Ahad, 25 November 2012

Republika Online

Republika Online


Jokowi Bangun Busway Layang Tahun Depan

Posted: 25 Nov 2012 11:23 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo terus mencari cara untuk mengatasi kemacetan di ibukota. Salah satunya, Jokowi akan membangun busway layang (elevated busway) mulai pada 2013 mendatang. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono mengatakan, busway layang tersebut direncanakan akan dibangun dari Ciledug hingga Blok M. Pembangunannya akan diselesaikan bertahap secara multiyears. 

"Jadi 2013 sudah kita rencanakan dari Ciledug-Blok M. Nanti kalau disetujui akan dibangun dalam tiga tahap secara multiyears," kata Udar usai mengikuti rapat bersama Jokowi di Balai Kota, Senin (26/11).

Ia menambahkan, tahapan pembangunan tersebut yang pertama adalah proses DED (Detail Engineering Design) selama enam bulan. DED kemudian dilanjutkan proses lelang sekitar dua bulan. 

"Nah baru tahap ketiga pembangunan fisik bisa dimulai di tahun 2013 dan dilanjutkan tahun 2014 full selama satu tahun dan tahun 2015 dalam dua triwulan," imbuhnya.

Soal anggaran, Pristono mengungkapkan pembangunan busway layang ini akan menghabiskan total Rp 1,4 triliun. "2013 sebesar Rp 300 miliar, 2014 Rp 800 miliar, dan 2015 Rp 300 miliar. Jadi totalnya Rp 1,4 triliun," pungkasnya. 

Jenazah Sihanouk akan Dikremasi 4 Februari 2013

Posted: 25 Nov 2012 11:22 PM PST

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Jenazah mantan Raja Norodom Sihanouk akan dikremasi pada 4 Februari 2013 mendatang setelah disemayamkan secara kenegaraan selama lebih dari tiba bulan di Royal Palace, Kamboja.

Hal itu dikemukakan Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, Senin.

Jenazah raja akan dipindahkan dari Istana Kerajaan ke satu krematorium, yang dibangun di lapangan Meru sebelah Royal Palace, pada 1 Februari. Jenazah akan disemayamkan lebih dulu disana selama tiga hari.

Dalam kesempatan itu perdana menteri juga mengatakan pembatalan Festival Air tahunan, yang direncanakan akan dirayakan pada 27-29 November di Sungai Tonle Sap di depan Royal Palace.

Festival Air adalah festival tahunan terbesar di Kamboja. Sekitar tiga juta orang Kamboja, terutama yang berasal dari daerah pedesaan, berduyun-duyun ke Phnom Penh untuk menikmati lomba layar.

"Ini tidak sopan bahwa jenazah Bapa Raja disemayamkan di bagian di Royal Palace, dan jutaan orang datang untuk menikmati Festival Air," katanya.

Sihanouk meninggal karena sakit pada usia 90 tahun di Beijing pada 15 Oktober dan jenazahnya dipulangkan ke Phnom Penh dengan pesawat jet jumbo China Air pada 17 Oktober.

Setelah sepekan berkabung, jenazahnya telah dipamerkan selama lebih dari tiga bulan di Royal Palace untuk masyarakat guna melihat dan menghormatinya sebelum dikremasi.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan