Rabu, 20 April 2011

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


China Pengekspor Pelajar Terbanyak di Dunia

Posted: 20 Apr 2011 01:06 AM PDT

BEIJING – China semakin menunjukkan eksistensinya. Selama ini, China disebut sebagai negara dengan kondisi ekonomi terkuat di dunia. Kini, China menerima gelar baru, yaitu 'pengekspor' pelajar terbanyak di dunia.
 
Departemen Pendidikan China mencatat, pelajar China yang belajar di luar negeri mencapai 1,27 juta orang pada 2010. Dari jumlah itu, pelajar yang baru mulai sekolah di luar negeri naik sebesar 24 persen dibandingkan 2009, atau sebanyak 285 ribu orang.


Kelompok terbesar adalah pelajar yang sekolah dengan biaya sendiri (tanpa beasiswa). Dan 10 negara tujuan para pelajar adalah Amerika Serikat, Australia, Jepang, Inggris, Korea Selatan, Kanada, Singapura, Perancis, Jerman dan Rusia.
 
Yang istimewa, pendaftaran mahasiswa baru dari China melonjak di puluhan college dan universitas di AS. Misalnya, di Grinnell College of Iowa State, di mana satu dari 10 pelamar yang sedang dipertimbangkan untuk masuk pada tahun ajaran 2011 adalah pelajar dari China. Seperti dikutip dari ChinaDaily, Rabu (20/4/2011).


Salah satu calon mahasiswa yang akan kuliah di AS adalah Zhao Ziyi, yang berasal dari Provinsi Jiangsu. Zhao sedang bersiap untuk audisi film meski tidak pernah belajar akting. "Ini akan menjadi bagian khusus dari aplikasi saya untuk belajar di Amerika tahun depan. Saya ingin belajar seni di New York, tapi sebelumnya saya hanya sedikit belajar melukis. Saya harus menunjukkan kepada pihak sekolah. bakat yang saya miliki," jelasnya.
 
Zhao mengaku orangtuanya menggunakan koneksi pribadi agar bisa mengikuti audisi. Saat ini, Zhao belajar di SMA internasional. Dia mengaku semua teman sekelasnya sedang menyiapkan diri untuk kuliah di luar negeri setelah lulus.

Menurut orangtua yang berencana mengirimkan anaknya kuliah di Australia, Wang Qiang, peningkatan kondisi ekonomi China membuat jumlah kelas menengah semakin banyak. Kebanyakan kelas menengah inilah yang mengirimkan anaknya sekolah di luar negeri.

 
"Bahkan pengalaman studi di luar negeri dalam jangka pendek bisa membuat anak saya mendapatkan pekerjaan lebih baik di masa depan," jelas Wang.
 
Yang unik, kebanyakan mahasiswa China yang sudah selesai kuliah memilih kembali ke negaranya ketimbang tinggal di luar negeri.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Diduga Memperkosa, Siswa SMK Ditangkap Saat UN

Posted: 20 Apr 2011 01:00 AM PDT

KENDARI- Seorang siswa kelas 3 sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri di Kendari, Sulawesi Tenggara, ditangkap polisi saat tengah mengikuti ujian nasional.

Siswa tersebut merupakan satu dari tiga pelajar yang tersangkut kasus pemorkosaan terhadap dua siswi madrasah tsanawiyah Februari lalu.

As, siswa kelas 12 itu hanya tertunduk saat digelandang anggota Polsek Baruga dari dalam kelas.

Polisi menetapkan tiga pelajar SMK sebagai tersangka, termasuk As. Seorang rekannya Ar, lebih dulu ditangkap. Sementara satu lainnya TM hingga masih diburu polisi. Penangkapan As ini sempat membuat kaget rekan-rekan satu kelasnya.

Pemerkosaan terjadi pada 15 Februari saat dua siswi madrasah tsanawiyah berkunjung ke salah satu kos mereka.

Karena sudah larut malam, pelaku yang mengenal dua korban mengajak keduanya menginap di kamar kos pelaku. Saat itulah kedua korban diperkosa secara bergiliran. Seorang korban di antaranya merupakan penderita cacat mental.

Kapolsek Baruga AKP Efrannedy, Rabu (20/4/2011) mengatakan, kepada penyidik, kedua tersangka sudah mengakui perbuatan mereka. Kedua pelaku kini mendekam di sel tahanan Mapolsek Baruga.

Ketiga pelaku terancam pasal berlapis. Selain Pasal 285 KUHP tentang Pemorkosaan, pelaku juga terancam dijerat UU Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

(Arman Buton/RCTI/ton)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen