Rabu, 20 April 2011

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Jenderal Dipecat karena Gagal Tes Kesetiaan

Posted: 20 Apr 2011 06:04 AM PDT

TAIPEI – Seorang jenderal di Taiwan harus kehilangan pekerjaannya karena gagal lulus tes kesetiaan. Tes kesetiaan tersebut dilakukan setelah terjadi kasus mata-mata terburuk selama 50 tahun terakhir di Taiwan.
 
Seperti beberapa petugas yang memiliki jabatan kunci, letnan jenderal yang tidak disebutkan namanya tersebut di hadapkan pada alat tes kebohongan, namun dia menjadi satu-satunya petugas yang tidak lulus.
 
Juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, David Lo, menolak memberitahukan pertanyaan apa yang diberikan kepada letnan jenderal tersebut dan tidak memberikan rincian mengenai tes kesetiaan tersebut. Tes tersebut disebutnya sebagai rahasia negara.
 
"Namun demikian, hasil putusan belum final dan petugas tersebut boleh mengikuti tes serupa di kemudian hari," ujar Lo seperti dilansir AFP, rabu (20/4/2011).
 
Sejumlah besar petugas senior militer diharuskan mengikuti tes kesetiaan setelah penangkapan Mayor Jenderal Lo Hsien-che pada Januari yang dinyatakan menjadi mata-mata bagi China. Dikabarkan, dia menjadi mata-mata atas iming-iming seks dan uang.
 
Menurut Lo, tes kesetiaan tersebut menjadi syarat bagi petugas tinggi yang berada di bidang sensitif seperti intelijen dan intelijen balasan, komunikasi, polisi militer dan politik peperangan.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Aktivis Hong Kong Serukan Boikot China

Posted: 20 Apr 2011 05:08 AM PDT

HONG KONG – Kelompok hak asasi manusia (HAM) Hong Kong memaksa warga di negara tersebut untuk berhenti melakukan perjalanan ke China sebagai bentuk protes atas tindak kekerasan yang dilakukan pada pembangkang dan aktivis.
 
Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah pengacara, pembangkang dan aktivis ditahan polisi, menjalani tahanan rumah, atau menghadapi tuntutan pidana sebagai upaya Pemerintah China melawan kritik dalam negeri.
 
Termasuk Ai Weiwei, seorang seniman terkenal China dan kritikus pedas pemimpin Partai Komunis China. Dia ditangkap pada awal April dengan alasan tindak kejahatan ekonomi yang tidak jelas. Penangkapan Ai Weiwei menimbulkan gelombang kutukan dari berbagai negara.
 
Hong Kong, yang merupakan bekas koloni Inggris, tetap menjaga status semi-otonom sejak Hong Kong kembali ke China pada 1997. Namun, sistem hukum yang terpisah dan kemerdekaan warga tidak terlihat di China.
 
Pada hari ini, para aktivis dari enam kelompok HAM meminta warga Hong Kong mengirim pesan tegas kepada Pemerintah China dengan membatalkan semua rencana perjalanan mereka selama hari libur Paskan dan Hari Buruh.
 
Tindak kekerasan yang dilakukan Pemerintah China menimbulkan sejumlah seruan melalui situs jejaring sosial untuk melakukan aksi protes Jasmine, aksi protes yang serupa dengan apa yang terjadi di negara Arab yang berhasil menggulingkang pemerintahan otoriter di sana.
(rhs)

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen