Khamis, 4 April 2013

Republika Online

Republika Online


MPR: Bendera Separatis Dilarang di Aceh

Posted: 04 Apr 2013 11:41 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Ahmad Farhan Hamid mengingatkan, agar Gubernur Aceh Zaini Abdullah tidak membuat kontroversi terkait bendera dan lambang Aceh.

Menurut dia, Qanun 3/2013 tentang Bendera dan Lambang Aceh bisa dibatalkan kalau melanggar peraturan lebih tinggi, khususnya Peraturan Pemerintah (PP) 77/2007. 

Pasalnya, bendera yang disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) itu sangat serupa dengan bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM). "Secara keseluruhan atau secara umum tidak boleh mirip atau sama dengan bendera gerakan separatis," kata Ahmad di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (5/4).

Anggota DPR asal Aceh itu heran, mengapa Gubernur Aceh mengusulkan bendera yang membuat gerah pemerintah pusat.

Pasalnya, dalam pertemuan di Hotel Sultan, Jakarta pada 17 Desember 2012, semua tokoh Indonesia kompak menyarankan agar bendera Aceh mengacu pada lambang Kesultanan Sultan Iskandar Muda. 

 Selain menunjukkan lambang kejayaan, bendera lambang kesultanan dianggap memunculkan semangat perjuangan warga Aceh, serta bakal mendapat persetujuan pemerintah pusat.

Mendapat usulan seperti itu, ungkap politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, Gubernur Aceh itu tampak gembira dan terlihat semringah. "Jadi, yang tidak boleh bendera itu ditujukan untuk kedaulatan," kata Ahmad.

 Karena itu, ia mendukung penyerahan evaluasi 12 poin qanun oleh Kemendagri kepada Pemprov Aceh. Diharapkan, dalam waktu 15 hari, Pemprov Aceh secara bijak bisa menyikapi kebijakan pemerintah pusat yang berpegang pada nota kesepahaman (MoU) Helsinki pada 2005.

Lee Jun Ki Ajak Penggemarnya Ikut Rayakan Ulang Tahun

Posted: 04 Apr 2013 11:40 PM PDT

Jumat, 05 April 2013, 13:40 WIB

Soompi

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Aktor Lee Jun Ki akan mengadakan acara istimewa 17 April nanti. Jun Ki akan menggelar pesta perayaan ulang tahun sekaligus jumpa penggemar di Universitas Yonsei.

Jun Ki mengatakan perayaan ulang tahunnya itu bakal meriah hingga membuat kenangan abadi bagi penggemarnya yang hadir.

"Mari kita pergi ke pesta ulang tahun Lee Jun Ki," kata Jun Ki, dikutip dari Soompi, Jumat (5/4).

Manajemen Jun Ki dalam pernyataanya mengatakan, perayaan ini terbuka bagi siapapun. Namun mereka yang ingin hadir harus lebih dulu mendaftar secara online pada 14 April. Kesempatan hanya dibuka bagi 60 detik pendaftar pertama.

"Bagian pertama dari acara tersebut akan diisi Lee Jun Ki dengan percakapan dengan penggemarnya. Bagian kedua akan menampilkan konsernya yang lebih formal," kata perwakilan IMX, manajemen Jun Ki.

Jun Ki baru saja menunaikan wajib militernya Februari 2012 lalu.

Reporter : Mutia Ramadhani
Redaktur : Hazliansyah

Ada seorang lelaki berkata kepada Nabi SAW: "Berilah aku nasihat!" Beliau menjawab: "Jangan marah" Orang itu berulangkali meminta supaya dirinya dinasihati, maka Rasulullah SAW tetap mengatakan: "Jangan marah!" (HR. Bukhari)

  Isi Komentar Anda

Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan