Rabu, 20 April 2011

KOMPAS.com - Internasional

KOMPAS.com - Internasional


Lagi, Kapal Korsel Dibajak di Somalia

Posted: 21 Apr 2011 03:31 AM PDT

Pembajakan

Lagi, Kapal Korsel Dibajak di Somalia

Benny N Joewono | Kamis, 21 April 2011 | 10:31 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Sebuah kapal kontainer milik Korea Selatan diyakini telah dibajak para perompak Somalia, demikian dikatakan kementerian luar negeri Korea Selatan Kamis (21/4/2011).

Kapal kontainer berbobot 75.000 ton yang membawa 14 warga Korea Selatan menuju ke Singapura itu dilaporkan kehilangan komunikasi dengan operatornya, Hanjin Shipping, di perairan lepas pantai Somalia.

Kapal MV Sinar Kudus yang memiliki ABK sebanyak 31 orang termasuk 20 WNI pada 16 Maret juga dibajak di perairan Arab dan digiring ke wilayah perairan Somalia.

Pemerintah Somalia menyarankan Indonesia untuk mengirimkan perunding yang profesional pada perompak agar semuanya dapat berjalan dengan baik.

Para pejabat Somalia mengatakan, perompakan itu tidak saja mengganggu ketenangan masyarakat internasional tapi juga mengganggu keadaan ekonomi Somalia sebab tidak ada kapal yang ingin merapat di Somalia dalam mengirimkan barang dagangan.

Pemerintah Somalia pun telah melakukan tindakan terhadap para perompak, terbukti dengan penahanan sekitar 500 perompak di penjara di Somalia.

"Solusi paling bagus hanya satu yaitu perkuat Angkatan Laut Somalia dari darat agar dapat melakukan patroli dan memberikan pelatihan penjagaan kepada mereka," kata Dubes Somalia untuk Indonesia.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Sumber :

ANT, XINHUA, OANA, AFP

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Wartawan Nominator Oscar Tewas di Libya

Posted: 21 Apr 2011 03:04 AM PDT

Krisis Libya

Wartawan Nominator Oscar Tewas di Libya

Benny N Joewono | Kamis, 21 April 2011 | 10:04 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Tim Hetherington, fotografer pemenang penghargaan dan sutradara film yang dinominasikan meraih Oscar, Rabu (20/4/2011), tewas di Misrata, Libya barat, ketika meliput pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak, menurut laporan media.

Dalam laporan itu disebutkan, Hetherington, seorang warga Inggris, tewas di dalam kota yang dikuasai pemberontak dengan tiga wartawan lainnya terluka. Ia bekerja sebagai fotografer untuk majalah Vanity Fair Amerika.

Hetherington (41) adalah pembantu sutradara film dokumenter Restrepo yang dinominasikan untuk Academy Award 2011 untuk Best Documentary.

Film ini bercerita tentang sekelompok tentara Amerika Serikat yang ditempatkan di sebuah pos di timur laut Afganistan.

Ia juga memenangkan World Press Photo of the Year untuk pemberitaan tentang tentara Amerika di Afganistan.

Hetherington lahir di Liverpool dan belajar di Universitas Oxford.

Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

Sumber :

Ant, Xinhua, Oana, Reuters

Kirim Komentar Anda

Full Feed Generated by Get Full RSS, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Komen