Jumaat, 26 Oktober 2012

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Warga Singapura sumbang hewan kurban di Karimun

Posted: 26 Oct 2012 07:08 AM PDT

Muslim seluruh dunia akan merayakan Idul Adha, menandakan berakhirnya ibadah haji, dengan menyembelih kambing, domba, sapi dan unta untuk mengikuti keikhlasan Nabi Ibrahim mengurbankan putranya Ismail atas perintah Allah. (REUTERS /Muhammad Hamed)

... tidak hanya untuk umat Islam, tetapi juga untuk umat lain sebagai wujud kebersamaan... "

Berita Terkait

Karimun, Kepulauan Riau (ANTARA News) - Sejumlah warga negara Singapura menyumbangkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1433 Hijriah di Masjid Fatimah Azzahra, Yayasan Nainawa, Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Jumat.

Ketua Yayasan Nainawa, Said Agil Al Attas, mengatakan, warga negara Singapura menyumbang 30 kamping dan dua sapi yang kemudian disembelih usai shalat Id.

"Setiap tahun warga negara asing, seperti Singapura, Malaysia menyumbang hewan kurban untuk disembelih di sini sebagai simbol bahwa persaudaraan sesama umat Islam itu tidak mengenal batas negara," katanya.

Tahun ini, kata Said Agil, Yayasan Nainawa yang beraliran Syiah menyembelih 43 kamping dan tiga sapi.

Selain warga negara Singapura, warga negara Iran dan Pakistan yang bekerja di PT Saipem Indonesia Karimun Branch juga melaksanakan ibadah kurban di masjid tersebut.

"Daging kurban kami bagi-bagikan tidak hanya untuk umat Islam, tetapi juga untuk umat lain sebagai wujud kebersamaan," katanya.

Meski beraliran Syiah, kata dia, jamaah masjid tersebut membaur dan menghormati aliran lain, termasuk dalam merayakan Idul Adha yang memiliki makna pengorbanan dan ketaatan seperti dicontohkan Nabi Ibrahim dan putranya Ismail.

"Islam tidak mengajarkan permusuhan tetapi memperkokoh persaudaraan meski berbeda faham," ucapnya.

Ketua Yayasan Al Hikmah Singapura, Sya'ban, mengatakan, hewan kurban yang disembelih merupakan sumbangan puluhan warga Singapura yang setiap tahun memilih Yayasan Nainawa tempat melaksanakan ibadah tersebut.

"Kami datang ke sini sekitar 40 orang. Mudah-mudahan ibadah kurban yang kami tunaikan mendapat berkah selain wujud persaudaraan antara umat Islam Singapura dengan di sini," katanya.

Rusli, warga Singapura lain juga mengatakan ibadah kurban yang dilaksanakan di Karimun diharapkan dapat mempererat persaudaraan sesama umat Islam.

"Saling memberi dan berbagi bisa dimana saja, apalagi dalam menjalankan ibadah. Kami berharap saudara kami di sini turut menikmati daging kurban, apalagi bagi mereka yang kurang beruntung," ucapnya.

Dalam pelaksanaan ibadah kurban, jamaah beserta puluhan warga negara asing juga menggelar makan bersama dengan menikmati gulai dan sop kambing yang baru saja disembelih di samping masjid.

Suasana akrab tampak saat acara makan bersama meski satu sama lain berbeda latar belakang dan kewarganegaraan. (*)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Berkorban harus ikhlas dan sabar

Posted: 26 Oct 2012 07:04 AM PDT

... harus sabar, ikhlas dalam berkorban... "

Berita Terkait

Jakarta (ANTARA News) - Makna Idul Adha atau hari raya Qurban bagi Ketua DPR, Marzuki Alie adalah keikhlasan, kesabaran dan pengorbanan tanpa kenal lelah.

"Kita harus sabar, ikhlas dalam berkorban. Berkorban dengan kesabaran dan keihklasan. Sebab sekarang ini, keikhlasan, kesabaran dan pengorbanan kita jauh lebih ringan dibanding apa yang dialami oleh Nabi Ibrahim AS," kata Alie, di Jakarta, Jumat.

Ia juga menyarankan kepada anggota DPR untuk meniru pengorbanan Nabi Ibrahim untuk rakyat Indonesia.

"Kalau itu bisa dilakukan, mengimplementasikan pengorbanan untuk kepentingan rakyat, Insya Allah, bangsa kita akan menjadi baik," ungkapnya.

Marzuki menambahkan, manusia hidup hanya sebentar.

"Oleh karenanya, pengorbanan, keikhlasan dan kesabaran harus menjadi bagian yang akan menolong kita dikemudian hari," pungkas Marzuki 

(zul)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Komentar Pembaca

Kirim Komentar

Tiada ulasan:

Catat Ulasan