Isnin, 11 Jun 2012

Republika Online

Republika Online


Bosan Mendongeng untuk Si Kecil? Ini Dia Solusinya

Posted: 11 Jun 2012 08:08 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, Bercerita adalah salah satu metode pembelajaran yang paling efektif pada anak usia dini. Tingkah laku dan moral anak dapat dibentuk melalui cerita-cerita yang kita karang sendiri berkenaan dengan diri anak. Namun, tak urung ada waktunya orangtua pun terkadang merasa lelah dan bosan melakoni aktivitas ini setiap hari.

Bagi Elly Risman Musa, seorang pakar parenting, inilah perlunya kerja sama yang baik antara ayah dan ibu. Jika pada malam hari Ibu lelah sekali, Ibu dapat bekerja sama dengan Ayah. Minta tolong pada Ayah untuk menjaga anak-anak pada saat Ibu mengantuk.

''Tidurlah 30 menit dan minta Ayah untuk menggantikan posisi Ibu bercerita atau menemani mereka belajar,'' ujar Elly dalam satu konsultasi.

Seharian bekerja di kantor atau seharian bekerja mengurus anak dan rumah memang melelahkan. ''Jika ada komunikasi dan niat lurus dalam mengasuh anak, Ayah dan Ibu harus saling mengisi dan membantu dalam pengasuhan,'' lanjutnya.

Menurut Elly, ada baiknya untuk membuat jadwal bercerita antara Ayah dan Ibu. Kapan Ayah pulang malam dan tidak dapat terlibat. Mungkin Ayah dapat giliran pada hari Jumat, Sabtu, dan Ahad. Hal ini akan mengeratkan hubungan antara Ayah dan anak anak. Anak juga mendapat variasi cerita dan wawasan yang berbeda.

Cerita-cerita Ayah mungkin lebih heroik karena Ayah lebih suka petualangan. Selain itu jenis buku yang dibaca oleh Ibu dan Ayah berbeda. ''Dengan demikian anak akan memiliki berbagai kemampuan ekspresi macam-macam emosi dari cerita yang diberikan,'' papar Elly.

Yummy, Inilah Kuliner Murah Meriah Lezat Ala Lampung

Posted: 11 Jun 2012 07:07 PM PDT

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG---Nasi bakar, salah satu variasi kuliner makanan pokok yang diminati warga Kota Bandarlampung, dan tersedia di restoran maupun kedai makanan pinggir jalan.
Salah satu pengelola kedai makanan yang khusus menyediakan nasi bakar, KQ Lima, di Jl Sultan Agung Wayhalim, Bandarlampung, Dani, mengaku hanya buka melayani pembeli saat sore menjelang malam hari, dan tidak buka pada pagi hingga siang hari.
"Kami punya pelanggan khusus, terutama kalangan anak-anak muda, remaja, dan sejumlah keluarga yang selalu bertandang untuk makan atau memesan nasi bakar di sini," ujar dia.

Kedai nasi bakar ini yang memanfaatkan bagian depan salah satu bengkel dan penjualan onderdil kendaraan bermotor di jalur dua Wayhalim itu, hanya menjual nasi bakar dengan beraneka jenis lauk pauknya, seperti ayam goreng/bakar, tempe goreng/bakar, perkedel goreng/bakar, hati dan empela goreng/bakar, serta beberapa lauk sesuai pesanan pembeli lainnya.
Disediakan pula aneka minuman ringan terutama berbagai jenis jus buah, dengan harga bersaing.
Rata-rata satu porsi nasi bakar dengan lauk ayam, dijual Rp 9.000 hingga Rp 10.000, bergantung pada tambahan lauk dan minuman ringan yang dipilih pembeli.

Beberapa pembeli di kedai itu, mengaku sudah menjadi pelanggan Kedai Nasi Bakar KQ Lima tersebut, menyatakan satu porsi nasi bakar dengan lauk dan ditambah minuman ringan sudah cukup mengenyangkan.
Apalagi bila dibandingkan dengan menu serupa yang dijual dan ditawarkan di restoran kelas hotel dan restoran, dengan kisaran harga per porsi bisa mencapai Rp 15 ribu hingga Rp 35 ribu bergantung pada jenis lauk dan menu tambahan di dalamnya.

Menurut Dani, pengelola kedai nasi bakar KQ Lima, nasi yang dibakar itu sebelumnya telah dicampur dengan sedikit jagung dan ikan teri untuk menambah kelezatannya saat disantap konsumen.
Nasi tersebut juga dibungkus dengan daun pisang dan harus dibakar secara merata hingga dirasakan cukup untuk dapat langsung dikonsumsi pembelinya. "Harga yang kami tawarkan cukup murah dan mudah-mudahan memenuhi selera serta sesuai dengan kocek pembeli di sini," ujar dia lagi.

Beberapa pelanggannya mengakui, saat ini agak sulit bisa mendapatkan kedai atau restoran yang khusus menjual nasi bakar seperti itu, apalagi dengan harga yang terjangkau.
Di kedai KQ Lima itu, juga secara terjadwal digelar acara nonton bareng pertandingan sepak bola liga luar negeri atau event kejuaraan mancanegara dan internasional, dengan menyiapkan layar lebar serta antena parabolanya.
Sejumlah klub penggemar sepak bola dan klub pencinta kesebelasan tertentu juga kerap menggunakan kedai itu untuk berkumpul dan menonton bersama.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan