Rabu, 6 Jun 2012

Sindikasi international.okezone.com

Sindikasi international.okezone.com


Kacamata Diet untuk Atur Makanan

Posted: 06 Jun 2012 06:11 AM PDT

TOKYO - Banyak cara untuk mengurangi berat badan, termasuk dengan bantuan sebuah alat. Di Jepang, sebuah kacamata dibuat untuk membantu setiap orang yang sedang menjalankan program diet.


Kacamata ini memberikan efek menipu pemakainya agar mereka mengira bahwa makanan ringan yang dilihatnya berubah menjadi biskuit cokelat atau membuat makanan itu terlihat lebih besar. Hal itu ditujukan agar pemakai kacamata itu berusaha menjaga dietnya kapan dan dimana pun berada. 

Para peneliti di Universitas Tokyo berhasil mengembangkan kacamata itu dengan perangkat yang menggunakan sihir komputer untuk menipu indra penglihatan. Perangkat goggle-mount kamera mengirim foto ke komputer, yang memperbesar dua pertiga dari ukuran nyata. 


Selain itu, pemakai kacamata dapat mengatur perangkat agar makanan yang dimakan sesuai dengan rasa favorit yang diinginkan. Profesor Michitaka Hirose, ahli dalam ilmu informasi dan teknologi mengatakan, dirinya tertarik bagaimana komputer dapat digunakan untuk mengelabui pikiran manusia. 

"Bagaimana cara komputer menipu indra atau bagaimana membangun sistem kerja komputer itu menjadi sangat penting dalam studi realitas virtual. Eksperimen ini menunjukkan bahwa 80 persen dari subyek sudah tertipu," kata Hirose, seperti dikutip dari Emirates 247, Rabu (6/6/2012).


Tim peneliti belum memiliki rencana untuk mengkomersilkan penemuan mereka. Mereka masih ingin menyelidiki apakah orang yang ingin menurunkan berat badan dapat menggunakan perangkat kacamata ini.

(faj)

Pakistan Mempersulit AS dan India

Posted: 06 Jun 2012 05:02 AM PDT

NEW DELHI - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Leon Panetta mengatakan, India dan Pakistan patut memperbaiki hubungan guna menciptakan perdamaian. Selama ini Panetta pun mengakui, Pakistan cukup menyulitkan AS dan juga India.

"Hubungan bilateral dengan Pakistan cukup rumit, rumit bagi AS dan India, namun inilah yang harus kita tanggulangi. India dan AS akan terus mengadakan kontak dengan Pakistan untuk menciptakan perdamaian dan kemakmuran di Asia Selatan," ujar Panetta, seperti dikutip Associated Press, Rabu (6/6/2012).

Panetta berkunjung ke India di tengah adanya ketegangan antara negaranya dan Pakistan. Ketegangan itu makin mengalami eskalasi ketika pesawat pengebom tak berawak milik Amerika Serikat (AS) beroperasi di Pakistan. Panetta mengakui adanya kesulitan dalam membangun hubungan yang baik dengan Pakistan.

Namun Panetta sangat menyambut langkah India dan Pakistan yang menormalisasikan hubungan dagangnya, dalam rangka memperbaiki hubungan bilateral. Kedua negara pemilik nuklir itu merupakan musuh bebuyutan yang pernah terlibat dalam peperangan, bantuan India ke Afghanistan pun turut disikapi dengan sinis oleh Pakistan.

Dalam isu Afghanistan, AS justru mendorong India untuk memainkan peranan yang cukup besar, antara lain adalah melatih pasukan Afghanistan. Pada 2011 lalu, Negeri Bollywood itu pun sempat melatih pasukan Afghanistan, namun India juga mencoba menjaga diri agar tidak terseret dalam masalah internal Afghanistan.

Panetta juga mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan India A.K. Antony. Kedua negara itu berniat mengadakan latihan perang bersama dan meningkatkan perdagangan senjata.(AUL)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan