Selasa, 18 Januari 2011

Republika Online

Republika Online


Hal yang Meringankan Gayus: Masih Muda, dan Punya Anak Kecil

Posted: 19 Jan 2011 06:36 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman tujuh tahun penjara pada Gayus Tambunan dan denda Rp 300 juta. Vonis hakim ini 13 tahun lebih ringan dari tuntutan jaksa.

Menurut majelis hakim, ada sejumlah hal yang meringankan Gayus, seperti  ia belum pernah dihukum dan memiliki anak-anak yang masih kecil. Gayus juga dinilai masih relatif muda sehingga punya kesempatan untuk memperbaiki diri.

Majelis hakim pun berpendapat Gayus tidak melakukan kejahatan ini sendirian dalam kasus terkait PT SAT. ''Karena ada koreksi dari atasannya secara berjenjang,'' tegas Ketua Majelis Hakim, Albertina Ho.

Hakim juga mempertimbangkan keterangan terbuka Gayus di persidangan yang memperlancar persidangan.

Dalam putusan itu, Majelis Hakim juga berpendapat Gayus tidak perlu membayar uang pengganti. Karena tidak dapat dibuktikan bahwa Gayus menerima sejumlah harta benda dari perbuatannya.

Tapi Majelis Hakim berpendapat kepemilikan uang Rp 28 miliar oleh Gayus patut diduga didapat dari perbuatan korupsi. ''Walau tidak masuk perkara ini dan perlu dibuktikan dalam perkara lain,'' ujar Albertina.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

8.428 Bus di Jakarta Tidak Laik Jalan

Posted: 19 Jan 2011 06:36 AM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dari total bus di Jakarta sebanyak 11.091 unit, ada 8.428 bus dinyatakan tidak laik jalan karena belum pernah melakukan uji KIR selama beroperasi di ibukota.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, hasil operasi laik jalan angkutan umum sepanjang 2010, yaitu Oktober hingga Desember, kendaraan yang diperiksa sebanyak 1.642 bus. Dari total tersebut, yang dikandangkan sebanyak 320 bus dan terkena tilang sebanyak 333 bus. Sedangkan selama 2011, per 11 Januari, kendaraan yang telah diperiksa dalam operasi laik jalan angkutan umum mencapai  157 bus.  diantaranya sebanyak 35 bus dikandangkan dan 10 bus terkena tilang.

"Kami ingin seluruh bus dan kontainer melakukan uji KIR secara periodik, demi keselamatan supir dan pengguna angkutan umum," ujarnya.

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan