Selasa, 19 Mac 2013

Sindikasi welcomepage.okezone.com

Sindikasi welcomepage.okezone.com


Pasal Santet untuk Pengalihan Isu Hambalang?

Posted: 19 Mar 2013 01:08 AM PDT

SURABAYA- Dinilai tidak masuk akal dalam logika hukum, Pasal Santet yang merupakan penjabaran dari Pasal 162 KUHP terancam batal. Jika dipaksakan untuk menjadi sebuah undang-undang, maka beberapa pihak dipastikan akan melakukan uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ini aneh juga, kenapa wacana itu digilirkan sehingga ada anggapan lebih pada persoalan pengalihan isu-isu besar seperti kasus korupsi. Saya akan mempelopori untuk melakukan uji materi jika pasal tersebut disahkan," kata Pakar Hukum Pidana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, I Wayan Titib Sulaksana, kepada Okezone, Selasa (19/3/2013).

Seharusnya DPR yang membuat undang-undang tidak serta merta menggulirkan pasal tentang santet. Artinya, dalam KUHP masih memerlukuan sejumlah penyempurnaan.

Contonya, persoalan waktu dalam proses penyelidikkan, penyidikkan,   pemberkasan, pra-penuntutan dan lain-lain. Proses tersebut juga tidak mencantumkan waktu.

"Kita tidak pernah tahu kapan selesainya penyidikkan hingga ke pra-penuntutan. Seharusnya, itu yang dibicarakan, bukan lantas menggulirkan pasal santet," ujarnya.

Pasal ini menjadi kontra produktif, karena tidak menyelesaikan masalah yang ada. "Okelah kita memang percaya adanya santet, teluh, namun ketika diatur secara hukum maka akan memicu persoalan karena membutuhkan legalitas. Ini persoalan hukum dan hukum tidak beradasarkan fitnah," tambahnya.

Wayan menandaskan, munculnya pasal santet ini lebih pada pengalihan isu besar, seperti Hambalang, agar publik lupa. Pasal ini, lanjutnya, rentan dimainkan hanya untuk kepentingan.

"Memang pembuktian secara materiil sangat sulit. Sangat kontarproduktif, tidak bermanfaat. Jika disahkan maka kami siap uji materi di MK," tandasnya. 

Berita Selengkapnya Klik di Sini

Bikin Keripik Kentang Renyah Berbumbu, Yuk!

Posted: 19 Mar 2013 01:06 AM PDT

Adhia Azkapradhani - Okezone
Selasa, 19 Maret 2013 15:06 wib

TEKSTUR renyah dan warna kecoklatan yang pas menjadi ciri kesempurnaan keripik kentang. Ditambah, pemilihan bumbu variatif agar Anda tidak bosan. Yuk, bikin sendiri.
 
Berikut dasar-dasar di balik pembuatan keripik kentang rumahan yang sempurna layaknya keripik kentang siap santap, seperti diulas Thedailymeal:



Buatlah irisan yang tipis
Bagian terpenting dari keripik kentang, yang membuatnya populer sejak 1853 hingga sekarang, adalah irisan tipis dan tekturnya renyah. Untuk mendapatkan keripik kentang renyah, iris kentang dengan ketebalan 1/8 inci. Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan parutan keripik. Jika tidak ada, mulailah mengasah kemampuan mengiris Anda menggunakan pisau biasa.
 
Rendam kentang
Kandungan gula tinggi pada kentang menjadi alasan bahan makanan ini menjadi musuh bagi pelaku diet. Cara terbaik untuk menyingkirkan sisa kandungan gula pada kentang atau membersihkan patinya adalah dengan merendamnya di air dingin. Proses perendaman dengan air dingin juga mencegah kentang teroksidasi sehingga warnanya tidak akan berubah kecoklatan. Selama proses ini, Anda bisa mempersiapkan bumbu favorit untuk taburan kentang.
 
Keringkan kentang
Pengalaman paling menyenangkan makan keripik kentang adalah minyak yang lumer di mulut ketika Anda menggigitnya. Untuk mendapatkan sensasi tersebut, yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan kandungan air dalam kentang. Sebelum kentang digoreng, pastikan kandungan airnya berkurang atau kentang menjadi kering. Caranya, letakkan kentang yang telah diiris di atas selembar kertas handuk dan gulung sambil ditekan untuk menyerap kelebihan air.



Goreng secara bertahap
Masukkan kentang yang telah diiris ke dalam minyak panas dengan suhu 95 derajat Celsius, perlahan naikkan panas minyak menjadi 175 derajat Celsius. Ketika kentang digoreng pada suhu rendah, air akan keluar sehingga minyak akan masuk ke lapisan kentang.



Tiriskan kelebihan minyak
Sedikit kandungan minyak pada kentang goreng termasuk bagus. Namun, jika kentang goreng Anda mengandung banyak minyak, maka tiriskan dengan sutil berlubang lalu letakkan di atas wadah yang telah dialasi kertas tisu. Segera bumbui dan aduk hingga bumbu merata.
 
Keripik kentang BBQ

Anda merasa garam tidak cukup? Gunakan rempah-rempah pilihan untuk membumbui keripik kentang. Untuk membuat keripik kentang BBQ, buatlah bumbunya dengan cara mencampur paprika, bawang merah bubuk, gula, mustard, cabai, dan bubuk cabai atau beli yang siap pakai.



Keripik kentang sour cream dan bawang
Bagaimana Anda membuat keripik kentang rasa seperti sour cream dan bawang? Caranya, campurkan buttermilk bubuk dengan keju parmesan, dan beberapa iris bawang segar.
(ftr)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan