Ahad, 25 November 2012

Sindikasi news.okezone.com

Sindikasi news.okezone.com


Kekerasan Terhadap Wartawan Meningkat Jelang Pemilu 2014

Posted: 25 Nov 2012 12:23 AM PST

JAKARTA - Kasus kekerasan terhadap wartawan diprediksi bakal meningkat jelang Pemilu 2014. Wartawan menjadi salah satu sasaran pelaku tindak kekerasan karena pekerjaan ini kerap masuk dalam pusaran orang-orang yang terlibat dalam persaingan politik.

"Bagaimanapun Pemilu penuh dengan persaingan. Apalagi jelang Pemilu 2014 juga ada Pilkada. Suasana persaingan ini juga ikut melibatkan media," kata Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Eko Maryadi kepada Okezone, Minggu (25/11/2012).

Sialnya, meski hanya sebagai penyampai informasi, mereka yang merasa dirugikan dengan isi pemberitaan akan menyerang wartawan. "Biasanya, massa yang tidak terima akan menyerang wartawan," jelasnya.

Kasus kekerasan terhadap wartawan menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Data yang dihimpun AJI, pada 2009 ada 37 kasus, pada 2010 ada 51 kasus, pada 2011 ada 49 kasus dan pada 2012 hingga Oktober ada 45 kasus.

Motif di balik kekerasan terhadap wartawan, diakuinya, bermacam-macam. Namun, kebanyakan memang berkaitan dengan pekerjaan. Padahal, saat ini Undang-Undang Kamnas belum disahkan.

"Salah satu upaya kita adalah terus mengawal penuntasan kasus ini. Seperti kasus pemukulan terhadap wartawan di Riau, kita ingin memastikan apakah pelakunya diperiksa di Mahkamah Militer," pungkasnya.
(trk)

Ryono, Salah Satu Wartawan Terbaik Harian Metro Manado

Posted: 25 Nov 2012 12:01 AM PST

JAKARTA - Aksi kekerasan terhadap wartawan berujung maut kembali terjadi. Kali ini korban Aryono Linggotu (26), seorang jurnalis Koran Harian Metro tewas setelah dibunuh orang tak dikenal pada Minggu (25/11/2012) pagi tadi.

Berdasarkan hasil autopsi, korban tewas dengan 14 luka tusuk di sekujur tubuhnya. Reinal, salah seorang redaktur Koran Harian Metro, tempat Aryono bekerja, mengatakan, almarhum dikenal sebagai sosok yang periang dan ramah.

"Dia itu wartawan kita yang paling baik, ramah, dan sopan," kenang Reinal saat berbincang dengan Okezone, Minggu (25/11/2012).

Reinal menuturkan, sosok almarhum dikenal sebagai pribadi yang sangat menyenangkan. Bahkan, acapkali dirinya menjadi bahan candaan rekan-rekannya, Aryono tidak mudah tersinggung. Dia juga dikenal cepat beradaptasi dengan lingkungan pekerjaannya.

"Almarhum itu baik sekali orangnya, tidak mudah tersinggung. Dia orang yang menyenangkan," tutur pria yang akrab disapa Enal ini.

Dari segi penulisan berita, lanjut Enal, almarhum juga dikenal memiliki tulisan yang rapi. Berita-berita yang ditulisnya kata Enal cukup rapi dan simple. "Redaktur juga tidak banyak mengedit, sederhana tapi jelas dan rapi tulisannya. Redaktur tidak kerja keras mengedit berita dia," ulasnya.
(put)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan