Khamis, 4 April 2013

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Klarifikasi Tragedi Cebongan, Komnas HAM Temui Kapolri

Posted: 04 Apr 2013 01:13 AM PDT

JAKARTA - Sejumlah anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendatangi Mabes Polri Jalan Tronojoyo, Jakarta, untuk menemui Kapolri Jenderal Timur Pradopo, guna membahas kasus penembakan di Lapas Cebongan.
 
Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila menuturkan, pertemuan kali ini hanya bertujuan melakukan koordinasi terkait materi penyelidikan yang dilakukan oleh pihaknya.
 
"Kami melakukan beberapa koordinasi, ada yang kami konfirmasi dan klarifikasi dengan Polri terkait materi penyelidikan," kata Siti Noor Laila di dampingi Komisioner Komnas HAM dan Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman, Kamis (4/4/2013).
 
Siti mengatakan, akan membangun koordinasi tidak hanya dengan polisi melainkan juga dengan pihak TNI, sehingga bisa mempercepat pengungkapan kasus penembakan ke empat tahanan di Lapas Cebongan, Sleman, DIY.
 
"Baik polisi maupun Komnas akan terus koordinasi dan besok akan melakukan koordinasi juga dengan pihak Kesatuan Angkatan Darat, kami perlu waktu kumpulkan semua data dan informasi sehingga kasus tersebut bisa terunkap dengan cepat," ujarnya.
 
Siti menambahkan, pihaknya sudah menemukan tindakan pelanggaran HAM dalam peristiwa di Cebongan. " Indikasi pelanggaran sudah ada, yaitu hak hidup, keamanan, terbebas penganiayaan. Kan petugas lapas dianiaya," pungkasnya.

Berita Selengkapnya Klik di Sini


(ful)

Dua Polisi Penerima Suap Bule Belanda Dibebastugaskan

Posted: 04 Apr 2013 12:45 AM PDT

DENPASAR- Kapolda Bali Irjen Pol Arif Wachyunadi membebastugaskan dua anggotanya yang diduga menerima suap dari wisatawan asal Belanda saat terjadi pelanggaran lalu lintas.

Belakangan diketahui sejak heboh kasus video berjudul "Polisi Bali Korupsi" yang diungguh Youtube, rupanya tidak hanya menyeret satu anggota polisi lalu lintas namun juga satu lainnya.

Selain Aipda Komang Sar, satu rekannya yang yang juga terlibat aksi tak terpuji itu adalah Bripka PIJ juga dibebastugaskan.

Dari pemeriksaan, kedua polisi itu terlihat jelas dalam rekaman video yang diunggah di Youtube pada1 April 2013 ketika terlibat aksi suap dengan bule Belanda saat pelanggaran lalu lintas.

"Benar Bapak Kapolda telah membebastugaskan dua anggota polisi lalu lintas yang terlihat dalam video tersebut," kata Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hariadi dihubungi wartawan lewat telefon Kamis (4/4/2013).

Pembebastugasan dua polisi yang dinas di Satlantas Polres Badung mulai berlaku hari ini sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Yang pasti keduanya dibebaskan dari tugas selama menjalani pemeriksaan oleh Bidpropam Polda Bali.

Ditanya hasil pemeriksaan, Hariadi belum bisa mengungkapkan karena sampai sore ini kedua anggotanya masih diperilksa petugas Propam.

"Masih berlangsung pemeriksaannya khan baru sehar,i ya kita tunggu saja nanti hasilnya," demikian Hariadi.

Berita Selengkapnya Klik di Sini


(kem)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan