Sabtu, 13 Julai 2013

KOMPAS.com - Nasional

KOMPAS.com - Nasional


Presiden Keluarkan Tujuh Instruksi Terkait LP Tanjung Gusta

Posted: 13 Jul 2013 06:48 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan setidaknya tujuh instruksi dalam menangani dampak pasca-kerusuhan Lembaga Pemasyarakatn (LP) Tanjung Gusta Medan. Instruksi itu diambil dalam rapat terbatas beserta para menteri, di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (13/7/2013).

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Djoko Suyanto mengatakan instruksi pertama adalah merelokasi para napi ke LP  yang lain tidak harus di Medan, bisa juga ke tempat lain.

Kedua, Presiden juga menginstruksikan untuk segera merehab fasilitas lapas, perkantoran dan infrastrukturnya. Selanjutnya, dalam perbaikan fasilitas lapas, diinstruksikan kepada Kapolri untuk menambah tenaga pengamanan di LP.

"Ketiga, terus mengejar sisa napi buron oleh polisi," kata Djoko. Pada insiden kerusuhan Kamis (11/7/2013) lalu, sebanyak 212 orang narapidana melarikan diri. Hingga Sabtu, sebanyak 94 orang narapidana berhasil tertangkap kembali, sementara 118 orang lainnya masih buron.

Djoko menuturkan instruksi Presiden yang keempat yakni meminta Kapolri membentuk tim investigasi guna menelusui penyebab kerusuhan. "Apa memang murni ketidakpuasan para napi atas air listrik, atau ada unsur yang lain," ucap Djoko.

Kelima, Djoko menjelaskan Menteri Hukum dan HAM telah memerintahkan seluruh lapas untuk meingkatkan kewaspadaan, terkait infrastruktur dan kebutuhan dasar naparapidana.

Selanjutnya, instruksi keenam yakni terkait dengan PP 99 tahun 2012 yang mengatur tentang pembatasan remisi bagi narapidana korupsi, narkoba, dan terorisme.

"Nanti akan membuat aturan pelaksanaan yang jelas, karena belum cukup jelas. PP ini tidak berlaku secara retroaktif, jadi berlaku sejak tanggal ditetapkannya PP tersebut. PP ini tidak dihapuskan, hanya disempurnakan petunjuk pelaksanaannya," ucap Djoko.

Instruksi Presiden yang terakhir yakni terkait anggaran penambahan kapasitas Lapas. Djoko mengaku hingga saat ini sudah terpakai anggaran Rp 1 triliun untuk penambahan kapasitas LP. Presiden menginstruksikan untuk menambah anggaran untuk membangun atau memperluas lapas yang ada.

Seperti diketahui, ratusan orang narapidana dan tahanan melarikan diri dari Lapas Tanjung Gusta, Kamis (11/7/2013). Peristiwa ini bermula saat pasokan listrik dan air ke lapas itu terhenti. Setelah itu, para napi pun melakuan provokasi hingga timbul kerusuhan di dalam lapas yang akhirnya berujung pembakaran di beberapa titik lapas.

Saat situasi kacau inilah, ratusan warga binaan itu menggunakan kesempatan kabur dengan sebelumnya menyandera 15 petugas lapas. Sebanyak lima orang tewas dalam insiden ini. Kerusuhan juga akhirnya menyebabkan kerusakan parah pada bangunan Lapas.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Insiden LP Tanjung Gusta Jadikan Indonesia \"Mendunia\"

Posted: 13 Jul 2013 05:34 AM PDT


JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai media internasional ikut menyoroti insiden kekacauan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan.

Sebagaimana yang dimuat oleh harian New York Times, koran tersebut dengan panjang lebar mengulas insiden tersebut. Pada edisi cetak yang terbit hari ini, Sabtu (13/7/2013) di halaman A8, koran ini menuliskan kerusuhan yang dipicu matinya aliran listrik dan air itu mengganggu kekhusyukan umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

New York Times juga mengutip penilaian pengamat, bahwa penyebab lain yang lebih mendasar adalah buruknya pengelolaan lembaga pemasyarakatan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Sementara itu, BBC juga ikut menyorot kasus ini, dan bahkan meng-up date berita berdasarkan perkembangan yang terjadi di lapangan. Kali ini, BBC mengutip juru bicara Polda Sumatra Utara, Heru Prakoso, yang mengatakan bahwa para penghuni LP menjadi marah karena listrik dan air tidak tersedia.

CNN juga tak mau ketinggalan untuk meliput peristiwa Tanjung Gusta. Dalam beritanya, stasiun televisi ini menyatakan bahwa Tanjung Gusta mencerminkan kondisi umum penjara di Indonesia yang kelebihan kapasitas.

DI sisi lain, CNN justru memuji Pemerintah Indonesia lantaran berhasil memenjarakan banyak narapidana terorisme. Salah satunya adalah dipenjarakan di LP Tanjung Gusta Medan.

CNN menyatakan, "Sejak terjadinya peristiwa bom bali pada 2002, Pemerintah Indonesia telah menangkap dan memenjarakan ratusan teroris. Salah satu jaringan teroris yang berhasil dilemahkan adalah Jemaah Islamiyah."

Dari Indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tampak gusar atas terjadinya kasus tersebut. Dia menyayangkan tidak adanya pernyataan resmi dari instansi terkait atas kasus yang terjadi.

Hingga saat ini, sebanyak 118 orang narapidana dari LP Tanjung Gusta, yang kabur belum tertangkap kembali. Empat orang di antaranya adalah narapidana kasus terorisme.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Djoko Suyanto menjelaskan Lapas Tanjung Gusta dihuni 2.599 narapidana padahal kapasitas lapas itu hanya 1.054 narapidana. Dari sebanyak itu, narapidana yang melarikan diri mencapai 212 orang.

"Tertangkap kembali ada 94 orang narapidana, dan 118 orang dalam pengejaran. Di antara yang lari lima orang napi teroris tertangkap dan empat orang masih dalam pengejaran," ucap Djoko dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (13/7/2013).

Djoko menjelaskan penyebab kerusuhan yang terjadi di Lapas Tanjung Gusta pada Kamis (11/7/2013) lalu adalah mati listrik yang berdampak pada macetnya pasokan air bersih mulai dari pagi hingga sore hari.

Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Tiada ulasan:

Catat Ulasan