Jumaat, 27 April 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Kerukunan umat beragama akan dibahas di Manado

Posted: 27 Apr 2012 07:01 PM PDT

Palembang (ANTARA News) - Kerukunan umat beragama di Indonesia akan dibahas bersama di Manado, Sulawesi Utara pada 29 April hingga 3 Mei 2012.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel, Syaifudin di Palembang, Sabtu mengatakan, pihaknya mendapat undangan untuk menghadiri pertemuan tersebut.

Pertemuan antara lain akan membahas permasalahan dan berbagai kegiatan kerukunan umat agama di Indonesia.

Selain itu dalam pertemuan tersebut juga dibahas bagaimana supaya kerukunan antar umat beragama terus berjalan dengan baik, kata Syaifudin yang juga humas kerukunan umat beragama Sumsel itu.

Selain itu dalam pertemuan tersebut akan dibahas program kedepan dan evaluasi kegiatan sebelumnya, kata dia.

Bahkan, juga akan dibahas masalah optimalisai peran media dalam pembinaan kerukunan umat beragama.

Dalam pertemuan itu akan menjadi pembicara pemuka agama di Indonesia antara lain dari kalangan Islam, Hindu, Budha dan Kristen.

Bahkan, dalam pertemuan tersebut juga akan menjadi pembicara Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama, H Abdul Fatah.

Pertemuan akan dibuka Menteri Agama, H Suryadharma Ali, ujar dia.

Ketika ditanya tentang kerukunan umat beragama di Sumsel, dia mengatakan, cukup baik karena permasalahan agama di daerah ini tidak ada yang mengganggu dalam menjalankan ibadah dan berjalan secara damai.

Hal ini karena pemuka agama rutin melaksanakan pertemuan baik berkoordinasi maupun melaksanakan kegiatan bersama, tambah dia. (U005)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Wamenag: MTQ Papua libatkan tokoh lintas agama

Posted: 27 Apr 2012 06:33 PM PDT

Kaimana (ANTARA News) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Nasaruddin Umar menyatakan, penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) IV Papua Barat di Kaimana melibatkan para tokoh lintas agama dan seluruh pemangku kepentingan sehingga kemeriahannya pun menyerupai MTQ tingkat nasional.

"Secara pribadi, saya menyampaikan apresiasi terhadap tokoh agama dan masyarakat sini, karena peristiwa itu sungguh luar biasa dilihat dari sudut kerukunan umat," katanya dalam pembukaan MTQ VI Papua Barat di Stadion Sepakbola Triton Kabupaten Kaimana, Jumat malam.

Hadir dalam acara itu, antara lain Gubernur Papua Abraham Oktavinus Atururi, mantan Menteri KLH Sarwono Kusumaatmadja, Bupati Kaimana D. Saranamual, Kakanwil Kemenag Papua Juliana Loeng, anggota DPR RI dari Partai Demokrat asal Papua Mikail Watimena, dan sejumlah pejabat.

Pesta keimanan seperti MTQ yang dilaksanakan mulai tingkat desa hingga kabupaten dan kemudian berlanjut hingga tingkat Provinsi Papua Barat itu perlu diberi apresiasi, apalagi 275 orang yang terlibat sebagai panitia dan beberapa instansi bukan suatu pekerjaan ringan.

"Saya harapkan pesta iman dalam bentuk seni ini diharapkan dapat berkelanjutan dan membuahkan hasil," katanya.

Ia mengaku awalnya khawatir MTQ ini terganggu dengan hujan di kota Senja Kaimana, tapi ternyata cuma gerimis sebagai petunjuk bahwa langit pun ikut bersuka cita.

"Jika dilihat prestasi para qori dan qoriah Papua Barat, dari tahun ke tahun menunjukkan pretasi bagus. Saya harapkan pada MTQ di Ambon yang akan datang, Papua Barat bisa masuk kelompok besar," katanya.

Nasaruddin Umar berharap pesta MTQ di Kaimana bisa memberikan kontribusi pada kualitas iman guna mewujudkan kedamaian di daerah itu.

"MTQ bukan sekedar seni tetapi memiliki makna yang mendalam bagi umat di permukaan bumi," katanya.

Kepada dewan juri, ia pun berpesan agar memberikan penilaian secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. (E001/E011)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan