Sabtu, 1 Disember 2012

ANTARA - Berita Terkini

ANTARA - Berita Terkini


Gresik-Bawean kembali dilayani Express Bahari

Posted: 01 Dec 2012 06:23 PM PST

Gresik (ANTARA News) - Pelayaran dari Pelabuhan Gresik menuju Pulau Bawean, Jawa Timur, akan kembali dilayani oleh operator kapal cepat Express Bahari mulai hari Senin (3/11).

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim, Minggu, mengatakan, pemkab sempat melarang Express Bahari melayani rute Gresik-Bawean karena ada kerusakan kapal dan izinnya habis, sehingga aktivitas transportasi kedua wilayah terhenti beberapa pekan.

"Dalam pengecekan terakhir yang dilakukan pemkab, kondisi kapal sudah dinyatakan layak layar, dan pemkab akan memberikan izin untuk operasi selama tiga tahun, karena itu kita minta Senin (3/12) sudah melayani penumpang," katanya.

Ia berharap, kembali beroperasinya kapal cepat ini akan menjadikan Pulau Bawean sebagai lokasi tujuan wisata utama di Kabupaten Gresik, dan tidak kembali mengalami kendala.

Selain itu, pemkab juga akan menggunakan jasa operator lain yakni Dharma Lautan Utama (DLU) untuk melayani pelayaran kedua wilayah apabila adanya cuaca buruk di perairan.

(KR-SAS/E011)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Antam ambil alih 7,5 persen saham Newcrest

Posted: 01 Dec 2012 06:08 PM PST

Jakarta (ANTARA News) - PT Antam (Persero) sepakat meningkatkan kemitraan 18 tahun terakhir dengan Newcrest lewat pengambilalihan 7,5 persen saham tambahannya di Tambang Gosowong.

"Semenjak Antam berdiri, perusahaan telah mengembangkan portofolio aset yang kuat termasuk tambang emas, perak, nikel, bauksit dan batubara dan fasilitas pemurnian," kata Alwinsyah Lubis, Direktur Utama Antam, dalam pernyataannya akhir pekan ini di Jakarta.

Tambang Gosowong, kata Alwinsyah Lubis, adalah tambang yang sangat bagus dan pihaknya melihat bahwa menambah kepemilikan yang lebih besar pada tambang tersebut akan lebih meningkatkan portofolio perusahaannya.

Mengenai kemitraan selama ini, Alwinsyah Lubis mengatakan pihaknya memiliki hubungan kerja yang efektif dan telah berlangsung lama dengan Newcrest dan memandang hubungan tersebut akan terus berlanjut di masa yang akan datang.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Antam mengambilalih tambahan 7,5 persen saham dari Newcrest pada PT Nusa Halmahera Minerals (PTNHM), yang memegang Kontrak Karya untuk tambang emas Gosowong.

Newcrest akan menerima pembayaran sebesar 160 juta dolar AS, yang terdiri dari uang tunai sebesar 130 juta dolar AS pada saat penyelesaian dan 30 juta dolar AS lainnya yang bergantung pada tambahan cadangan emas sebesar 1 juta ons yang akan ditentukan pada Desember 2017.

Penyelesaian transaksi tersebut bergantung pada diperolehnya persetujuan dari regulator terkait yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Setelah selesainya penjualan, Newcrest akan menjadi pemegang 75 persen saham PTNHM dan Antam akan memegang 25 persen lainnya.

(E004/R010) 

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaranews.com

Tiada ulasan:

Catat Ulasan