Selasa, 18 Januari 2011

ANTARA - Peristiwa

ANTARA - Peristiwa


Presiden Belum Akan Ganti Menteri Kesehatan

Posted: 18 Jan 2011 06:56 AM PST

Jakarta (ANTARA News) - Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono belum akan menunjuk pengganti atau pelaksana tugas sementara Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, terkait penyakit kanker yang diderita menteri kesehatan.

"Jadi memang tidak ada rencana (menunjuk-red) pejabat sementara untuk menjalankan tugas beliau," kata Julian ketika ditemui di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa, setelah mendampingi Presiden Yudhoyono dalam kunjungan kerja ke Sumatera Utara.

Julian menegaskan, presiden masih memercayakan tugas menteri kesehatan kepada Endang Rahayu.

Menurut Julian, presiden memberikan dukungan dan berharap Endang bisa segera sembuh, sehingga dapat menjalankan tugas seperti sebelumnya.

"Sampai saat ini dilaporkan bahwa keadaan Ibu Endang belum sampai keadaan dimana kondisi kesehatan beliau mengganggu tugas-tugas beliau sebagai menteri kesehatan," katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menegaskan, penyakit yang dideritanya tidak akan mengganggu aktivitasnya sebagai seorang menteri.

"Saya tetap berobat ke rumah sakit, sekarang masih terus dalam pengobatan tapi ini tidak mengganggu aktivitas," kata Menkes beberapa waktu lalu.

Menkes juga menyatakan tidak ada kelonggaran yang diberikan dalam menjalankan tugas kementerian meskipun ia menderita kanker yang menyerang paru-parunya itu.

Awal terdeteksi penyakit itu adalah sewaktu Menkes menjalani "check-up" (pemeriksaan) kesehatan rutin pada bulan Oktober 2010.

"Tanggal 22 Oktober diperiksa masih sehat tapi ada dokter yang melihat hasil rontgen saya dan jadi khawatir jadi minta pemeriksaan lebih lanjut," paparnya.

Dari pemeriksaan lebih lanjut itulah ditemukan adanya kanker di tubuh Menkes.

Setelah menerima berita tersebut, Menkes mengaku telah melaporkan kondisinya ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menerima dukungan untuk berobat.

Saat ini, Menkes mengupayakan pengobatan di RSPAD, RS Gading Pluit dan rumah sakit di luar negeri.(*)
(T.F008/Z002/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Pos Krakatau Sulit Pantau Wujud Krakatau

Posted: 18 Jan 2011 06:52 AM PST

Cinangka, Serang (ANTARA News) - Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda tidak terlihat dari Pos Pemantau di Desa Pasauran, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, karena tertutup dan terhalang oleh kabut tebal.

"Kami kesulitan melakukan pemantauan Gunung Anak Krakatau dari pos pemantau di Cinangka," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK), Anton S Pambudi, Selasa.

Pihaknya mengaku sampai saat ini benar-benar mengalami kesulitan untuk melakukan pemantauan aktivitas kegempaan Anak Krakatau.

"Aktivitas kegempaaan GAK sudah lama tidak terpantau, hampir satu bulan ini. Biasanya kami melihat wujud dan arah asap GAK yang keluar," katanya.

Namun demikian, Pusat Vulkanalogi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan GAK pada status `waspada` atau level II.

"Kami masih memberikan rekomendasi warga atau siapapun untuk tidak mendekati lokasi kegempaan sampai radius dua kilometer," katanya.

Sementara itu sejumlah warga yang tinggal didaerah pesisir Pantai Anyer dan Cinangka mengaku masih merasakan getaran dan dentuman yang bersumber dari GAK.

"Hampir setiap malam dentuman dan getarannya saya rasakan," kata Erna salah seorang warga Cikoneng, Anyer.

Bahkan katanya, suara dentuman akan teras dan terdengar di malam hari.

"Kalau siang hari, mungkin suara dentuman dan getaran yang dikeluarkan dari GAK bercampur dengan aktivitas dan bisingnya kendaraan dan mayarakat," ujarnya.

Hal senada dikatakan warga Desa Bandulu, Anyer, Surati. Dia mengatakan bahwa bukan hanya getaran dan dentuman, namun dia kadang juga melihat pijaran api ke udara.

"Rumah saya dekat bibir Pantai di Bandulu, jadi kalau malam, sesekali melihat ada pijaran api ke atas," katanya.(*)
(U.KR-MSR/Y006/R009)

Full Feed Generated by GetFullRSS.com, sponsored by USA Best Price.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan