di Sini

Rancang Perjalananmu di Sini

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Transparansi dan Partisipasi, Harus Masuk Agenda Pasca-MDGs

Posted: 26 Mar 2013 07:24 PM PDT

JAKARTA,KOMPAS.com --  Konsep Millenium Development Goals (MDGs) dinilai butuh penyempurnaan. Selama ini program Pemerintah sebagai turunan MDGs belum partisipatif dan transparan. Pertemuan keempat Panel Tingkat Tinggi (High Level Panel/HLP) tentang Agenda Pembangunan Pasca-2015 dinilai menjadi momentum pembenahan.

"Konsep MDGs yang saat ini berlaku tidak dirumuskan secara partisipatif, dan tidak mengharuskan Pemerintah untuk mempublikasikan laporan sumber pendanaan yang mereka gunakan," kecam Ketua Dewan Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA), Zumrotin K Susilo, dalam siaran pers, Selasa (26/3/2013). Masyarakat pun tidak dilibatkan dalam penyusunan kebijakan maupun monitoring implementasi program pembangunan Pemerintah.

Pertemuan keempat Panel Tingkat Tinggi (High level Panel/HLP) tentang Agenda Pembangunan Pasca-2015, kata Zumrotin, merupakan forum penting yang akan memetakan arah agenda pembangunan dunia pasca-MDGs.Indonesia harus dapat memetik manfaat optimal, imbuh dia, karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi salah satu pimpinan panel ini, bersama Presiden Liberia dan Perdana Menteri Inggris.

Anggaran meningkat, capaian stagnan

Berdasarkan kajian FITRA, tutur Zumrotin, anggaran program Pemerintah yang mengatasnamakan MDGs di tiap kementerian terus meningkat dari tahun ke tahun. Misalnya, sebut dia, rata-rata pertumbuhan anggaran untuk program peningkatan kesehatan ibu dan anak, meningkat 14 persen selama 2006-2013. "Bahkan pada 2010-2011 mencapai pertumbuhan 38,6 persen," sebut dia.

Sayangnya, walaupun kecenderungan anggaran meningkat, tetapi hasil yang dicapai stagnan dan tidak ada kemajuan berarti. "Terkesan anggaran yang digelontorkan untuk program MDGs, terbuang sia-sia," kata Zumrotin.

Menurut FITRA, salah satu faktor yang menyebabkan capaian anggaran program MDGs tak optimal adalah ketiadaan kontrol publik. Akibatnya, banyak program tak tepat sasaran. "Hampir sebagian besar anggaran terkait angka kematian ibu dan anak di Kementerian Kesehatan, sebagian besarnya, hampir 75 persen, habis untuk belanja perjalanan dinas," ujar Manajer Riset FITRA, Yenny Sucipto. Rincian kegiatan yang tercantum, imbuh dia, didominasi agenda pertemuan koordinasi, sosialisasi, fasilitasi, serta monitoring dan evaluasi.

Menurut Yenny, transparansi dan partisipasi publik akan memungkinkan warga negara mempengaruhi penyusunan maupun penerapan tujuan dan prioritas pembangunan. Juga, dapat memonitor apa yang Pemerintah lakukan dengan sumber daya publik dalam mencapai tujuan MDGs. "Pun memastikan Pemerintah bertanggung jawab atas tindakan mereka," tegas dia.

Dua cara mendongkrak transparansi dan partisipasi

Memasukkan indikator dan target transparansi fiskal dan partisipasi dalam tujuan Post MDGs 2015, menurut FITRA akan meningkatkan pentingnya hubungan antara tujuan, alokasi pendanaan, implementasi kebijakan, dan monitoring capaian hasil program Pemerintah. "Karenanya, FITRA meminta transparansi dan partisipasi anggaran harus disertakan dalam kerangka kerja pembangunan pasca-2015," tegas Sekretaris Jendral FITRA Yuna Farhan.

Dua cara dapat dilakukan terkait transparansi dan partisipasi tersebut. Pertama, sebut Yuna, seluruh negara diwajibkan membuat aturan berkala terkait investasi pendanaan yang mereka gunakan untuk membiayai target dan tujuan pembangunan. Setiap negara, imbuh dia, juga harus melaporkan capaian hasil dari investasi tersebut. "Dengan cara ini masyarakat dapat memonitor apakah Pemerintah mengalokasikan anggaran pencapaian 'Goal' secara memadai dan efektif," tegas Yuna.

Sedangkan cara kedua yang dapat ditempuh, lanjut Yuna, adalah dengan memasukkan transparansi dan partisipasi anggaran sebagai target spesifik agenda pembangunan pasca-2015. Teramasuk dalam target ini, sebut dia, adalah publikasi atas enam dokumen kunci anggaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pertanggungjawaban.

Dalam target ini, tambah Yuna, harus tercakup kegiatan dengar pendapat publik yang dilakukan oleh eksekutif dan legislatif pada saat penyusunan dan pertanggungjawaban anggaran. "Masyarakat bisa mengetahui seberapa besar komitmen Pemerintah mengalokasikan anggaran untuk tujuan MDGs, dibandingkan prioritas pembangunan lainnya," tegas dia.

HLP

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan itu setelah sebelumnya rangkaian HLP dilaksanakan di New York (September 2012), London (November 2012), dan di Monrovia pada Januari 2013. "Pertemuan Bali merupakan bagian penting dari rangkaian proses penyusunan agenda pembangunan pasca-2015," kata Faizasyah, Senin (25/3/2013).

Dengan disepakatinya elemen-elemen serta prinsip-prinsip dari kemitraan global dan perangkat-perangkat implementasinya, menurut Faizasyah, terdapat peluang yang lebih besar dan lebih pasti bagi realisasi agenda pembangunan baru tersebut.  "Pengalaman MDGs (Tujuan Pembangunan Milenium) menunjukkan bahwa suatu agenda pembangunan pasca-2015 memerlukan dukungan kemitraan global dan tersedianya perangkat-perangkat implementasi," katanya. Menurut dia, tanpa kedua elemen tersebut, pencapaian agenda pembangunan baru tidak akan optimal.

Pertemuan keempat Panel Tingkat Tinggi itu akan dipimpin bersama oleh Presiden Yudhoyono dan Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf. Perdana Menteri Inggris David Cameron sebagai salah satu ketua bersama lainnya tidak dapat hadir di Bali karena perkembangan di dalam negeri Inggris yang mengharuskan kehadiran PM Cameron.

Pertemuan Panel Tingkat Tinggi di Bali akan membahas aspek kemitraan global dan perangkat-perangkat implementasi (means of implementation) agenda pembangunan pasca-2015. Adapun hasil akhir dari dari keseluruhan pembahasan Panel Tingkat Tinggi sejak pertemuan pertama di New York (September 2012) akan disampaikan ke Sekjen PBB Ban Ki Moon pada akhir Mei 2013, untuk selanjutnya dibahas dalam Sidang Majelis Umum PBB.

 

Editor :

Palupi Annisa Auliani

Saan: Kalau SBY Ketum, Perlu Tunjuk Ketua Harian

Posted: 26 Mar 2013 05:46 PM PDT

Saan: Kalau SBY Ketum, Perlu Tunjuk Ketua Harian

Penulis : Sabrina Asril | Rabu, 27 Maret 2013 | 00:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Saan Mustopa menilai jika Susilo Bambang Yudhoyono menjadi ketua umum maka perlu ditunjuk lagi ketua harian. Ketua harian diperlukan untuk membantu tugas SBY yang harus membagi waktu dengan tugas-tugas kepresidenannya.

"Seandainya Pak SBY menerima keputusan itu, tentu akan memikirkan tentang struktur organisasi partai itu. Apa perlu ada ketua harian mengingat tugas-tugas PSBY juga padat," ujar Saan di Kompleks Parlemen, Selasa (26/3/2013).

Saan mengatakan, saat ini semua pengurus Demokrat masih menunggu keputusan dari SBY. Sebab, pencalonan SBY baru sebatas dukungan dari pengurus daerah. Setidaknya ada 23 DPD yang menyatakan dukungannya jika SBY maju dalam bursa calon ketua umum Demokrat.

Sebagai salah satu kandidat calon ketua umum Partai Demokrat, Saan mengaku mendukung pencalonan SBY. Tetapi, ia masih belum mau membuka apakah dirinya akan mundur jika SBY maju dalam bursa.

Sebelumnya, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengumpulkan Majelis Tinggi dan pengurus DPD di Cikeas, Minggu (24/3/2013). Dalam pertemuan itu terungkap sejumlah dukungan pengurus DPD yang menginginkan SBY atau Ani Yudhoyono menjadi calon ketua umum.

Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat M Rahmad bahkan mengatakan sudah ada 23 DPD dan 401 DPC yang menyatakan dukungannya supaya Ani maju sebagai ketua umum. Tetapi, kata Rahmad, pengurus-pengurus juga mendukung SBY sebagai ketua umum. Jika SBY tidak berkenan maka para pengurus daerah itu sudah bersiap-siap untuk mendeklarasikan dukungan kepada Ani Yudhoyono.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri

Sindikasi lifestyle.okezone.com

Sindikasi lifestyle.okezone.com


Kala Pria Jatuh Cinta, Ungkap Rahasianya

Posted: 26 Mar 2013 09:46 AM PDT

PRIA ternyata lebih sulit dikenali saat jatuh cinta. Pasalnya, mereka memang bukan makhluk yang mudah menunjukkan perasaannya.  
Meski begitu, ada beberapa tanda yang bisa dilihat saat mereka jatuh cinta. Apa saja? Berikut ulasan menarik seperti dikutip Boldsky.


Tak berhenti memuji
 
Saat jatuh cinta, pria akan terus memuji calon pasangannya. Hal ini sebenarnya adalah salah satu cara untuk menarik perhatian.


Membuat kesan
 
Ketika pria jatuh cinta, dia akan berusaha untuk membuat kesan baik dimata si wanita. Jika sebelumnya tidak perduli, maka dia akan melakukan sebaliknya.


Penampilan
 
Tentu saja mereka yang jatuh cinta akan lebih perhatian dengan penampilannya. Begitu pula dengan pria.
(tty)

Cepat Dapat Jodoh? Ciptakan Sendiri Peluang Cinta Anda

Posted: 26 Mar 2013 09:44 AM PDT

CINTA Anda tak kunjung datang hingga saat ini? Kenapa tak mencoba proaktif dengan menciptakan peluang cinta. Dengan cara tersebut, jodoh pun semakin dekat.



Mencari pasangan idaman mungkin tidaklah semudah yang dipikirkan. Butuh waktu dan kesabaran hingga akhirnya cinta tersebut ditemui. Meski demikian, Anda perlu melakukan usaha khusus agar pencarian cinta lebih cepat. Tipnya, ciptakan peluang cinta sendiri dengan langkah gencar mendekati si dia. Berikut tipnya, seperti dilansir Hubpages.



Jangan ragu utarakan cinta lebih dulu
 
Jangan merasa tabu untuk mengutarakan cinta pada lawan jenis. Segera utarakan rasa cinta Anda sebelum kesempatan tersebut hilang. Anda tentu tak pernah tahu bahwa kesempatan itu selalu terbuka lebar. Jika Anda benar-benar jujur padanya, bukan tidak mungkin kepastian jawaban lebih cepat Anda ketahui.  Biarkan si dia tahu persis apa yang Anda harapkan dari hubungan yang dibina. Jangan pernah menyimpannya dan dihantui penasaran karena tak pernah mengungkapkannya. Untuk itu, utarakan padanya agar kesempatan cinta lebih terbuka lebar.



Berbaur dengan teman-temannya
 
Fokuslah untuk melakukan pendekatan pada lingkungannya dan juga teman-temannya. Setelah Anda memiliki kedekatan dengan teman-temannya, Anda tentu akan mengetahui lebih dalam tentang dirinya. Cari tahu tentang sifat orang tersebut lebih dalam dari teman-temannya dan pastikan Anda selalu terlibat dengan agenda yang dilakukan.



Cari tahu hobinya
 
Dengan mengetahui hobinya, Anda dapat membuat persamaan dengannya. Pastikan Anda memiliki kesukaan yang sama dengannya, sehingga peluang tersebut dapat dijadikan ajang untuk merekatkan kebersamaan. Misalnya saja, olahraga bersama, makan di restoran favorit bersama, dan sebagainya.
(tty)

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Peneliti: pesisir Jakarta tidak cocok bangunan tinggi

Posted: 26 Mar 2013 07:41 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Peneliti Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Robert M Delinom mengatakan kondisi tanah pesisir Jakarta mudah ambles dan lebih rendah sehingga tidak cocok untuk pendirian bangunan tinggi. 

"Solusi untuk mengatasi banjir, Jakarta memang perlu dibuat zona bangunan. Daerah pesisir utara Jakarta tidak cocok untuk didirikan gedung-gedung tinggi, lebih cocok bangunan ringan saja karena tanahnya rapuh," kata Robert M Delinom di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pada dasarnya daerah Depok hingga Jakarta merupakan cekungan yang memang menyimpan air. Penyedotan air tanah yang berlebih, pembangunan yang sangat intensif, dan kegiatan manusia sehari-hari di wilayah tersebut selama mengakibatkan perubahan signifikan terhadap kondisi lingkungan bawah permukaan cekungan Jakarta.

Amblesan tanah yang meluas menyebabkan daerah luapan banjir bertambah. Hal tersebut karena air yang mengalir dari daerah hulu tidak terbendung dan air rob dari laut semakin tinggi karena penurunan tanah.

Menurut Robert, berdasarkan penelitian ambles tanah juga terjadi di wilayah Pantai Indah Kapuk (PIK) meski tidak terjadi banjir. "Karena sistem manajemen air yang baik daerah sana (PIK) tidak tergenang air, tapi pada dasarnya daerah sana pun turun tanahnya," katanya.

"Dari hasil penelitian, banjir tahun 2002 bukan karena curah hujan di daerah hulu yang tinggi, tetapi justru hujan di Jakarta yang tinggi, dan air tidak terserap di Jakarta tetapi justru `parkir`" katanya.

Karena itu, menurut dia, solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi banjir di Jakarta yakni membuat zona bangunan sesuai dengan kondisi tanah.

"Wilayah pesisir kondisi tanahnya lebih cocok untuk zona sarana umum dengan bangunan ringan, wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur lebih cocok untuk zona bisnis dan perumahan dengan bangunan bertingkat. Daerah Jakarta Selatan sangat baik untuk dijadikan zona penyangga air tanah dengan bangunan berhalaman luas," ujar Robert.

Sebelumnya, ia mengatakan penyedotan air tanah secara berlebihan terbukti membuat beberapa lokasi di Jakarta mengalami tanah ambles hingga 25 sentimeter (cm) per tahun.

"Data GPS (Global Positioning System) hasil penelitian dengan ITB menunjukkan `subsidence rate` (tanah ambles) bisa sampai 25 cm per tahun. Itu cukup tinggi untuk `dislocation` dari suatu bangunan," katanya.

Berdasarkan data GPS tersebut, ia mengatakan ambles tanah tercepat antara 20 hingga 25 cm per tahun terjadi di sekitar Senayan, Gedung DPR di kawasan Jalan Gatot Subroto, Joglo. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab meluasnya banjir pada awal 2013.

(V002/N002)

Dirjen PHKA mundur

Posted: 26 Mar 2013 06:54 AM PDT

Jakarta (ANTARA News) - Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan Darori Wonodipuro mengumumkan pengunduran dirinya dari pejabat publik dan berniat mencalonkan diri menjadi anggota DPR.

Pernyataan itu dinyatakan Darori pada peluncuran buku "Kesan dan Kesaksian Perjuangan Darori Wonodipuro, Penuturan Sahabat, Kolega, dan Keluarga" di auditorium Manggala Wanabhakti Kemenhut, Jakarta, Selasa.

"Sebetulnya saya ini di Kehutanan sudah lama, kebetulan momennya bertepatan dengan persiapan pergantian anggota DPR. Dan momen ini harus saya ikuti, karena saya lihat di Kementerian Kehutanan, birokrat kehutanan belum ada yang di DPR," katanya.

Dalam Pemilu 2014, tambahnya, pihaknya akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra denga tujuan untuk mewakili birokrat Kementerian Kehutanan di DPR.

"Saya lihat di Kementerian Kehutanan, birokrat kehutanan belum ada yang di DPR, saya akan mencoba, nanti biasanya akan diikuti teman-teman yang lain," katanya.

Dalam acara peluncuran bukunya, juga dihadiri anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. Darori mengaku, bahwa dirinya sendiri yang melamar ke partai berlambang kepala burung Garuda itu.

"Bahwa ini partai mempunyai misi ke depan, dan pemimpinnya menurut saya, dewan pembinanya alternatif pemimpin masa depan yang berani dan tegas," ujarnya.

Dalam pemilu 2014 nanti, Darori menjelaskan, dirinya mewakili daerah pemilihan (dapil) 7 Jawa Tengah yang terdiri Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga.

Ketika ditanyakan, lebih memilih partai Gerindra dibandingkan partai lama lainnya, dia mengaku, karena dengan partai yang masih baru lebih bisa berkembang dan memperjuangkan misinya.

(S025/B008)

Kosmo Online - Dunia

Kosmo Online - Dunia


Jacel: Azzimuddie masih di Sabah

Posted:

Jacel: Azzimuddie masih di Sabah

Jacel: Azzimuddie masih di Sabah

GAMBAR fail Jacel bersama bapanya, Jamalul Kiram III dalam satu sidang media baru-baru ini di rumah mereka di kampung Maharlika, bandar Taguig, Manila.


BANDAR DAVAO, Filipina - Ketua gerombolan pengganas Sulu di Sabah, Azzimuddie Kiram didakwa masih berada di Sabah, walaupun pihak media Malaysia melaporkan dia telah melarikan diri dan kembali ke negara ini, dakwa anak pemimpin pengganas Sulu, Jacel Kiram semalam.

"Kami bercakap dengannya (Azzimuddie) melalui telefon pagi tadi (semalam)," kata Jacel kepada akhbar dalam talian Rappler.com

Katanya, perbualan rutin selama 30 saat setiap hari itu membuktikan Azzimuddie masih berada di Sabah.

Pihak berkuasa Malaysia sebelum ini menyatakan bahawa Azzimuddie, 72, telah meninggalkan orang-orangnya di Lahad Datu dan kini sedang bersembunyi untuk mengelak daripada ditangkap pihak berkuasa negara tersebut.

Jacel menegaskan, bapa saudaranya itu dan beberapa pengikutnya sedang menyembunyikan diri di Sabah.

Dia juga menafikan Datu Amirbahar Hushin Kiram, 40 yang ditahan pihak berkuasa Malaysia berpangkat jeneral dalam tentera Kesultanan Sulu.

Katanya, Amirbahar telah menjadi penduduk tetap Sabah sejak empat tahun lalu.

"Dengan penahanan Amirbahar, pihak berkuasa Malaysia memberitahu masyarakat antarabangsa yang mereka berjaya mengawal keadaan dan ia tidak benar," kata Jacel.

"Kami perlu berhati-hati. Dia bukan seorang jeneral," tambahnya.

Sebelum ini Jacel pernah menipu dengan menunjukkan sekeping gambar palsu yang didakwanya sebagai anggota keselamatan Malaysia yang mati selepas bertempur dengan pengikut bapanya.

Gambar itu merupakan askar-askar Thailand yang terkorban pada tahun 2007 yang disiarkan di internet.

Azzimuddie dan sejumlah pengikutnya memasuki Lahad Datu, Sabah pada 12 Februari lalu untuk menuntut tanah yang didakwa hak milik nenek moyang mereka. - Agensi

Konflik agama di Myanmar merebak ke bandar lain

Posted:

Konflik agama di Myanmar merebak ke bandar lain

Konflik agama di Myanmar merebak ke bandar lain


PASUKAN tentera berehat seketika selepas berkawal di bandar Meikhtila yang menyaksikan 32 maut akibat konflik agama. Keganasan itu dikatakan merebak ke tiga bandar di wilayah selatan iaitu Napytaw, Yamethin dan Lewei.


YANGON - Samseng-samseng anti penganut agama Islam menimbulkan kekecohan di tiga lagi bandar di Myanmar pada hujung minggu lalu.

Mereka membakar masjid dan berpuluh-puluh buah rumah, ketika kerajaan cuba untuk menghalang keganasan agama daripada terus merebak.

Presiden Myanmar, Thein Sein mengumumkan perintah darurat pada Jumaat dan menghantar tentera ke bandar Meikhtila yang terjejas teruk dan menyaksikan 32 orang maut serta 10,000 penduduk yang kebanyakan orang Islam hilang tempat tinggal.

Biarpun dengan kehadiran tentera, kekacauan terus merebak ke wilayah selatan Naypyitaw. Seorang penduduk Islam di Tatkone, 80 kilometer dari Meikhtila memberitahu sekumpulan 20 lelaki menggeledah sebuah masjid pada malam Ahad, membaling batu dan memecahkan tingkap sebelum polis menghalau mereka dengan melepaskan tembakan.

Pada Sabtu pula, sekumpulan samseng lain membakar sebuah masjid dan 50 buah rumah di bandar Yamethin. Sebuah lagi masjid dan beberapa buah bangunan turut dimusnahkan di Lewei.

Masih tidak jelas siapakah yang menjadi dalang kepada keganasan tersebut. Tiada pertempuran atau kematian dilaporkan di tiga bandar terbabit.

Akhbar Myanma Ahlin, menyiarkan kenyataan daripada pemimpin agama Buddha, Islam, Kristian dan Hindu yang sedih atas kehilangan nyawa dan harta benda. Mereka juga menyeru golongan sami Buddha agar membantu mengurangkan ketegangan tersebut.

Penganut Islam mewakili kira-kira empat peratus daripada 60 juta penduduk Myanmar. - AP

The Croods ungguli carta pecah panggung

Posted:

The Croods ungguli carta pecah panggung

The Croods ungguli carta pecah panggung


THE CROODS yang mengisahkan kehidupan sebuah keluarga pada zaman prasejarah mendapat sambutan hangat di Amerika Utara dan seluruh dunia sejak tayangan dimulakan pada hujung minggu lalu.


LOS ANGELES - Filem animasi yang mengisahkan kehidupan sebuah keluarga pada zaman prasejarah, The Croods mengungguli carta filem pecah panggung hujung minggu lalu di Amerika Utara.

Studio yang menghasilkan filem itu, DreamWorks Animation kelmarin memberitahu, The Croods meraih kutipan tiket sebanyak AS$44.7 juta (RM138.6 juta).

Filem komedi tiga dimensi (3D) tersebut turut menambah sebanyak AS$63.3 juta (RM196.2 juta) daripada kutipan tiket di peringkat antarabangsa.

The Croods mengenepikan filem fantasi Oz : The Great and Powerful di tempat ketiga yang memperoleh AS$22 juta (RM68.2 juta) selepas ia berada di puncak carta selama dua minggu.

Sementara itu, menurut agensi yang mengumpul jumlah kutipan tiket, Exhibitor Relations, filem aksi Olympus Has Fallen pula berada di tempat kedua dengan meraih AS$30.5 juta (RM94.5 juta).

Ia diikuti filem The Call lakonan aktres Halle Berry yang mengaut AS$8.7 juta (RM27 juta) di tempat keempat.

Tempat kelima dan keenam menjadi milik dua filem komedi Admission dan Spring Breakers.

Masing-masing meraih kutipan AS$6.4 juta (RM19.8 juta) dan AS$5 juta (RM15.5 juta). - Reuters