Rabu, 6 Jun 2012

KOMPAS.com - Regional

KOMPAS.com - Regional


Tangkap dan Beritakan jika Ada yang Mengisi BBM Bersubsidi

Posted: 06 Jun 2012 07:58 AM PDT

Kendaraan Dinas

Tangkap dan Beritakan jika Ada yang Mengisi BBM Bersubsidi

Defri Werdiono | Thomas Pudjo Widijanto | Rabu, 6 Juni 2012 | 14:58 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com — Anjuran agar kendaraan dinas menggunakan bahan bakar nonsubsidi sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Kebijakan gubernur sudah jelas bahwa mobil pelat merah diwajibkan menggunakan bahan bakar nonsubsidi.

"Jika ada mobil pelat merah antre di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tentunya tidak dilayani oleh SPBU," ujar Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, M Irsyadi, di Banjarmasin, Rabu (6/6).

Menurut Irsyadi, jika pihak SPBU masih juga melayani kendaraan pelat merah untuk mengisi BBM subsidi, maka itu adalah kesalahan SPBU. Ia pun meminta agar hal itu diberitakan oleh media massa agar menjadi contoh bagi yang lain. "Begitu pula bila ada pegawai yang mencoba-coba mengganti pelat merah dengan pelat hitam, tangkap dan beritakan," ucapnya.

Pemerintah provinsi sendiri masih memberlakukan pembatasan pembelian bahan bakar bersubsidi. Pembelian premium untuk roda dua dibatasi Rp 20.000, dan untuk roda empat Rp 100.000. Adapun solar untuk kendaraan roda empat dibatasi Rp 150.000 dan untuk roda enam Rp 250.000.

Perajin Gula Merah Mulai Produksi

Posted: 06 Jun 2012 07:48 AM PDT

Panen Tebu

Perajin Gula Merah Mulai Produksi

P. Raditya Mahendra Yasa | Marcus Suprihadi | Rabu, 6 Juni 2012 | 14:48 WIB

KUDUS, KOMPAS.com — Industri gula merah mulai berproduksi kembali sejalan dengan musim panen tebu, seperti di Desa Gondang Manis, Kecamatan Bae, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (6/6/2012).

Ratusan industri gula merah atau gula tumbu ini setiap tahun mampu memproduksi sekitar 20.700 ton gula.  

Industri gula merah yang dikelola para perajin, seperti di sejumlah wilayah di Kecamatan Dawe, Kecamatan Gebog, dan Kecamatan Bae, ini sangat potensial dengan tingginya permintaan.

Setiap perajin, seperti Hadi Sumantri, mampu menghasilkan 700 kilogram per hari.

Gula merah yang mereka hasilkan dipasarkan hingga ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan pabrik kecap. Selain itu, gula merah juga digunakan untuk bumbu masak serta industri minuman.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan